Festival Gerakan Warung Nasional; Warung Pintar Dorong Warung Go Digital

Siang itu sinar matahari bersinar terang di sekitar Taman Lapangan Banteng. Yel-yel dan orasi kegembiraan terdengar ketika memasuki area Festival Gerakan Warung Nasional. Rasa penasaran membuat saya mendekati suara, dan melihat rombongan kaos berwarna kuning berpadu hitam berjalan santai. Yup, mereka adalah para pengusaha warung pintar, yang mana festival gerakan warung nasional; warung pintar dorong warung go digital sedang berpawai riang.

Di era globalisasi yang mengedepankan pasar bebas sekarang ini, ketahanan ekonomi keluarga sangatlah penting, salah satunya dengan wirausaha warung. Warung merupakan usaha kecil yang biasanya milik keluarga, bentuknya ada yang berupa kedai, kios, toko kecil, atau restoran sederhana. Warung menjadi salah satu bagian penting dalam kehidupan keseharian rakyat Indonesia. Oleh karena itu, adanya warung pintar sebagai bagian dalam membangun masyarakat yang sejahtera.

Sabtu sampai Minggu, 14-15 Desember 2019, telah berlangsung festival gerakan warung nasional sebagai upaya mendorong warung go digital. Di sini terdapat lebih dari 50 ribu umum dan 15 ribu pemilik warung dari berbagai jenis yang hadir dan sebagian membuka stand, sehingga turut mengenalkan dan menjual produk mereka.

Terdapat banyak jenis warung, umumnya berbentuk toko kecil seperti gerobak dorong beratap yang menjual minuman dingin dalam kemasan, kudapan, permen, rokok, krupuk, dan berbagai macam barang-barang keperluan sehari-hari.

Ada juga warung yang menjual makanan, umumnya dapat menjual panganan sederhana gorengan seperti bakwan, pisang goreng dan kopi. Selain menjual masakan Indonesia, beberapa warung menjual makanan asia dan barat, seperti nasi goreng dan mie goreng.

Warung merupakan salah satu usaha yang mudah tetapi membutuhkan ketekunan, keuletan dan kreativitas. Warung Pintar menjembatani pelaku usaha tradisonal seperti warung, toko kelontong dan sejenis untuk berkembang bersama dengan teknologi dalam warung pintar.

Demikian pula dengan warung pintar, warung yang mengedepankan teknologi, mulai dari kemudahan pesan barang, monitor kemajuan usaha, dan pendampingan dengan berbagai teknologi pendukung usaha, sampai pada mendapat ke sempat untuk renovasi warung. Warung Pintar bisa menjadi salah satu pilihan dalam meningkatkan ekonomi keluarga.

Saya sendiri berkesempatan untuk hadir pada hari keduanya, yang mana terdapat banyak kemeriahan dari mulai permainan seru, acara-acara menarik dan jajan murah di warung tersebut. Belum lagi dengan diskon atau paket murah yang ditawarkan warung-warung tersebut, bikin betah dan jajan terus. Apalagi menjelang sore semakin meriah, karena festival ditutup konser musik yang bikin semua happy.

Bukan hanya itu, terdapat juga talkshow motivasi dan workshop pengembangan skill dengan desain warung yang cantik. Dalam hal ini saya melihat bahwa warung pintar berusaha membangun kesadaran terhadap pentingnya kualitas pada pelayanan sebagai hal pokok dalam menjalankan warung. Kualitas pelayanan sangat bergantung pada tiga hal, yaitu sistem, teknologi dan manusia.

Warung Pintar bisa menjadi solusi bagi yang menginginkan usaha dengan mudah dan efisien. Teknologi menjadi bagian dalam pengembangan warung pintar, yang tentunya sangat memudahkan bagi para pedagang dalam berusaha. Ada empat keuntungan bagi pengusaha Warung Pintar, yaitu terus untung karena dapat harga gudang dan dapat promo, tepat waktu karena barang dagangan datang secara akurat dan bebas ongkos kirim, tukar poin karena pembelajaan bisa dapat diskon dan hadiah, tambah pintar dengan teknologi pendukung dan program edukasi.

Dengan demikian, warung pintar hadir melayani para pengusaha warung untuk berbisnis dan berusaha. Adanya program edukasi sebagai program untuk menambah kemampuan pemilik usaha dan timnya sebagai penyelenggara pelayanan yang dalam hal ini dapat berupa barang atau jasa untuk dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan.

Warung Pintar bukan hanya berusaha dalam pelayanan bagi para pengusaha warung, tetapi dengan edukasi membantu meningkatkan kemampuan pelayanan usaha warung, sehingga pelanggan puas dan senang. Pelayanan yang berkualitas ini akan membuat pelanggan setia.

Teknologi bukan lagi wacana, tetapi sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari, bahkan menjadi alat sumber penghasilan dlama meningkatkan perekonomian keluarga. Adanya warung pintar menjadi salah satu solusi dalam ketahanan ekonomi keluarga. Tidak heran bila pawai Warung Pintar pada festival Gerakan Warung Nasional terlihat senang dan bahagia.

Konsep Warung Pintar sangat membantu warga. Festival Gerakan warung nasional; Warung Pintar dorong warung go digital memberi kesadaran sekaligus campaign bagi masyarakat bahwa Warung Pintar dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga.

8 thoughts on “Festival Gerakan Warung Nasional; Warung Pintar Dorong Warung Go Digital

Add yours

  1. Betul..betul..betul..sejak ada mini market dan sebagainya warung jadi tersisih padahal banyak masyarakat yang masih mengandalkan warung untuk berbelanja..malah kadang banyak tetangga yang masih suka ngutang..kasian kan..semoga Warung disekitar kita makin pintar sehingga kehidupan ekonomi mereka pu makin mapan amin

    Like

  2. Pernah denger warung pintar seperti ini dan memang sangat membantu banget buat pelaku usaha apalagi buat kedepan gitu ya…

    Like

  3. Wow, wow! Warung pun mesti pintar juga, ya? Iya dong … Kan demi meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan, tuh. Eh, aku penasaran deh. Program Warung Pintar ini diinisiasi oleh siapa, sih? Dari segi fisik, sama seperti kita membuka warung di rumah aja kan, ya?

    Like

  4. Saya koq terpikirnya Warung Pintar ini digabung dengan ojek online aplikasinya supaya yang tinggal agak jauh dengan warung bisa memesan dan diantarkan dengan ojol. Soalnya yang biasanya menjangkau warung kan orang2 sekitar warung saja.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: