Lomba Baca Al-Qur’an, Tanamkan Cinta Al-Qur’an Sejak Dini

Al-Qur’an merupakan bacaan sehari-hari bagi umat muslim. Sebagai kitab pedoman dalam berkehidupan, pada dasarnya Al-Qur’an bukan hanya dibaca tetapi setiap huruf dan katanya memiliki makna filosofi hidup yang sangat tinggi. Bagi saya sendiri, Al-Qur’an menjabarkan kebermaknaan hidup dan hikmah yang menjadi acuan dan kisah-kisah yang tercantum menjadi teladan kehidupan. Namun demikian, untuk mengenal Al-Qur’an, dengan lomba baca Al-Qur’an, tanamkan cinta Al-Qur’an sejak dini dalam memotivasi akan makna yang terkandung di dalamnya.

Photo 6

Saya melihat bahwa lomba baca Al-Qur’an sebagai sebuah kompetisi yang memang pada dasarnya kita dianjurkan berlomba-lomba dalam kebaikan. Bagi saya sendiri, membaca Al-Qur’an bagai rileksasi untuk melepaskan segala kepenatan pikiran dan kelelahan dalam beraktivitas. Bila penasaran, silakan teman-teman coba… 🙂

Ketika ratusan anak-anak usia 4 sampai 12 tahun di BSD City mengikuti lomba membaca Al-Qur’an yang merupakan sebagai puncak acara Program Berantas Buta Al-Qur’an (BBQ) 2019, itu menjadi bagian kegiatan untuk menyemangati dalam membaca Al-Qur’an.

Kegiatan lomba ini dilaksanakan sejak April hingga Juni 2019, dimulai program training membaca Al-Qur’an secara cepat menggunakan metode Mama Papa yang merupakan rangkaian dari program BBQ dengan diikuti oleh peserta sebanyak 350 guru mengaji dan ustad di BSD City.

Photo 1

Program BBQ 2019 ini merupakan yang kedua kalinya dan bekerja sama dengan Yayasan Muslim Sinar Mas Land bersama Forum Masjid Mushola BSD serta Yayasan Mama Papa. Lomba Baca Al-Qur’an yang diselenggarakan di Masjid Islam Cikal Harapan BSD City dan dihadiri oleh Wakil Walikota Tangerang Selatan – Benyamin Davnie ini menjadi puncak acara program Berantas Buta Al-Qur’an (BBQ) 2019 dengan para peserta lomba merupakan anak-anak yang telah dapat membaca Al-Qur’an dengan metode Mama Papa.

Kompetisi membaca al-Qur’an tersebut diikuti lebih dari 500 anak anak berusia 4-12 tahun, yang terdaftar dalam program BBQ dari 77 masjid di sekitar BSD City. Perlombaan ini dibagi ke dalam tiga kategori, terdiri dari kategori A untuk anak usia 4-6 tahun, kategori B untuk anak usia 7-9 tahun, kategori C untuk anak usia 10-12 tahun dengan total hadiah sebesar Rp 50 Juta. Wuih, alhamdulillah, banyak sekali hadiahnya…. semoga menjadi berkah bagi para pemenang.

Photo 3

Lomba baca Al-Qur’an ini juga diisi dengan tausiyah dari Ustad Solmed yang bertemakan “Mari Memahami Al-Qur’an untuk Anak-Anak”. Program ini bertujuan untuk memberantas buta baca Al-Qur’an serta mengimplementasikan program SATU BSD (Silaturahmi Antar Umat melalui program Berdikari Sehat Damai) di sekitar kawasan BSD City.

Program Berantas Buta Al-Qur’an diharapkan bisa berkontribusi mendidik dan menanaman nilai Al-Qur’an sejak dini kepada anak anak . Semoga melalui program BBQ dan lomba membaca Al-Quran ini akan membuat anak gemar membaca Al-Quran dan dapat memahami isinya serta mengimplementasikannya menjadi seorang muslim yang membawa rahamat bagi seluruh alam dalam kehidupan sehari-hari. Demikian kata Dhony Rahajoe, Managing Director President Office Sinar Mas Land sekaligus Ketua Dewan Pembina Yayasan Muslim Sinar Mas Land.

Kriteria yang menjadi penilaian pada perlombaan tersebut, diantaranya membaca Al-Qur’an sesuai dengan ilmu Al-Qur’an atau tajwid dan membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Mama Papa serta adab peserta pada saat mengikuti lomba.

Program Berantas Buta Al-Qur’an

Sejak bulan April hingga Mei 2019 Program Berantas Buta Al-Qur’an telah menyelenggarakan kegiatan Training of Trainer (ToT) di Masjid Cikal BSD City. Kegiatan tersebut diikuti oleh 350 ratusan ustad dan guru mengaji dari 77 masjid di sekitar kawasan BSD City.

Ustad H. Muhammad Taslim selaku pencipta metode Mama Papa menuturkan bahwa metode pengajaran dengan sistem Mama Papa ini sangat mudah dipahami. Training ini dilakukan selama 3 jam kepada para ustad atau guru mengaji perwakilan masjid. Selanjutnya, ustad atau guru mengaji tersebut akan memberikan pengajaran membaca Al-Qur’an dengan sistem Mama Papa di setiap masjidnya. Para peserta ToT ini  juga akan mendapatkan alat peraga dan buku yang sudah disiapkan.

Photo 5

Kegiatan lomba baca Al-Qur’an, tanamkan cinta Al-Qur’an sejak dini di atas sebagai bagian dari program di bidang Community Development bernama SATU BSD (Silaturahmi AnTar Umat Berdikari, Sehat, Damai) yang dilaksanakan oleh Sinar Mas Land sejak tahun 2017. Tujuan program ini untuk meningkatkan rasa memiliki antar warga serta menggali potensi terkait kehadiran Kawasan BSD City. SATU BSD memiliki tiga pilar utama yaitu Berdikari, Sehat dan Damai, yang diwujudkan dalam berbagai bentuk kegiatan pengembangan masyarakat melalui program SATU BSD: Unity in Diversity.

 

 

 

 

3 thoughts on “Lomba Baca Al-Qur’an, Tanamkan Cinta Al-Qur’an Sejak Dini

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: