Asah otak di aplikasi ZenCore sangat menyenangkan, bisa menjadi hiburan atau refreshing sekaligus menambah pengetahuan melalui pertanyaan-pertanyaan yang disajikan oleh aplikasi ZenCore. Kita bisa jagoan adu otak dengan ZenCore di pekan olahraga otak. Saya mengetahui aplikasi ZenCore dari seorang teman yang telah ganti cara belajar anaknya dengan menggunakan platform ini untuk melatih pelajaran sekolah. Ada 3 bidang keterampilan fundamental yang dapat dipelajari di sini, yaitu Matematika, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. Dengan ganti cara belajar lewat ZenCore, anak tersebut prestasinya menjadi lebih baik, terutama pada ketiga mata pelajaran matematika, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Ketiga mata pelajaran ini memang gampang-gampang susah, alias kalau tidak dilatih akan lupa. Dapat dikatakan, aplikasi ZenCore menjadi tempat pemanasan otak.

Pemanasan otak dengan aplikasi ZenCore turut membantu dalam menambah keterampilan matematika, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Apalagi aplikasi ZenCore sendiri dirancang dengan pendekatan adaptive learning, yaitu proses belajar mengajar yang dirancang dan diterapkan sesuai dengan kebutuhan siswa, dengan menyediakan sumber pelajaran yang tepat, sehingga mengedepankan efektivitas dan efisien. Oleh karena itu, pengguna bisa belajar menggunakan ZenCore sesuai dengan level pemahaman dan pengetahuannya.

Setelah mendapat penjelasan mengenai ZenCore, saya pun tertarik sebagai seorang pengajar ingin mengetahui aplikasi tersebut. Meski selama ini materi yang diajarkan bukan tiga pelajar tersebut, tetapi berkaitan dengan tiga mata pelajaran tersebut. Maka, saya pun mengunduh aplikasi ZenCore, dan mendaftar pada aplikasi tersebut untuk turut serta asah otak dengan ZenCore. 

Memasuki bulan Ramadhan, aktivitas di rumah tidak lagi monoton, tetapi sekarang ini selama Bulan Ramadhan, aktivitas lebih banyak tadarus dan merapikan rumah sebagai persiapan untuk lebaran. Saya sudah beberapa hari ini mengunduh dan menggunakan ZenCore baik untuk mengasah otak atau untuk seru-seruan sebagai hiburan.

Ketika membuka aplikasi, ZenCore yang bertagline Bikin Cerdas Beneran membuat saya makin penasaran. Saya pun membuka fitur satu persatu, yang di antaranya ada Zen UTBK untuk yang akan UTBK dengan bisa memilih menu materi UTBK, ujian mandiri, latihan soal UTBK dan Tryout UTBK. Fitur ini seputar UTBK, atau Ujian Tulis Berbasis Komputer yang bisa menjadi persiapan bagi yang akan ikut ujian perguruan tinggi. Ada juga fitur Live Class UTBK, yang bisa menjadi coach atau konsultasi seputar UTBK. Fitur lainnya ada ZenSparks, Zona Pengguna Baru, Pelajaran Sekolah (dari mulai matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, Biologi dan Sejarah Indonesia), Amunisi Belajar, Live Classes, Soal Terpopuler, Artikel & infografis, ZenXplore dan Zensupport.

Setiap fitur memiliki keunikan dan kemenarikan untuk belajar pelajaran dengan asik dan nyaman. Saya sendiri melakukan pemanasan otak pada fitur Amunisi Belajar bagian ZenCore latihan dasar khusus AKM yang menyajikan tiga mata pelajaran fundamental, yaitu matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

  1. Matematika. Awalnya sih deg-degan bisa nggak mengerjakannya soal matematika, karena sudah lama sekali tidak belajar matematika, ternyata malah langsung bisa menjawab semua. Namun tes berikutnya ada yang gagal, karena saya kurang fokus. Hal tersebut justru membuat sama semakin penasaran untuk terus mengasah otak matematika saya.
  2. Verbal Logic. Ini berkaitan dengan soal-soal Bahasa Indonesia. Kita benar-benar bisa mengasah otak banget dalam hal penalaran dan logika. Pada soal Bahasa Indonesia, banyak yang salah, karena memang harus mencerna kalimat per kalimat. Secara keseluruhan bikin seru dan menarik jiwa nalar saya untuk mengasah otak Bahasa Indonesia.
  3. Bahasa Inggris. Begitu pula dengan Bahasa Inggris, berasa diajak menjawab soal grammer toefl. Saya yang memang ingin belajar kembali Bahasa Inggris, merasa tertantang dan penasaran untuk menggunakan aplikasi ini untuk belajar Bahasa Inggris. Diharapkan juga ada listening dan speakingnya.

Ketiga pelajaran tersebut membuat kita jadi jagoan adu otak, karena mengasah otak untuk mengingat, mencerna, menalar pelajaran tersebut, yaitu:

  1. Soal matematika yang diberikan juga sangat menarik dan berhubungan dengan aktivitas hitungan sehari-hari.
  2. Verbal logic dengan Bahasa Indonesia yang seru karena mengajak untuk bernalar dan memahami kalimat secara logika.
  3. Bahasa Inggris yang berasa sedang menjawab pertanyaan toefl.

Menu ZenCore pada latihan dasar khusus AKM ini ternyata sebagai first experience atau pengalaman pertama untuk para pengguna yang belum pernah mencoba ZenCore seperti saya. Bukan hanya itu, memberikan more experience atau pengalaman lebih lanjut bagi para pengguna yang sudah pernah atau bahkan rutin menggunakan ZenCore sebagai Pemanasan Otak. Pada menu ini juga menjadi bagian dalam Pekan Olahraga Otak X Fiesta Primagama, yaitu salah satu event Zenius dalam rangka merayakan ulang tahun Primagama yang ke-40 tahun.

Pekan Olahraga Otak diadakan sebagai bagian dalam rangkaian Fiesta Primagama, yaitu perayaan 40 tahun bimbel offline Primagama yang telah resmi bergabung dengan Zenius sejak Maret lalu. Zenius akan mengadakan lomba berhadiah, yaitu Lomba Pekan Olahraga Otak, yang dimulai pada tanggal 28 Maret hingga 24 April 2022. Nah, bagi yang ingin memenangkan hadiah Ipad 9, Samsung Smart Watch 4, Xiaomi Haylou Solar LS05, atau JBL T450 maka harus rajin praktik dan latihan sebanyak mungkin selama periode lomba . Ada hadiah hiburan untuk 5 orang yang beruntung lho…. Pemenang akan diumumkan melalui instagram @zeniuseducation dan @primagama_id.

Saya pun semakin semangat untuk jagoan adu otak dengan ZenCore di Pekan Olahraga Otak, sehingga mengasah otak untuk menjadi pemenang lomba. Bagi teman-teman, yuk mencoba aplikasi ZenCore dengan mengunduh Aplikasi ZenCore untuk iOS atau Aplikasi ZenCore untuk Android. Jangan lupa untuk ikut berpartisipasi lomba Pekan Olahraga Otak.