Tidak mudah menghadapi pandemik yang sudah hampir satu tahun berlangsung, dibutuhkan ketahanan hidup baik secara fisik maupun psikis. Untuk menjaga ketahanan fisik, maka kita harus menjaga tubuh agar tetap sehat dan stamina yang kuat. Saat ini, extra protection kesehatan dengan menjadi salah satu upaya untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti sebelum memakai masker, terlebih dahulu menggunakan QUIXX Nasal Protection.

QUIXX

Ketika diumumkan pandemik, saya sendiri tidak berani keluar, mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak mengunjungi keluarga, saudara, ataupun teman. Bahkan, saat lebaran tinggal bersama keluarga ibu kos untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Tidak terasa Ramadhan sudah sebentar lagi, aktivitas keluar rumah pun mulai perlahan dijalankan untuk keperluan mendesak. 

Setelah satu tahun, saya pun berkesempatan mengunjungi keluarga di kampung dan tinggal lama di kampung karena kebetulan sedang libur kerja dan bisa WFH tentunya dalam perjalanan dengan menggunakan protokoler kesehatan. Aktivitas pekerjaan pun bisa dikerjakan dari rumah orangtua di kampung. Namun demikian, memasuki masa kerja, meski WFH, terkadang masih dibutuhkan ke tempat kerja sesekali, maka saya pun kembali ke kota untuk bekerja walau masih WFH.

Sejak awal diumumkan pandemik, saya selalu menggunakan masker bila keluar rumah, malah kadang memakai sarung tangan plastik. Aktivitas kerja memang di rumah, tetapi kadang masih membutuhkan dalam seminggu beberapa kali keluar, baik untuk pekerjaan atau hal yang berkaitan dengan urusan pribadi. 

Tidak dapat dipungkiri, keluar rumah memang masih harus dilakukan, terutama untuk pekerjaan. Meski sudah menggunakan masker, siap handspray, dan tisu basah, masih ada kegalauan, apalagi ketika ada teman kerja, saudara, tetangga yang positif Covid-19, maka kegelisahan menghadang. Oleh karena itu, di masa pandemik sekarang ini dibutuhkan kekuatan mental, ketenangan dan sikap optimis dalam menjalankan kehidupan.

Ketika teman mengenalkan QUIXX Nasal Protection, nasal spray pelindung hidung yang mencegah udara kotor, debu, kuman hingga bakteri. Saya melihatnya sebagai sikap optimis dengan berusaha mencegah dan bagian dalam menjalankan protokoler Kesehatan di masa pandemik. Sekarang ini, perlindungan saluran pernapasan sangat penting karena aliran udara yang dapat memengaruhi tubuh, maka saya sangat senang dan melihat sebagai salah satu usaha untuk mencegah terkena pandemik karena berkaitan dengan pernapasan. 

QUIXX Nasal Protection ini berasal dari Inggris yang sudah melewati 35 studi klinis pada lebih 1000 pasien yang telah diterbitkan dalam jurnal-jurnal terkemuka. Bukan hanya itu, QUIXX Nasal Protection juga telah memenangkan penghargaan, diresepkan oleh praktisi kesehatan di seluruh dunia dan secara resmi dalam Pedoman Perawatan Alergi Nasional. 

Bentuknya yang bubuk dapat disemprotkan ke hidung. Bubuk tersebut berubah menjadi lapisan gel mukosa di dalam hidung dan akan menjadi penghalang untuk melindungi dari alergen yang terbawa udara. Pada dasarnya, QUIXX Nasal Protection ini melindungi rongga hidung untuk memblokir histamin/alergen/partikel udara yang kotor agar tidak masuk saluran pernapasan. Menjebak partikulat berbahaya dari polusi (PM10 hingga PM2,5), Alergen (bagi yang alergi rinitis, sinusitis) dan efektif untuk memblokir bakteri dan kuman patogen juga virus umum (seperti influenza) di lini awal. Dengan kata lain, QUIXX berfungsi untuk membuat lapisan gel pelindung di dalam hidung dan sebagai satu-satunya produk semprotan pelindung hidung pertama di Indonesia dalam bentuk powder (bubuk). Dengan merek dagang asli NASALEZE, produk ini dipasarkan secara internasional lebih dari 30 negara di seluruh dunia. 

Saya pun membeli QUIXX Nasal Protection secara online yang ternyata official store-nya sudah ada di marketplace, bisa beli di official store Menarini dan secara offline bisa dibeli di apotik. Dalam satu hari, saya sudah mendapatkan produknya. Kebetulan, tiba-tiba mendapat jadwal meeting offline, saya langsung menggunakannya. Pertama, terlebih dahulu hembuskan napas dari hidung. Kedua, lepaskan tutup dan kocok botol. Ketiga, sebelum disemprotkan ke hidung, terlebih dahulu lakukan uji coba semprotan untuk mengetahui ukuran tekanan yang kita lakukan. Biasanya antara 10 sampai 15 cm dari jarak hidung ketika akan menyemprotkannya. Keempat, masukan ujung botol ke dalam hidung dan semprotkan 1 atau 2 kali pada masing-masing lobang hidung. Tarik napas dengan perlahan sambil sedikit menekan botol, tidak perlu menarik napas dalam-dalam. Kelima, terapkan ulang setiap akan menggunakannya. Jadi, sebelum memakai masker, saya semprotkan ke hidung. Awalnya berasa sedikit kesemutan dan bersin, tapi selanjutnya berasa segar dan melegakan pernapasan. Ketika menggunakan yang kedua kali dan seterusnya sudah berasa nyaman, hidung segar dan napas pun lega. Bisa disemprotkan beberapa kali dengan jeda 6 atau 8 jam.

Demikian extra protection kesehatan dengan QUIXX Nasal Protection, nasal spray yang menjadi bagian dalam menjaga kesehatan dan dapat digunakan sehari-hari sebagai proteksi atau pencegahan dari udara kotor, kuman dan bakteri di masa pandemi. Saat ini, pribahasa lebih baik mencegah daripada mengobati menjadi hal penting dalam menjaga kesehatan.