YBM PLN Bersihkan Pantai Pulau Pramuka dan Panen Rumput Laut

Sang surya sudah lingsir ngulon, cahayanya bersinar terang di pantai Pulau Pramuka. Silau mentari tak mencegah Yayasan Baitul Mal (YBM) PLN, Niru Nabi Foundation bersama warga setempat untuk membersihkan pantai di seputar Kepulauan Seribu, salah satunya di Pulau Pramuka. Kehadiran YBM PLN bersihkan Pantai Pulau Pramuka dan panen rumput laut sebagai suatu kegiatan untuk menjaga lingkungan dan memberdayakan warga dalam bertani rumput laut.

Setiap raga pada dasarnya memiliki tanggung jawab dan amanah ketika dilahirkan di bumi. Salah satunya adalah menjaga lingkungan dan tidak merusak bumi, sebagaimana yang termaktub dalam Quran Surah Al-Araf ayat 74.

“Dan ingatlah ketika Dia menjadikan kamu sebagai khalifah-khalifah setelah kaum ‘Ad dan menempatkan kamu di bumi. Di tempat yang datar kamu dirikan istana-istana dan di bukit-bukit kamu pahat menjadi rumah-rumah. Maka ingatlah nikmat-nikmat Allah dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi.” (Q.S Al-A’raf: 74)

Ahad, 22 Desember 2019, YBM PLN, Niru Nabi Foundation bersama warga setempat membersihkan sampah di pantai Pulau Pramuka. Di sini ditemukan beberapa sampah plastik dari kemasan makanan atau minuman. Sampah ini bisa saja bukan berasal dari penduduk Kepulauan Seribu, tetapi memungkinkan datang di luar pulau. Sampah di laut ini menjadi PR bersama, baik pemerintah dan masyarakat dalam membersihkan sampah di laut. Demikian kata Husein Murad selaku Bupati Kepulauan Seribu di Pulau Pramuka.

Lautan menjadi bagian dari bumi yang wajib dijaga kebersihannya, apalagi pantai sebagai halaman dari lautan yang dapat menjadi gerbang masuknya sampah-sampah dari daratan. Kegiatan YBM PLN dalam menjaga lingkungan laut dengan membersihkan pantai menjadi inisiatif yang dapat membangun inspirasi bagi warga dan masyarakat lainnya untuk bersama-sama menjaga lingkungan.

Salman al-Farisi selaku Deputi Direktur YBM PLN menuturkan bahwa membersihkan pantai sebagai upaya membangun kesadaran publik untuk menjaga laut dan pantai dari sampah. Banyaknya sampah akan memengaruhi ekosistem laut, di antaranya rumput laut, yang sedang dibudidayakan oleh YBM PLN bersama nelayan dan petani di sekitar Pulau Pramuka dan Pulau Panggang.

Program pemberdayaan ekonomi petani rumput laut ini merupakan salah satu program YBM PLN yang bekerjasama dengan Niru Nabi Foundation. Alhamdulillah, Senin, 23 Desember 2019, telah berlangsung panen rumput laut yang dibuka oleh Husein Murad selaku Bupati Kabupaten Kepulauan Seribu.

Program ini diharapkan dapat membantu meningkatkan taraf hidup nelayan dan petani melalui budi daya rumput laut. YBM PLN dan Niru Nabi Foundation membina sekitar 100 keluarga petani dan nelayan, maka diperkirakan sekitar 400 orang di Pulau Panggang dan Pramuka yang mendapat manfaat dari program budi daya rumput laut. Demikian kata Martono selaku Ketua II BIdang Pemebrdayaan YBM PLN.

YBM PLN membantu para petani rumput laut dari hulu ke hilir, bukan hanya memberikan bantuan berkelanjutan kepada nelayan dan petani dengan membantu mencari pasar, tetapi juga membuat perizinan dan memperbaiki kualitas rumput laut sehingga memiliki kualitas dan daya jual yang baik.

Untuk meningkatkan ekonomi masyarakat tidak lepas dari bantuan dan saling menolong di antara kita, terutama selaku muslim yang mana zakat sebagai perkara yang wajib bagi muslim. Husein Murad mengucapkan terima kasih kepada segenap karyawan PLN yang telah menyalurkan zakat sehingga warga Kepulaun Seribu mendapat manfaatnya.

Saya pun melihat kebahagiaan warga ketika panen rumput laut. Mereka sangat antusias. Perjalanan ke tempat penanaman rumput laut, gelombang besar menemani perjalanan. Selaku yang biasa di darat, gerak gelombang tersebut menjadi kekaguman tersendiri bagi saya dan memikirkan bagaimana para petani ini dalam bertani dengan bergelut gelombang laut.

Padahal, bagi para nelayan dan warga pulau, pantai ibarat halaman dan hamparan laut menjadi kebun dan ladang dalam mencari nafkah. Sungguh hal yang luar biasa. Perjalanan di laut, melalui gelombang dengan kedalamannya, tetapi para nelayan dan petani rumput laut ini tetap bekerja dengan sungguh-sungguh. Saya jadi teringat istilah Arab, man jadda wa jadda, orang yang bersungguh-sungguh, maka akan mendapatkan hasil. Upaya YBM PLN bersihkan Pantai Pulau Pramuka dan panen rumput laut semoga membuka jalan kesuksesan dan keberkahan bagi semuanya. Amiiin

One thought on “YBM PLN Bersihkan Pantai Pulau Pramuka dan Panen Rumput Laut

Add yours

  1. kalau baca yang begini berasa adem ya, bukti nyata kalau bisa merawat akan berdampak ke kita juga. semoga saja kedepannya akan ada banyak program-program seperti ini. melihat bahagia panen rumput laut, meningkatkan ekonmi juga

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: