99 Motivasi Penggugah Jiwa; Hanya Cinta-Nya

Sejauh mata memandang, di sana terdapat keterbatasan indra mata. Selirih suara yang terdengar, halus dan keras berpadu pada keterbatasan telinga sebagai indra pendengar. Kaki yang melangkah, terbatas pada jarak, pada dasarnya semua berada pada kehendak-Nya. 99 motivasi penggugah jiwa; hanya cinta-Nya hadir dalam menguak hikmah perjalanan kehidupan.

Perjalanan hidup di dunia ini berada pada ruang dan waktu, yang mana setiap geraknya ada keterbatasan. Kesadaran akan hal ini menjadi penting. Keterbatasan menunjukkan pemahaman akan potensi diri sekaligus keterbatasan yang dimiliki. Namun demikian, yang menjadi titik berat pada alur kehidupan bukan memahami keterbatasan, namun memiliki cinta yang tanpa batas dengan kesadaran bahwa diri memiliki keterbatasan.

Ada susah dan mudah, senang dan sedih, marah dan welas alis, benci dan sayang, itulah beberapa rasa yang bergantian datang silih berganti dalam perjalanan kehidupan. Pergolakan emosi seringkali mendekatkan ataupun menjauhkan diri dari-Nya, padahal tujuan jiwa ini hanya kepada-Nya.

Cinta menjadi perjalanan rasa, bahwa hidup ini penuh kasih sayang. Bagi yang memahami cinta-Nya, maka setiap langkah akan terasa indah karena tidak lepas dari karunia-Nya.

Judul buku: Hanya Cinta-Nya; Tujuan Jiwa Ini Terlahir
Penulis: Riawani Elyta dan Risa Mutia
Penerbit: Quanta Tebal: 234 halaman

Buku ini mengupas tentang perjalanan hidup dan memaknai dalam hikmah-Nya. Buku yang hadir seakan menuangkan rasa yang pada hakikatnya tidak lepas dari kuasa-Nya. Buku ini mengingatkan saya pada sebuah hadis yang menyebutkan, “Barangsiapa mengenal jiwanya, maka dia mengenal Rabb-Nya.”

Buku ini terbagi empat bagian bab, pertama mengupas tentang tidak ada kebaikan yang sia-sia. Pada bagian ini penulis menuturkan untuk selalu tegar berada di jalan kebaikan, tidak pernah lelah berbuat baik meskipun seluruh dunia berpaling peduli terhadap sesama untuk hidup yang jauh lebih bermakna, selalu berbuat kebaikan dalam berbagai kondisi, keutamaan berbagi dibanding mengharapkan, balasan terbaik hanya untuk yang terus berbuat baik, ikhlas berbagi tanpa syarat, kebaikan tak disadari dengan bersikap penuh kelembutan, berlomba-lomba dalam kebaikan, kesia-siaan menuntut ilmu tanpa diiringi adab dan akhlak.

Kedua, waktu adalah kehidupan yang terus melaju. Dalam hal ini penulis mengungkapkan dahsyatnya nikmat waktu, terhindar dari tipuan kemilau dunia, menghindari dunia yang melenakan, menjadikan semua aktivitas sebagai ibadah kepada Allah. Makna dunia yang sesungguhnya, menghindari kesia-siaan hidup, menghindari jebakan masa lalu, kehidupan yang bermakna, tak ada waktu luang yang tersisa, dunia bukan tempat untuk beristirahat.

Ketiga, meraih kebahagiaan hakiki. Pada bab ini penulis menuturkan kesederhanaan meraih bahagia, bersinar dengan memaafkan, menempatkan cinta pada tempatnya, jiwa yang selalu bersyukur, tetap kuat kala ditinggalkan, bangkit saat masalah datang melanda, menangislah di hadapan Allah.

Keempat, optimis adalah bingkai cinta. Dalam hal ini penulis menuturkan untuk tetap optimis dalam deraan masalah, membuang lara dalam pencarian kesempurnaan cinta, istikamah menapaki kebaikan untuk kesuksesan hidup, kekuatan dahsyat yang menguatkan saat ditempa kesedihan, semakin kuat dengan ujian kehidupan, menyimpan duka dengan berserah kepada-Nya.

Buku yang menuturkan perjalanan kehidupan ini memberi sajian hikmah dan motivasi dalam rangkaian kehidupan. Tentunya tidak mudah dalam memaknai setiap langkah kaki dan gerak hati dalam menemukan hikmahnya. Saya sendiri menemukan hikmah ketika terpentok pada suatu emosi, belum pada setiap gerak pikiran.

Buku yang ditulis dengan pemaparan judul-judul ini sangat jelas dan mudah dicerna. Tuturan pemaknaan disertai dengan berbagai kutipan ayat al-Quran dan hadis. 99 motivasi penggugah jiwa; hanya cinta-Nya bisa menjadi salah satu referensi dalam memahami diri dan menjadi motivasi dalam menghadapi lika liku kehidupan di bumi ini. Buku ini bisa diperoleh di toko buku Gramedia, Togamas, olshop, marketplace (bukalapak, shopee, tokopedia, dll). Selamat membaca dan menikmati kata-katanya…

One thought on “99 Motivasi Penggugah Jiwa; Hanya Cinta-Nya

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: