Bolehkah Ibu Menyusui Mengonsumsi Madu Asli?

Setelah proses kelahiran, seorang ibu dihadapkan pada tanggung jawab yang lebih nyata terhadap bayinya untuk memberikan nutrisi terbaik, salah satunya adalah ASI. Sebagaimana kita ketahui bahwa ASI merupakan makanan pertama terbaik bayi yang bersifat alamiah, dan mengandung beberapa zat gizi yang dibutuhkan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan bayi. ASI ini erat kaitannya dengan makanan yang dikonsumsi masing-masing ibu. Saya pernah membaca penelitian dalam sebuah jurnal bahwa seorang ibu membutuhkan setidaknya kalori sebanyak 2500- 2700 kkal per harinya untuk memproduksi sekitar 500 ml sampai 800 ml setiap hari. Sementara itu, madu mengandung 304 kkal setiap 100 gram. Bolehkah ibu menyusui mengonsumsi madu asli?

Pasti sudah pada tahu dong, kalau madu murni adalah salah satu makanan terbaik yang memiliki kadar nutrisi yang tinggi. Namun, sayangnya ternyata madu murni tidak boleh dikonsumsi oleh bayi yang berusia di bawah 1 tahun, karena metabolisme bayi belum sempurna untuk mencerna madu murni. Lagipula ASI masih menjadi makanan yang terbaik untuk bayi. Nah, apabila madu murni tidak baik dikonsumsi oleh bayi di bawah 1 tahun, lalu apakah aman untuk Ibu menyusui mengonsumsi madu?

Apakah Madu Murni Aman dikonsumsi oleh Ibu Menyusui?

Bayi berumur kurang dari 1 tahun diketahui memiliki sistem pencernaan yang masih lemah dan belum terbentuk dengan baik, sehingga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi madu alami. Lain halnya untuk orang dewasa yang telah memiliki sistem pencernaan yang sempurna sehingga madu tentunya sangat baik dikonsumsi oleh orang dewasa karena mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh.

Madu murni aman untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui, namun tetap harus berhati-hati, yah. Jangan berlebihan dalam mengonsumsi madu murni, dan pastikan memilih madu yang murni atau madu asli. Hasil riset di Jepang dan beberapa negara lain membuktikan bahwa madu murni mampu memperbanyak keluarnya ASI dan memperbanyak jumlah antibody dalam ASI.

Madu asli ini mengandung 100% madu murni dan tidak ditambahkan bahan-bahan lainnya. Misalnya, Madu TJ Super dari Madu TJ yang terjamin asli dan murni dari madu pilihan terbaik. Kenapa mesti memilih Madu TJ Super?

  1. Madu TJ Super lolos uji SNI dan tersertifikasi BPOM. Adanya sertifikasi BPOM menandakan bahwa Madu TJ Super aman untuk dikonsumsi.
  2. Madu TJ Super juga sudah mendapat sertifikasi HALAL dari MUI. Madu TJ Super bebas dari bahan berbahaya, jadi halal serta baik untuk dikonsumsi. Karena Madu TJ Super adalah 100% madu asli pilihan, maka Madu TJ Super punya banyak manfaat untuk kesehatan.
  3. Madu TJ Super juga berfungsi sebagai pemanis alami yang jauh lebih sehat dibandingkan gula. Artinya, mengonsumsi Madu TJ Super akan menjaga kadar gula darah Ibu menyusui.
  4. Madu TJ Super ini mengandung Royal Jelly dan Bee Pollen yang kaya akan vitamin dan asam amino. Hal tersebut sangat baik untuk menjaga stamina tubuh dan bisa dimanfaatkan jadi obat alami dan aman untuk demam, batuk dan flu. Karena seperti yang kita tahu, ibu menyusui tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat-obatan kimiawi, maka Madu TJ Super bisa jadi solusi terbaik bila Ibu menyusui sedang sakit.
  5. Madu TJ Super juga mampu menstimulasi produksi ASI. Cukup campurkan 1 sendok makan madu, susu, dan kayu manis dengan air hangat. Pastikan suhu air tidak terlalu panas ya, karena apabila air terlalu panas maka dapat merusak enzim yang ada pada madu asli.
  6. Madu TJ Super juga mengandung fruktosa dan glukosa alami yang mampu memberikan stamina dan energi optimal untuk Ibu menyusui.
  7. Madu TJ Super juga mengandung antibakteri serta antioksidan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Ibu.

Ketujuh poin di atas sebagai keunggulan Madu TJ Super sebagai pilihan dalam memilih madu murni. Dengan demikian, apakah masih ada pertanyaan tentang bolehkah ibu menyusui mengonsumsi madu asli? Padahal, seorang ibu yang sedang menyusui anaknya disarankan untuk mengkonsumsi madu, karena kekebalan tubuh bayi pun terhadap penyakit akan bertambah. Setelah membaca ini, apa teman-teman masih ragu untuk mengonsumsi madu asli seperti Madu TJ Super ini?

One thought on “Bolehkah Ibu Menyusui Mengonsumsi Madu Asli?

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: