Soft Pastel Faber Castell, Menggambar Lebih Menarik dan Asik

Pernah tidak menggambar dua gunung dengan matahari terbit dan bentangan sawah yang menghampar? Kalau saya dulu pernah waktu masih sekolah di MI, belajar menggambar tidak lepas dari pemandangan tersebut. Sekarang bagi adek-adek yang ingin menggambar matahari dan gunung, bisa lebih jelas dan bagus lagi dengan soft pastel Faber Castell, menggambar lebih menarik dan asik.

Tidak mudah menggambar dengan menarik dan asik bagi yang tidak terbiasa menggambar, atau tidak memiliki hobi gambar. Nmaun berbeda ketika menggunakan Pastel Faber Castell, terasa perbedaannya dengan prosesnya lebih menarik dan asik. Kenapa demikian?

Soft Pastel Faber Castell

Sudah sering mendengar Faber Castell, merek yang tidak lepas dengan alat tulis dan gambar. Soft Pastel Faber Castell ini salah satu varian alat menggambar. Tidak lupa kalau mau ujian, pasti yang dicari pensil 2B, karena gelapnya diterima komputer.

Saya mengenal Faber Castell untuk menggambar setelah kuliah, seandainya dari sejak kecil mungkin saya akan semangat menggambar. Tetapi, jangan putus asa. Sekarang pun saya masih bisa menggambar dengan Faber Castell.

Ada tiga varian pensil warna, yang saya ingat dari warna kotaknya, merah, biru dan hijau. Untuk warna merah, cocok bagi keluarga, terutama anak-anak yang sedang belajar menggambar. Warna biru bisa untuk pemula dewasa seperti kita, tetapi untuk anak-anak juga bisa. Ada juga warna hijau, ini bagus juga, dan kekuatan pensilnya sangat laur biasa.Untuk warna biru, ada yang namanya pastel.

Pastel ini salah satu alat gambar yang paling mudah dieksplorasi. Beberapa teknik menggambar dapat diterapkan, biasanya bagi pemula seperti saya. Bantuan dalam teknik menggambar ini sangat penting untuk mengetahui bagian atau letak warna yang sesuai. Namun, dalam menggambar hal yang paling penting adalah menikmati prosesnya, karena dalam setiap langkah proses ada harapan dan ide untuk mengeksplor pikiran lebih hidup pada tulisan.

Sabtu, 9 November 2019, saya telah mengikuti workshop menggambar soft pastel Faber Castell. Sangat mudah menggunakan soft pastel Faber Castell, apa aja yang telah saya eksplore dengan dipandu oleh Mbak Yayu ketika menggunakan soft Pastel Faber Castell…

  1. Berekspresi dengan pastel. Pastel ini sangat lucu dengan warna warninya, sekilas seperti kapur yang untuk menulis di papan tulis. Saya mengiris ujungnya dengan halus untuk mendapatkan butiran debu, eh irisan lembutnya pastel. Diiris dengan penggaris yang memiliki beragam bentuk.
  2. Menggosok secara perlahan. Butiran pastel halus tersebut saya gosok secara perlahan di kertas dengan menggunakan warna kuning sebagai pembatas untuk rumput. Lalu saya tambahkan butirna warna hijau muda dan hijau tua, kemudian menggosok dengan jari tanpa ragu, karena Pastel ini dapat menciptakan lapisan warna baru. Pilihan warna yang tepat, akan menghasilkan karya luar biasa dengan tejstur yang menawan, seperti hijau tua dan hijau muda yang saya bland lewat gosokan jari.
  3. Mencampurkan warna. Bagi pemula seperti saya, mencampurkan warna menjadi hal penting dengan butuh arahan dari para pembimbing. Saya pun mencampurkan warna coklat, merah muda, biru tua dan biru muda. Perpaduan ini untuk membuat langit indah bagi penghuni bintang dan bulan. Di atas kertas bisa dicampur warna tersebut, kemudian menuangkannya di atas kanvas gambar dengan menggosoknya. Bisa juga membersihkannya secara teratur untuk menghindari campuran warna yang tidak diinginkan.
  4. Menghapus warna. Paket pastel juga menyediakan penghapus warna yang berbentuk pensil, sehingga mudah untuk menghapusnya.

Tak terasa saya pun dapat menghasilkan gambar pohon dengan pemandangan langit malam. Meski pemula, saya senang dengan hasil karya yang membuat saya rileks ketika mengaplikasan soft pastel Faber Castell pada kanvas. Semoga gambar berikutnya akan lebih indah dan berwarna. Amiiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: