Tingkatkan Skill Usaha di Kelas ASIK Jogja

Tingkatkan skill usaha di Kelas ASIK Jogja. Beberapa hari lalu saya mengikuti kelas Asik Jogja secara darling. Hadir para narasumber yang praktisi di bidangnya. Di sini saya belajar mengenai packeging dan labelling, cocok banget bagi yang ingin memulai usaha atau meningkatkan usaha.

Peningkatan skill atau kemampuan sangat penting untuk meningkatkan usaha, apalagi di masa pandemi saat ini yang berdaya saing tinggi dan keterbatasan gerak, karena adanya jarak sosial. Namun demikian, untuk dapat meningkatkan usaha bisa dilakukan secara online, tidak menghambat untuk mendapat pengetahuan dan wawasan.

Kelas ASIK Jogja

Rabu, 30 September 2020, kelas asik Yogya dimulai dengan materinya seputar packeging atau kemasan. Kelas ASIK Jogja adalah singkatan dari Kelas Astragraphia untuk industri Kreatif di Yogyakarta, berupa pelatihan daring mengenai teknologi digital printing dan workshop mengenai creative packaging dan labelling.

Pelatihan Kelas ASIK Jogja sebagai salah satu cara dalam membantu meningkatkan wawasan dan kemampuan seputar usaha masyarakat, terutama masyarakat Yogyakarta. Kegiatan kelas ASIK merupakan kontribusi sosial Astragraphia selama masa pandemi. Dan sejak tahun 2000, Astragraphia telah aktif memberikan pelatihan kompetensi kepada siswa kejuruan, mahasiswa ataupun pelaku usaha.

Adanya kelas ASIK Jogja menjadi aksi sosial dalam membantu para UMKM, terutama yang di Yogyakarta dampak dari pandemi. Berdasarkan informasi yang dirilis oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta bulan April 2020 lalu, hampir 90% pelaku UMKM di Yogyakarta terdampak karena geliat pariwisata di Yogyakarta seakan terhenti. Dengan demikian, sebagian besar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Daerah Istimewa Yogyakarta telah merasakan dampak dari pandemi Covid-19.

Kelas ASIK Jogja melibatkan 50 pelaku UMKM lokal Yogyakarta yang bergerak di Industri Kreatif, khususnya yang berada di subsektor fesyen, kuliner, dan kriya dengan omzet 1 juta hingga 25 juta rupiah perbulannya. Astragraphia dan OFiSKITA pun sangat mendukung pertumbuhan industri kreatif lokal, maka kelas ASIK Jogja sebagai edukasinya.

King Iriawan Sutanto selaku Direktur PT Astra Graphia Tbk, dalam sambutannya menyebutkan, bahwa Astragraphia dengan fokus usaha di bidang printing and digital services, turut mendukung penuh bangkitnya industri kreatif selama masa pandemi dengan program pelatihan terkait teknologi pencetakan dan pembuatan kemasan/ label yang kreatif dan penyediaan fasilitas pemasaran produk UMKM.

Dukungan tersebut diwujudkan melalui Kelas ASIK Jogja kepada para pelaku industri kreatif di Yogyakarta. Ketika mengikuti kelas ASIK Jogja, banyak pelajaran yang didapatkan seputar packeging dan labelling.

Yohanes Puguh selaku Branch Representative / trainer memaparkan seputar Teknologi Digital Printing. Tema yang sangat menarik guna mengetahui pengolahan desain dan cetak kemasan. Hal ini sangat penting untuk mengetahui mesin cetak, dan Astra Group memiliki mesin Astra yang layak menjadi office service pada bisnis UMKM.

Maka Aditomo Priyo Prakoso selaku Business Aplication Designer yang menuturkan tentang creative packaging & labeling sangat berkaitan. Memang tidak mudah untuk mendapatkan model packeging yang sesuai dengan produk dan menarik, apalagi disesuaikan dengan ukuran yang pas pada saat pembuatan bahan packeging.

Di industri kreatif, inovasi dan kreasi menjadi modal usaha. Kelas ASIK Jogja sangat membantu dalam pengenalan kemasan. Kelas ini menjadi bagian CSR Astragraphia dalam bidang pengembangan ekonomi masyarakat dan menunjukan sebagai GCG (Good Corporate Governance).

Secara gamblang, dua pemateri mengupas seputar kemasan, desain serta mencetaknya. Sungguh ilmu yang bermanfaat, bagaimana cara dalam memadupadankan kemasa biar menarik dan elegan. Materi packeging dan labelling sebagai salah satu jawaban kebutuhan para UMKM, sehingga proses hulu ke hilir dalam membantu UMKM memasarkan produknya dapat diwujudkan.

Saya teringat beberapa teman yang berdagang kuliner secara online, namun pengemasannya masih standar. Ketika diberi masukan tentang kemasan, dia sangat antusias tetapi masih kebingungan di model kemasan dan harga cetak. Maka, Astragraphia bisa menjadi mitra bisnis bagi UMKM yang ingin memajukan usahanya.

Oleh karena itu, tingkatkan skill usaha di kelas ASIK Jogja menjadi salah satu cara dalam meningkatkan brand awareness dan omzet penjualan para UMKM. Meskipun dengan webinar, kelas ASIK Jogja dapat dijangkau oleh semua UMKM, terutama UMKM yang ada di Yogyakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: