Media Sosial dalam Ketahanan Keluarga

Ketika bicara gender, maka yang dilihat bukan perbedaan biologis jenis kelamin, tetapi pada perbedaan peran, status, tanggung Jawa, fungsi prilaku laki-laki dan perempuan yang merupakan konstruksi (rekayasa) sosial. Gender dalam keluarga menjadi hal yang menarik dikupas, apalagi sekarang berada di era digital, maka kajian pengarusutamaan gender pada media sosial dalam Ketahanan keluarga menjadi layak untuk ditelusuri.

Kamis, 17 Januari 2019, Kementrian Agama mengadakan seminar sehari yang bertema, Pengarusutamaan Gender, Perempuan dan Media sosial; Perempuan Menghadapi Pengaruh Media Sosial dalam Menjaga Ketahanan Keluarga.

Dalam sambutannya, Bapak Muhamamdiyah Amin selaku Dirjen Bimas Islam memberi sambutannya dengan memaparkan tentang pentingnya ketahanan keluarga. Media sosial sebagai alat komunikasi diharapkan bermanfaat dapat memperkokoh ketahanan keluarga.

Ibu Trisna selaku Ketua Dharma Wanita Kementrian Agama memaparkan tentang peran media sosial dalam keluarga. Media sosial itu ibarat pisau, bila digunakan untuk kemanfaatan maka akan bermanfaat. Namun, bila salah menggunakannya, maka akan berbahaya.

Ibu Trisna banyak memberi contoh berdasarkan data mengenai penyalahgunaan media sosial, seperti perceraian yang disebabkan oleh media sosial. Kasus demi kasus disebutkan, maka hal tersebut menjadi pembelajaran akan kehidupan untuk terus saling mengingatkan dan introspeksi diri. Untuk hal tersebut, Ibu Trisna memberi tips dalam bermedia sosial, yaitu saring sebelum sharing, pilah pilih teman dan jaga kenyamanan keluarga dengan menjaga privasi mereka di media sosial.

Selanjutnya dengan talkshow yang narasumbernya Bapak Henry Subiakto selaku staf ahli Menteri Kementrian Komunikasi Bidang Hukum, paparkan upaya pemerintah meretriksi akses internet untuk anak.internet sangat identik dengan millenial, dalam hal ini Pak Henry memaparkan tentang generasi millenial, bahwa smartphone dengan koneksi internet tidak bisa dipisahkan lagi pada kehidupan sehari-hari mereka, Bukan hanya itu, mereka menyelesaikan berbagai persoalan lewat internet dan gawainya. Hal yang sangat disukai oleh millenial adalah kecepatan, kemudahan dan inovasi, peduli lingkungan, isu keadilan, sosial politik, dan suka menjadi relawan atau partisipan.

Dalam perjalanannya menggunakan media sosial, terdapat hal-hal yang diwaspadai dalam bermedia sosial, yaitu masuknya propaganda ideologi trans nasional, penyebaran pornogradi dan paham liberal. Secara global, warga Indonesia sendiri sangat aktif dalam bermedia sosial.Saat ini salah satu ancaman terbesar di Indonesia adalah penyebaran konten negatif melalui internet. Untuk itu, semua stakeholder, yaitu pemerintah, komunitas, private sektor hendaknya membuat program menggunakan internet secara bijak. Maka, pentingnya kolaborasi para pemangku kepentingan Indonesia untuk meminimalisirkan penyebaran konten negatif.

Berlanjut dengan pemateri selanjutnya oleh Erik Mubarok selaku praktisi media sosial dengan tema tips membentuk keluarga multimedia berselancar di dunia maya. Untuk orangtua dalam mengontrol anaknya dalam menggunakan media sosial, terdapat tipsnya seperti setting aplikasi, pemeriksaan berkala dan batasan usia.

Demikianlah, media sosial dalam ketahanan keluarga menjadi sebuah keniscayaan yang hendaknya bijak dalam menggunakannya sehingga bermanfaat dalam menggunakannya. Kementrian Agama Bidang Bimbingan Masyarakat sangat konsen membina ketahanan keluarga dalam tatanan sosial. Termasuk ketahanan keluarga dalam mengendalikan arus informasi di media sosial. Hendaknya dalam keluarga ditanamkan pada setiap anggota keluarga untuk membaca detail informasi yang didapatkan, tingkat kredibilitas sumber berita, kemudian menelusuri informasi tersebut dari sumber lain sebagai bahan pembanding. Tidak mudah berbagi atau mengomentari berita, hendakanya tetap menjaga jari-jari dari menulis yang tidak relevan di media sosial, jangan sampai masuk pada istilah, jarimu haramaumu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: