Bolu Kukus Siliwangi, Oleh-Oleh Khas Pasundan Buka Gerai di Stasiun Bogor

Bolu kukus Siliwangi, oleh-oleh khas Pasundan buka gerai di Stasiun Bogor. Kini, bila menginginkan oleh-oleh khas Pasundan, bisa didapatkan dengan mudah di Stasiun Bogor bagi yang berada di sekitar Jabodetabek. Bolu kukus merupakan makanan yang pengolahannya dengan proses dikukus ini bisa menjadi camilan sehat untuk dinikmati sepanjang hari.

Tiada yang tidak mengenal dengan Siliwangi, bagi orang Sunda, Siliwangi sudah menjadi identitas dari diri Sunda itu sendiri. Ada banyak kisah yang menyajikan tentang Siliwangi, bukti-bukti sejarah terus digali untuk lebih mengetahui tentang Siliwangi. Sosok fenomenal yang yang menjadi tokoh Sunda ini dikenal arif dan bijaksana. Motto yang populernya, Silih Asih Silih Asah dan Silih Asuh.

Inspirasi Siliwangi dengan Silih Asih, Silih Asah dan Silih Asuh ini yang membuat brand bolu kukus ini dengan nama Siliwangi. Demikian kata Tegar selaku GM Bolu Kukus Siliwangi. Tentu saja nama Siliwangi sendiri sudah menjadi tokoh sentral Sunda yang terkenal dan panutan bagi orang Sunda

Untuk mengejawantahkan inspirasinya sebagai bolu kukus khas Sunda, varian rasa yang disajikan berdasarkan hasil bumi dari berbagai daerah di Jawa Barat. Jumat, 25 Oktober 2019, telah dibuka gerai bolu kukus Siliwangi di Stasiun Bogor. Setiap daerah memiliki keunggulan produk yang menjadi kekhasannya. Berikut varian rasa dari Bolu Kukus Siliwangi yang menyajikan keunggulan produk berdasarkan wilayah.

  1. Bolu Kukus Ubi Cilembu.

Ubi Cilembu dikenal dengan rasa manisnya, malah saking manisnya sampai dibilang ubi madu Cilembu. Ubi jalar Cilembu dikenal berasal dari Desa Cilembu, Kabupaten
Sumedang, Jawa Barat. Ubi jalar ini terkenal karena bersifat khas, yaitu memiliki rasa manis dan mengeluarkan cairan yang mengandung gula. Kekhasan ini menjadikan Desa Cilembu, Saya sendiri pernah menikmati langsung rasa ubi Cilembu yang rasnaya memang legit. Sumedang mendapatkan sertifikat Indikasi Geografis untuk ubi jalar Cilembu Sumedang. Sentra budidaya ubi jalar Cilembu terdapat di Kecamatan Pamulihan, Tanjungsari, Rancakalong, dan Sukasari. Wilayah-wilayah tersebut merupakan lokasi asal ubi jalar Cilembu (DJKI, 2013).

Saya pernah menikmati langsung rasa ubi Cilembu yang rasanya memang legit. Setiap perjalanan ke Sumedang, maka ubi Cilembu menjadi panganan yang harus dicari dan dijadikan oleh-oleh. Kini, ubi Cilembu dapat dinikmati dalam olahan bolu kukus Siliwangi.

Tidak mesti ke Sumedang, bila menginginkan panganan olahan ubi Cilembu berupa bolu kukus bisa langsung ke Stasiun Bogor. Rasa bolu kukus ubi rasanya memang benar-benar seperti ubi Cilembu dan menjadi perpaduan yang pas dan enak.

2. Stroberi Ciwidey

Stroberi, buah berwarna merah ini sangat banyak penggemarnya, terutama anak-anak. Ciwidey merupakan salah satu daerah yang sejak tahun 1990-an sudah bergelut dengan pertanian Stroberi. Stroberi tumbuh cukup baik di daerah Ciwidey karena udaranya dingin menyerupai habitat aslinya.

Hal tersebut menjadikan Ciwidey sebagai daerah penghasil stroberi. Untuk menikmati rasa stoberi Ciwidey, sekarang warga Jabodetabek dapat menikmatinya di bolu kukus Siliwangi. Olahan stroberi Ciwidey dalam bolu kukus ini sangat enak dan troberinya sangat terasa.

3. Susu Lembang

Lembang merupakan salah satu daerah penghasil susu sapi. Banyak masyarakat sana yang berprofesi peternak sapi. Susu Lembang menjadi ciri khas susu yang terbaik, maka sekarang kita bisa mendapatkannya pada bilu kukus Siliwangi rasa susu.

4. Kopi

Jawa Barat juga menghasilkan perkebunan kopi. Pada dasarnya setiap biji kopi biasanya memiliki karakter sendiri yang dipengaruhi oleh masing-masing tempat mereka tumbuh. Jawa Barat sebagai daerah penghasil kopi memiliki karakter khusus yang dikenal di kalangan para penikmat kopi sebagai kopi yang lebih manis dan asam. Karakter tersebut tidak lepas dari pemrosesan pasca panen dan tanah di daerah tempat kopi di tanam.

Bolu kukus Siliwangi menyajikan bolu kukus rasa kopi yang khas Jawa Barat. Kita bisa menikmati dengan secangkir kopi, maka akan semakin nikmat dalam menyantapnya.

5. Talas

Talas merupakan tanaman khas Bogor. Bolu kukus Siliwangi menyajikan olahan tanaman talas untuk dapat kita nikmati. Makanan ini menjadi ciri khas bagi Bogor sendiri sebagai daerah penghasil talas yang enak.

6. Kelapa ketan

Perpaduan ketan dan kelapa sekarang bisa dinikmati dalam bentuk bolu kukus Siliwangi, Saya sendiri pernah makan ketan hitam dengan taburan kelapa, maka pada bolu kukus Siliwangi rasa kelapa ketan ini perpaduannya semakin padu dan kedua sangat berasa pada bolu kukus kelapa ketan.

7. Coklat

Coklat menjadi khas pada daerah Garut. Pada bolu kukus Siliwangi ini kita dapat menikmati coklat brownies yang lezat.

8. Alpukat mentega

Alpukat mentega menjadi khas sebagai alpukat yang enak dan legit. Olahan lapukat mentega pada bolu kukus Siliwangi sangat enak dan bikin ketagihan.

Bolu kukus Siliwangi ini sangat enak, itu yang saya rasakan ketika memakannya. Harganya yang terjangkau bisa memuaskan keinginan untuk merasakan nikmatnya. Bagi saya, bolu kukus ini paling enak bukan hanya untuk dinikmati sendiri, tetapi dinikmati bersama dengan keluarga dan teman-teman.

Kebetulan saya membawa 3 bungkus bolu kukus untuk bekal camping di Ciamis, maka bolu kukus ini masih berasa kurang karena kami menikmatinya ketika malam sambil api unggun dan pagi-pagi sambil menunggu matahari tinggi di perkemahan. Teman-teman camping pun nitip kali camping lagi bawa oleh-oleh bolu kukus Siliwangi, dan secara pribadi minta nitip dibeliin juga. Bolu kukus Siliwangi, oleh-oleh khas Pasundan buka gerai di Stasiun Bogor ini menjadi kemudahan bagi saya untuk memenuhi keinginan teman-teman dan saya pun bisa mudah membelinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: