Saat ini, kebutuhan berita terkini dan terupdate agar tenang untuk menang sangatlah penting. Membaca berita sudah menjadi keseharian untuk mengikuti perkembangan informasi. Pada dasarnya, setiap orang membutuhkan informasi. Sumber informasi bisa diperoleh melalui media massa, baik dari media cetak, media elektronik maupun media online. Di era digital sekarang ini, dengan mudah kita dapat mengakses dan
memperoleh informasi lewat berita media online. Salah satunya website Kumparan, berita terkini dan terupdate.

Bannaer Marathon Blog Ramadhan

Sudah lama saya mengikuti berita online dari Kumparan, platform media ini diluncurkan pada bulan Januari 2017, kehadirannya menjadi wadah membaca, membuat, dan berbagi beragam berita dan informasi. Dengan mengusung konsep jurnalisme berbasis teknologi, tidak berlebihan bila Kumparan mengedepankan berita terkini dan terupdate.

Oleh karena itu, ketika ingin membaca berita, saya pun membuka Kumparan. Apalagi di saat musim pandemi Covid 19 ini, dibutuhkan berita yang kredibel dan terakurasi. Hal ini sangat penting, karena berita yang kredibel dan informasi yang terakurasi dapat membantu menenangkan dalam menghadapi gejolak dampak pandemi.

Akurasi berita ini sangat berpengaruh pada penilaian kredibilitas media maupun jurnalis yang menulis berita. Bukan hanya akurasi, tetapi objektivitas berita juga sangat penting. McQuail (1994) menyebutkan bahwa berita yang objektif adalah berita yang menyajikan fakta, tidak berpihak dan tidak melibatkan opini dari wartawan.

Sejak awal berita pandemi, saya pun lebih rajin akses berita di Kumparan, karena berkaitan dengan penjagaan dan kewaspadaan diri. Dari berita Kumparan, saya pun mengikuti update perkembangan informasinya dari mulai penyebaran dan kebijakan pemerintah.

Dari berita-berita tersebut, menjadi referensi saya sehingga bisa lebih tenang dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Sesungguhnya sekarang ini ibarat kita sedang perang, perang melawan virus. Maka, dibutuhkan informasi berita terkini dan terupdate agar kita menjadi tenang sehingga menang melawan virus pandemi tersebut.

Bulan Ramadhan tahun ini terasa lebih syahdu dan khusu, karena dengan kebijakan pemerintah untuk jaga jarak sosial, membuat saya banyak introspeksi, merenungi hidup dan memerhatikan diri, sesungguhnya tinggal di rumah saja lebih membawa ketenangan dan lebih banyak melihat hakikat hidup di dunia ini.

Saya berkeyakinan, dengan ketenangan akan memunculkan kemenangan. Karena dengan tenang, ide-ide kreatif bermunculan dan lebih fokus dalam berdoa dan bekerja. Yups, bulan Ramadhan menjadi waktu terpenting untuk berdoa agar pandemi Covid 19 segera pergi dari bumi pertiwi Indonesia dan dunia.

Tenang untuk Menang

Dalam mencapai kemenangan, beberapa hal yang saya lakukan dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya:

  1. Membaca berita terkini dan update Kumparan. Membaca berita tidak pernah ketinggalan, karena bagaimana pun harus tahu perkembangan informasi, karena seringkali terdapat perubahan kebijakan atau peraturan yang sangat berkaitan dengan aktivitas sehari-hari,
  2. Rajin membersihkan diri, rumah dan lingkungan. Kebersihan menjadi modal utama dalam menjaga diri agar selalu bersih dan sehat.
  3. Gaya hidup sehat. Saya mulai mengubah gaya hidup, dari biasanya mengikuti kemalasan bersih-bersih, saya pun mengubah menjadi rajin bersih-bersih ruangan. Begitu pula dengan makanan, yang biasanya makan jajan sembarang, sekarang lebih banyak masak sendiri karena lebih diketahui proses masaknya, bisa bergizi dan sehat, serta lebih teratur dalam pola makan.
  4. Bekerja di rumah. Sebagai pekerja, sejak ditetapkannya peraturan jaga jarak sosial, maka saya memilih di rumah saja, Ternyata, dengan bekerja di rumah, selain lebih produktif, terasa lebih santai. Kalau pegal bisa rebahan dulu istirahat, kalau lapar bisa makan dulu.
  5. Berdoa dan bermunazat. Setiap sesuatu yang terjadi berdasarkan atas kehendak-Nya. Namun kita tetap dianjurkan untuk berusaha dan berdoa, memohon pertolongan dan bantuan kepada Allah Swt. Yups, ikhtiar dan berdoa menjadi jalan kemenangan dalam perang melawan virus.

Kegiatan tersebut menjadi rutinitas sehari-hari #TenanguntukMenang, termasuk #BerkahNulisdiRumah. Kumparan menjadi website dalam memenuhi kebutuhan berita terkini dan terupdate agar tenang untuk menang. Semoga pandemi cepat pergi, dan kita semua dapat beraktivitas lagi serta sehat walafiat. Amin