Catatan yang Hilang

Sudah sewindu Betari Kresna menunggu, tetapi tak ada batas di antara waktu dan aku, sehingga dia hanya bisa menunggu tanpa tahu bahwa Sang Waktu sudah menanti di batas waktu.

Rindu. Catatan yang hilang di antara belatara kata yang ditemukan Mawangi pada jeda hidupnya yang kian berada pada dasawarsa kehidupan jingga. Adakalanya Mawangi diam terkungkung pada area yang tak terbatas pada Seda jeda batas cita. Sungguh Kresna dan Mawangi berada dalam satu rupa.

Di antara dentuman waktu, yang membalur menjadi ribuan debu, tak ada satu pun yang memahami arti rindu, seakan itu hanya rasa yang tak bertepi pada setiap sanubari dengan untaian tak berarti. Sungguh, perjamauan itu sudah berlalu, bangkitlah pada setiap Detik waktu seperti yang Sang Waktu tuturkan dalam rangkaian rindu.

Aku berada dalam Gelap, sesungguhnya aku berada di balik cahaya. Seiring segala warna, itu bukan fatamorgana, tetapi cinta dalam kisah-kisah yang tak tertera. Sesungguhnya aku berada pada setiap sanubari yang mendera, dan me rindu dengan berbagai talian dalam frekuensi yang tentu tak berwujud waktu.

Di antara itu semua, Mawangi menjadi satu dengan sagala yang sudah ada dalam Pengantar rindu, dia paham bahwa Sang Waktu adalah teman bagian dari perjalanan menuju hal-hal yang diinginkan dan ditakdirkan. Jejak sang waktu menjadi bagian perjalanan, bahwa itu memang sudah ada dalam jejak para bidara dan bidari menjadi arti pada sajak yang sudah dapat dimengerti.

Aku rindu, tapi itu bukan maksudku. Rencana yang sudah tersusun bukan cerita belaka, tetapi sebuah rekayasa dalam drama yang sudah tertera seperti apa yang dikatakan pujangga. Catatan hilang itu mengenai cinta dan rindu, kesadaran bahwa diri berada pada rangkaian perjalanan sang waktu, jangan sampai katidersa dengan waktu tanpa tahu Mawangi dan Kresna dalam rupamu. Rindu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: