Nassa, Sekolah yang Membangun Pendidikan Karakter

Hakikat pendidikan pada dasarnya membentuk karakter bangsa. Untuk itu, diperlukan upaya dan strategi yang tepat dan sesuai agar masyarakat Indonesia dapat tetap menjaga nilai-nilai budaya dan jati diri bangsa serta generasi muda
tidak kehilangan kepribadiannya sebagai bangsa Indonesia. Salah satunya Nassa, sekolah yang membangun pendidikan karakter.

Nassa kepanjangan dari Nasional Satu, yang mana sekolah ini memayungi jenjang pendidikan dari KB, TK, SD, SMP dan SMA. Berada dalam satu payung lingkungan komunitas dan tali silaturahmi antar siswa dari semua jenjang. Suasana keakraban antara guru dengan siswa, serta para staf di lingkungan sekolah terus dipupuk hingga tumbuh rasa empati yang merupakan hal penting untuk dicapai siswa pada masa sekolah.

Nassa didirikan oleh Adriman dan Zulfia Susilawati. Dengan visi menghasilkan manusia global yang tanggap, tegar, beriman, cerdas serta manusiawi disesuaikan dengan waktu, kebutuhan dan zamannya. Untuk misinya, Nassa menjabarkan dengan misinya untuk mengantarkan siswa dalam suasana belajar yang kondusif untuk mencapai kemajuan. Membimbing siswa berperilaku sesuai dengan nilai dan norma sosial yang tinggi. Mempersiapkan siswa sebagai manusia yang mandiri dan optimistik sesuai dengan zamannya. Memberikan pengalaman kepada siswa untuk berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik, baik tingkat nasional atau internasional. Menghasilkan lulusan yang berkualitas tinggi perkembangan intelektualnya dan mempunyai karakter takwa, jujur, toleran dan cakap dalam memimpin.

Nassa ini sudah berdiri tahun 1984, dengan mengedepankan academic excellence, music and art serta Islamic value, eco attitude dan inclusive. Dengan fasilitas kelas indoor dan outdoor.

Karakter bangsa merupakan kualitas perilaku kolektif kebangsaan yang khas, baik yang tercermin
dalam kesadaran, pemahaman, rasa, karsa, dan perilaku berbangsa dan bernegara sebagai hasil olah
pikir, olah hati, olah rasa dan karsa, serta olah dari raga seseorang atau sekelompok orang.

Karakter bangsa Indonesia haruslah berdasarkan nilai-nilai Pancasila, norma UUD 1945, keberagaman dengan prinsip Bhinneka Tunggal Ika, dan komitmen terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pendidikan adalah usaha sadar, terencana dan terstruktur untuk mewujudkan suasana belajar
dan proses pembelajaran peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya.

Demikianlah, Nassa, sekolah yang membangun pendidikan karakter, sehingga pengembangan potensi dasar, agar berhati baik, berpikiran baik, dan berperilaku baik,yang mana perbaikan perilaku yang kurang baik dan penguatan perilaku yang sudah baik.

Comments are closed.

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: