Ketika Mimpi Buruk

Mimpi buruk merupakan mimpi yang tidak diinginkan, tetapi kadang mimpi buruk datang dan membuat kita gelisah, apalagi bila mimpi buruk tersebut membekas pada ingatan. Ketika mimpi buruk, sebaiknya apa yang kita lakukan?

Bermimpi merupakan sebuah proses berpikir, kelanjutan dari apa yang kita pikirkan seharian saat beraktivitas. Bila dalam keadaan bingung atau sedang ada yang dipikirkan, tidur pun tidak nyaman, gelisah dan berujung mimpi buruk. Apa penyebabnya?

1. Stres

Stres berdampak buruk pada suasana hati, perasaan, stamina, tingkat konsentrasi, selera makan dan pola tidur. Stres juga dapat menghilangkan semangat atau motivasi, merasa sedih dan putus asa.

Saya pernah ketika ada deadline kerjaan yang belum selesai atau mau ujian, pikiran yang gelisah terbawa pada saat tidur, sehingga tidak nyenyak malah mimpi buruk. Stres ini ternyata bisa memicu mimpi buruk.

2. Sleep Apnea

Sleep Apnea ini tidur yang terganggu karena tersumbat sebagian jalur napas dan minimnya kadar oksigen yang mengalir ke otak saat tidur. Saya sendiri pernah tiba-tiba terbangun dari tidur dengan gelisah dan sesak napas. Keadaan tersebut memicu mimpi buruk yang membuat badan tiba-tiba merasa sesak dan gelisah, padahal perasaan tidak ada masalah.

Ini ternyata disebabkan otak menafsirkan minimnya kadar oksigen sebagai ancaman, sehingga jantung berdetak lebih kencang dan napas terengah-engah yang membuat bangun dalam keadaan panik.

Dua hal tersebut yang menjadi gejala dalam pengalaman saya ketika mengalami mimpi buruk dan gangguan ketika tidur. Biasanya saya langsung terbangun, dan bila masih ngantuk mencoba mencari suasana atau posisi tidur yang lebih nyaman.

Sesungguhnya sebagai muslim, kami dianjurkan untuk berdoa dan berdzikir sebelum tidur. Doa sebelum tidur ini sudah diajarkan sejak kecil, yang mana pada doa tersebut mengandung kepasrahan diri, baik hidup maupun mati, atas kehendak Allah SWT.

Bukan hanya berdoa, tetapi berzikir dengan bertasbih, tahmid dan tahlil, mengikuti anjuran Rasul kepada putrinya, Fatimah, dalam menenangkan untuk menjawab masalah dunia. Saat itu, Ali bin Abu Thalib selaku saumi Fatimah, putri Rasulullah mengadukan kesibukan Fatimah sehingga membuat tangannya kapalan dan meminta dibantu dengan adanya yang pembantu. Namun, Rasul menganjurkan untuk membaca zikir di atas sebelum tidur.

Bukan hanya itu, berwudhu ketika hendak tidur menjadi salah satu hal dalam membersihkan jiwa dan raga sebelum tidur. Ritul sebelum tidur ini menjadi kebiasaan bagi muslim, karena kebersihan dan ketenangan sebagai bagian dalam kehidupan.

Akan tetapi, ketika mimpi buruk terjadi terus-terusan, lebih baik konsultasi ke dokter. Karena mimpi buruk terus-terusan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan kejiwaan juga. Untuk mengetahui tentang kesehatan sekaligus konsultasi secara online bisa mencari informasi di aplikasi dan website halodoc.

Ketika mimpi buruk, website atau aplikasi Halodoc yang menyajikan berbagai informasi kesehatan, termasuk kesehatan jiwa dapat membantu kita. Bisa konsultasi dengan para dokter, ada data-data rumah sakit sehingga memudahkan ketika ingin berobat. Ada fitur artikel untuk informasi, ada juga seputar obat dan vitamin. Halodoc menyajikan seputar kesehatan secara online atau digital, sehingga memudahkan kita untuk konsultasi dan berobat. Dengan bertanya pada ahlinya, semoga mendapatkan solusi dan obat yang terbaik.

3 thoughts on “Ketika Mimpi Buruk

Add yours

  1. saya juga pernah beberapa kali mengalami mimpi buruk. dulu. padahal ketika sedang tidak stres, tidak cape, dan tidak menghawatirkan sesuatu. aneh saja. mimpi buruk datang tiba-tiba

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: