Tiada seorang pun selaku muslim yang tidak ingin pergi ke Baitullah menjalankan ibadah haji dan umrah. Suatu perjalanan yang pada dasarnya tidak lepas dari keyakinan dan kekuatan niat untuk menjalankan ibadah yang menjadi rukun Islam kelima. Jarak yang jauh antara Indonesia dan Arab Saudi dalam pelaksanaan ibadah haji dan umrah ini membutuhkan kemampuan materi dan fisik. Untuk mewujudkannya, maka bagi yang ingin pergi bersama keluarga dalam menjalankan ibadah haji, maka kita harus pintar memilih tabungan untuk wujudkan impian berhaji bersama keluarga.

Proses haji dan umrah menjadi proses dalam menemukan diri dan keilahian. Maka, tidak heran bila semua muslim berlomba-lomba dalam menjalankan-Nya. Dalam menjalankan ibadah, tentunya tidak ingin berjalan sendirian, bersama keluarga ke Baitullah menjadi wujud impian yang menjadi harapan.

Saya sendiri sudah lama berkeinginan ke Baitullah, apalagi ketika saya bertemu dengan teman sekolah yang tahun kemaren menjalankan ibadah haji Bersama keluarganya, saya pun berkeingan untuk ke sana bersama keluarga tercinta. Berdasarkan pengalaman teman dan hasil pencarian dalam menabung untuk mewujudkan impian ibadah haji bersama keluarga, berikut beberapa tipsnya yang saya tulis sebagai pengingat diri dan sharing untuk dapat bersama-sama mewujudkan mimpi berangkat haji ke Baitullah.

  1. Niat. Niat merupakan hal yang penting dalam mewujudkan impian. Sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dari Umar bin Khathab ra, Rasulullah Saw bersabda, “Innamal amalu binniyat (Sesungguhnya segala perbuatan itu tergantung dari niatnya).”
    Saya sendiri melihat peran niat ini menjadi sentral dalam berbuat, maka yang menggerakkan untuk mewujudkan impian berubadah haji bersama keluarga dengan niat. Niat beribadah haji bersama keluarga karena Allah, “bismillahirrahmanirrahim.”
  2. Bekerja. Suatu impian tidak lepas dari usaha atau bekerja dalam tahapan mewujudkannya. Bekerja ini bisa berbentuk usaha atau dagang, bisa juga kerja, sesuai kemampuan diri dalam bekerja. Sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dari Umar ra, bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Kalau kalian bertawakal kepada Allah dengan sebenar-benar tawakal, maka niscaya Allah akan memberikan kalian rezeki sebagaimana Allah memberi rezeki kepada burung; ia pergi pagi hari dalam keadaan perutnya kosong, lalu pulang pada sore hari dalam keadaan kenyang.”
  3. Menabung. Ketika kita sudah berusaha, maka hasilnya tentu kita akan serahkan kepada Allah Swt. Untuk mewujudkan impian, setelah kebutuhan sehari-hari terpenuhi, maka menabung untuk mewujudkan impian menjadi hal penting sebagai salah satu cara dalam mewujudkannya.

Menabung ini memang menjadi hal yang tidak dapat terelakkan, bahwa untuk mengumpulkan dana demi mewujudkan keinginan. Sebagaimana ketika teman yang berangkat haji dengan tabungan, dia menceritakan pengalamannya bisa berhasil menjalankan ibadah haji bersama keluarga di usia muda, sehingga memotivasi kami untuk segera menabung.

Tabungan iB Pahala dari CIMB Niaga Syariah sebagai salah satu perbankan yang dapat membantu dalam wujudkan impian ke Baitullah. Program Tabungan iB Pahala menawarkan beragam keuntungan dan kemudahan dalam wujudkan impian ke tanah suci, di antaranya:

  • Nabung Mulai Rp. 100.000 (Langsung dapat nomor porsi Haji+ bebas biaya tarik tunai di tanah suci).
  • Bagi Hasil yang Optimal Untuk Wujudkan Impian Keluarga.
  • Bebas Biaya Tarik Tunai di semua ATM domestik dan luar negeri.
  • Kenyamanan transaksi, kemudahan akses dan fasilitas auto debit yang mudah.

Dari keuntungan mengikuti Tabungan iB Pahala CIMB Niaga Syariah, semoga menjadi langkah awal dalam wujudkan impian berhaji bersama keluarga jadi lebih mudah.