Transportasi Umum Unggul, Mendukung Indonesia Maju dalam Konektivitas Pemerataan Pembangunan

Lima tahun terakhir ini sangat terasa peningkatan transportasi umum yang saya rasakan dari tahun ke tahun. Saya biasa melakukan perjalanan darat, maka perubahan yang terasa sangat signifikan pada transportasi umum yang ada di darat. Adapun transportasi laut, saya jarang melakukan perjalanan dengan kapal laut atau perahu kecuali saat di Indonesia timur atau barat. Yang saya rasakan ketika naik kapal saat di Maluku ataupun di Toba, kapalnya lumayan nyaman bagi saya yang jarang bepergian menggunakan transportasi laut. Untuk pesawat, transportasi udara milik pemerintah sangat nyaman sekali. Saya berharap, transportasi darat ataupun laut sama halnya dengan pesawat yang memiliki kenyamanan dan keamanan berkendaraan, karena saya melihat dengan transportasi umum unggul, mendukung Indonesia Maju dalam konektivitas pemerataan pembangunan.

Indonesia maju tidak lepas dari sistem transportasi nasional, terutama transportasi umum yang memiliki peranan sangat penting dalam mendukung pembangunan nasional. Pada dasarnya, mobilitas dalam pergerakan masyarakat ataupun barang tidak lepas dari transportasi. Oleh karena itu, transportasi umum bagian dari sistem perekonomian yang memiliki fungsi penting dalam pembangunan nasional. Pembangunan sektor transportasi ini memiliki tujuan, yaitu mendukung gerak perekonomian, stabilitas nasional dan mengurangi ketimpangan pembangunan antar wilayah dengan memperluas jangkauan arus distribusi barang dan jasa ke seluruh pelosok Nusantara. Semua itu tidak lepas dari kinerja Kementrian Perhubungan yang mengoneksikan semua transportasi darat, air dan laut.

Konektivitas Pemerataan Pembangunan

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki pulau lebih dari 17.000 dan jumlah penduduk lebih dari 240 juta orang. Pengembangan transportasi berkelanjutan pada suatu pulau setidaknya melihat pada spesifikasi wilayahnya, seperti geografi, geologi, iklim tropis, ekonomi sosial budaya, karakteristik lahan lingkungan, resiko bencana gempa, banjir, pemansasn global serta perubahan iklim.

Belum lagi setiap pulau memiliki pertumbuhan penduduk dan urbanisasi, perkembangan bentuk perkotaan, perkembangan jenis aktivitas atau tata guna lahan, kebijakan dekonstrasi fungsi-fungsi wilayah dan otonomi daerah, serta pertumbuhan ekonomi. Hal demikian saya rasakan ketika berkunjung ke suatu pulau ke pulau lainnya, terdapat ciri khasnya masing-masing pada pulau-pulau tersebut.

Penghubung satu pulau dengan pulau lainnya sangat membutuhkan transportasi, baik darat, laut maupun udara. Setiap pulau harus maju, maka transportasi menjadi salah satu sektor dalam mendukung pembangunan dan kesejahteraan masyarakatnya. Tidak berlebihan bila lima tahun terakhir ini, Presiden Joko Widodo menekankan infrastruktur di hampir semua wilayah Indonesia, hal tersebut tentunya untuk mendukung transportasi sebagai konektivitas pemerataan pembangunan.

Pembangunan transportasi berkaitan erat dengan infrastruktur pembangunan, seperti jalan tol, bandara, monorail dan sistem angkutan barang di pelabuhan-pelabuhan. Pengembangan sistem transportasi sekarang dan masa depan adalah bagaimana negara memanikan perannya dalam bingkai transportasi berkelanjutan.

Dukung Ekonomi dan Pariwisata

Sistem transportasi turut memberikan kontribusi dalam meningkatkan perekonomian di suatu wilayah. TRansportasi darat, laut dan udara sebagai sarana yang dapat menghubungkan daerah tersebut dengan daerah lainnya yang akan memiliki pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat. Melihat pentingnya ketersediaan transportasi umum dalam mendukung berbagai aktivitas ekonomi dan pariwisata, dengan memberikan gambaran mengenai kondisi transportasi umum di Indonesia.

Pada dasarnya setiap tempat di Indonesia memiliki potensi ekonomi dan pariwisata, yang mana keduanya saling berkaitan. Transportasi sebagai salah satu yang mendukung perkembangan ekonomi dan pariwisata di suatu daerah. Tansportasi bisa dikatakan sebagai media bagi wisatawan dalam membawa wisatawan dari daerah asal menuju destinasi wisata.

Transportasi Modern Berteknologi Tinggi

Transportasi modern berteknologi tinggi sudah mulai dirasakan oleh kita. Saat ini, transportasi modern dapat dinikmati oleh masyarakat kota. Saya sendiri yang tinggal di ibukota Jakarta, transportasi modern dengan adanya keterkaitan digital dengan transportasi.

Masyarakat kota sudah menikmati Commuterline Listrik, bis trans, dan monorel. Peningkatan transportasi umum yang selama manual, beberapa tahun sekarang sudah mulai beralih. Pembayaran pun sudah dilakukan secara elektronik pada semua jenis trasnportasi umum di Jakarta. Bukan hanya itu, stasiun KRL, bis trans dan stasiun monorel sudah terintegrasi dalam satu titik kumpul sehingga bila kita hendak pindah trasnportasi dari KRL, misalnya ke bis Trans atau monorel bisa dengan jalan kaki menuju ke halte atau stasiun.

Keselamatan, Keamanan, dan Kenyamanan Transportasi

Saat ini, di ibukota Jakarta, trasnportasi sudah terasa nyaman dan aman. Istilahnya, dalam keselamatan, keamanan dan kenyamanan transportasi dapat kami rasakan meski tentu saja kejahatan tetap hadir di mana saja peluang yang memunculkan kejahatan muncul.

Hal yang sangat rawan adalah ketika kendaraan penuh, baik KRL maupun bis Trans, itu bisa dimanfaatkan oleh penjahat untuk mencuri secara individu ataupun berkelompok. Kita sebagai penumpang harus tetap waspada akan kejahatan yang direncanakan. Namun demikian, yang saya rasakan ketika naik transportasi umum sebagai berikut:

a. Bersih.

b. Dingin.

c. Nyaman.

d. Tertib.

e. Mudah.

Mengenai transportasi umum ini dapat juga dilihat pada media sosial pada website kemenhub: http://dephub.go.id, https://twitter.com/kemenhub151, https://www.facebook.com/kemenhub151, https://instagram.com/kemenhub151

Hal tersebut yang saya rasakan ketika menggunakan transportasi umum. Memang masih butuh perbaikan dan inovasi dalam transportasi umum, karena saya sendiri merasakan bahwa transportasi umum unggul, mendukung Indonesia maju
dalam konektivitas pemerataan pembangunan.

One thought on “Transportasi Umum Unggul, Mendukung Indonesia Maju dalam Konektivitas Pemerataan Pembangunan

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: