Mengembangkan Karir dengan Teknologi

Tidak mudah mengenal teknologi bagi generasi yang sudah terbiasa melakukan kegiatan secara manual. Dibutuhkan ketekunan dan tekad kuat untuk memahami teknologi. Masa pandemik yang panjang ibarat merangkak dalam mengenal atau memahami dunia teknologi terutama bagi generasi baby boomers yang lahir antara tahun 1944 sampai 1964, generasi masa perjuangan yang berada pada nenek atau kakek, bisa juga eyang kakung yang memang tak jarang masih hidup sampai sekarang. Akan sangat berbeda dengan para generasi X, yang lebih mengenal dan dapat menggunakan teknologi, dikategorikan pada usia yang lahir antara tahun 1965 sampai 1979. Untuk pemahaman dan pengembangan teknologi sekarang mungkin saja lahir dari generasi Y, yaitu generasi yang lahir antara tahun 1980 sampai tahun 1995. Generasi Y juga sering disebut dengan generasi millenial, penyebutan tersebut muncul oleh sejarawan Neil Howe dan William Strauss pada buku mereka yang berjudul Generations. Adapun generasi yang lahir pada tahun 1995 sampai 2019 disebut dengan generasi Z. Adapun generasi yang lahir setelah Generasi Z, atau lahir dari tahun 2005, Mark McCrindle menyebutnya dengan generasi Alpha, yang mana generasi Alpha ini lahir dari generasi Y. Berada di generasi manakah Anda sekarang?

Teknologi menjadi bagian penting kehidupan sebagai alat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Diakui ataupun tidak, memang saat ini kegiatan kita tidak lepas dari teknologi. Perjalanan karir seseorang, saat ini dilihat dari adaptasinya orang tersebut dengan teknologi, termasuk pengajar atau pendidik. Di masa pandemik, seorang pendidik harus dapat beradaptasi dan menggunakan teknologi dalam memberi pengajaran kepada anak didiknya. Tentunya bagi pengajar generasi Y dan Z, mengajar dengan teknologi bukanlah hal yang memberatkan, akan tetapi akan sangat terasa bagi generasi X, bahkan babby boomers.

Setiap generasi bisa saja akan memandang berbeda pada teknologi. Kemudahan pada suatu alat akan berbeda dengan kemudahan pada generasi lainnya. Maka, dalam pengembang teknologi ini adaptasi setiap pendidik terhadap teknologi sangatlah penting, setidaknya memahami dan menikmati hasil dari teknologi tersebut. Di masa pandemik yang mengembangkan pengajaran dengan teknologi, maka sangat penting memiliki teknologi, di antaranya laptop, scanner dan handphone. Ketiga hal tersebut sangat menunjang karir, termasuk karir pendidik.

Saya sendiri sudah dua tahun beraktivitas di dunia pendidikan, maka ketiga peralatan tersebut sangat penting dimiliki oleh pengajar. Ketika mengajar, tentu sangat dibutuhkan laptop mobile workstation. Memiliki laptop mobile workstation ini sangat menunjang karir pengajar, karena mobile workstation ini memiliki GPU (grafis), memori dan stroge yang mumpuni. Biasanya memiliki resolusi tinggi, disertai dengan software yang keren. Bagi pengajar tentu cocok, karena sekarang ini mengajar bukan hanya sekedar ceramah, tetapi harus dilengkapi dengan multimedia. Pengembangan diri dengan memiliki kemampuan multimedia, tentunya bila hasil multimedia menarik, maka akan disukai para siswa. Nah, bagi yang pengajarannya sering menggunakan multimedia, pasti cocok dengan laptop mobile workstation sebagai laptop desain terbaik dalam pengajaran.

Tidak jarang bagi generasi babby boomers bahwa keluar dari kebiasaan dan beradaptasi dengan teknologi terasa berat. Ada banyak tools akan membawa tersesat di jalan. Hal yang termudah adalah langsung dapat menggunakannya sesuai dengan tugas yang dibebankan. Penggunaan PC workstation HP menjadi lebih tepat bagi mereka, karena luasnya layar akan membantu penglihatan mereka dalam melihat tugas. PC workstation ini juga akan membantu pekerjaan multimedia, seperti mengumpulkan tugas video siswa, kemudian membuat laporan hasil kerja siswa, maka dari itu, kebutuhan PC workstation sangat penting dalam pekerjaan dan menunjang karir di dunia pendidikan.

Sebetulnya, bagi seorang pengajar, sekarang ini harus disertai dengan ketelatenan dalam administrasi. Hal yang saya rasakan sangat penting dalam menunjang karir di dunia pendidikan adalah memiliki scanner kelas enterprise. Memiliki alat ini sangat penting, karena di masa pandemik sekarang ini, jasa fotokopian yang bisa ngeprint, scan dan fotokopi, waktu bukanya terbatas. Ini saya alami sendiri ketika harus print dan scan dokumen, dan harus upload, pernah kelililing-keliling mencari jasa tersebut, dan semua sudah tutup. Dalam lelah setelah keliling mencari jasa scan, saya pun memutuskan membeli scanner HP enterprise dengan pertimbangan dapat mendukung dalam meningkatkan karir.

Ketiga alat tersebut sangat membantu dalam meningkatkan karir dan memberi pengajaran kepada siswa. Pemnafaatan teknologi dalam dunia pendidikan sangat signifikan, meski untuk tingkat nasional masih membutuh infrastruktur dan kecepatan koneksi yang kuat di semua wilayah Indonesia. Penggunaan teknologi saat mengajar sangat dirasakan selama dua tahun ini, yang tentu saja ada berbagai kelebihan dan kelemahannya dalam pemnafaatan teknologi dalam dunia pendidikan. Namun, masih dibutuhkan kemampuan atau keahlian dari pengajar dalam mengembangkan karirnya di dunia pendidikan.

Dalam mengembangkan karir dengan teknologi di dunia pendidikan, bisa dimulai dengan kemampuan diri dalam mengembangkan keahlian untuk mengajar dan pengangkatan sebagai karir pendidikan. Dalam hal ini, kita bisa memulai dengan:

  1. Membuat rencana pengajaran. Dimulai dari melihat dan mengembangkan kurikulum, membuat bahan ajar dan metode pengajarannya.
  2. Menyiapkan alat bantu pengajaran, seperti laptop, PC, scanner, atau handphone.
  3. Membuat evaluasi dari hasil pengajaran yang sudah dilakukan.
  4. Membuat arsip semua aktivitas pengajaran, dari mulai kehadiran, nilai dan berita acara pengajaran sehingga dapat membantu dalam peningkatan karir pendidikan.

Dengan demikian, dalam menjalankan kehidupan ini kita mesti mampu beradaptasi, termasuk dengan teknologi. Kalau dalam peribahasa Sunda disebutkan, “jelema mah kudu bisa ngigelan zaman“, ini menunjukan bahwa kita harus bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan bisa menggunakan serta memanfaatkannya untuk kebaikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: