Lima Layanan AHU yang Penting Kita Ketahui

Dalam kehidupan sehari-hari kita sebagai warga negara tidak lepas dari tatanan hukum negara, yang menunjukkan kepatuhan kita kepada negara. Pada dasarnya, adanya hukum tersebut untuk ketertiban kita dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat dan berwarga negara Indonesia. Ada lima layanan AHU (Administrasi Hukum Umum) yang penting kita ketahui, sehingga kita dalam menjalankan aktivitas sehari-hari sudah sesuai dengan administrasi hukum umum.

OF3A2945.JPG

Lima Layanan AHU

Sebelum memasuki lima layanan AHU, pastinya kita harus mengetahui apa itu AHU? AHU akronim dari Administrasi Hukum Umum. Saya sendiri mengenal AHU ketika ingin melegalkan komunitas yang biasa saya ikuti dan berkeinginan untuk membuka usaha Bersama. Dari sini saya mencari tahu cara dan langkah-langkahnya.

Keinginan untuk mendaftarkan komunitas secara hukum, lahir dari berkembangnya komunitas yang memiliki hobi sama ini dengan bertambahnya anggota. Dalam wacana antar pengurus, tentunya sebagai warga negara ada keinginan menjadikan komunitas sebagai bagian dari yang terdaftar pada administrasi hukum Indonesia. Maka, saya pun menelusurinya lewat google dan menemukan website AHU.

OF3A6798

Dari hasil berselancar di media maya, saya menemukan bahwa AHU (Administrasi Hukum Umum) sangat penting diketahui oleh setiap warga negara. Masalah administrasi seringkali dianggap sepele, tetapi sesungguhnya itu merupakan hal yang penting kita ketahui dan jalani, sehingga dalam setiap aktivitas tidak melanggar atau bertentangan dengan aturan hukum Indonesia.

OF3A6781

AHU adalah Administrasi Hukum Umum yang pengembangannya hasil dari pemekaran Kementrian Hukum dan HAM RI pada tanggal 5 April 2000. Direktorat Jenderal AHU ini menangani dan melaksanakan tugas yang bersifat layanan.  Terdapat lima layanan yang ditangani oleh AHU, yaitu:

  1. Aneka administrasi Penunjang Kemudahan Berusaha

Saya yang memang berniat untuk membuka usaha bersama, maka mengetahui proses dan metode cara mendaftar usaha saya merupakan hal yang penting. Saya menelusuri bagaimana langkah-langkahnya. Hal tersebut ternyata selaras dengan program pemerintah yang menggenjot kinerja kemudahan berusaha (ease of doing business). AHU sebagai salah satu kontribusi yang mempercepat pembentukan badan usaha dengan mudah melalui layanan AHU Online, pendirian dan pengintegrasian CV (Comanditaire Venootschap) dan Perseroan Terbatas secara digital. Bukan hanya itu, kita juga bisa pesan nama perseroannya melalui AHU Online. Wow, alhamdulillah, kami semakin bertekad untuk berbisnis. Semoga Allah memudahkan bisnis yang akan kami jalani ini. Amiiin.

  1. Membangun Organisasi atau Perkumpulan

AHU juga ternyata melayani membuat organisasi atau perkumpulan, bukan hanya membuat CV atau PT untuk usaha saja. Kami yang berencana mendaftarkan komunitas atau perkumpulan secara hukum, bisa dilayani dengan mendaftar di AHU. Perkumpulan atau organisasi tersebut bisa yang bertujuan profit ataupun non-profit bisa mendaftarkannya secara online. Semua jenis perkumpulan, di antaranya bentuk Yayasan, Koperasi, dan Partai Politik (Parpol).

  1. Pengurusan Wasiat

Bagi yang sedang memiliki pengurusan wasiat, bisa juga menelusuri langkahnya di AHU. Pengurusan wasiat ini sebagai bentuk pemerintah dalam menjaga hak setiap warga negaranya. Kita sering mendengar masalah warisan, maka bagi  yang memiliki aset atau harta yang bisa bermanfaat buat keturunan kita, atau ada harta yang justru bisa disalahgunakan pihak lain, atau punya potensi konflik, ada baiknya membuat wasiat dan mendaftarkan ke Ditjen AHU. Bikin wasiatnya tetap di depan Notaris tetapi sebaiknya dilengkapi dengan pelaporan melalui AHU Online.

  1. Fidusia

Fidusia ini merupakan hal yang penting kita ketahui, apalagi di era pinjol atau pinjaman online saat ini. Hutang piutang atau kredit kendaraan atau elektronik yang semakin mudah, tetapi kita jangan sampai terjebak dengan kemudahan tersebut sehingga tidak mempelajari fidusianya.

Sebelum kita melakukan tanda tangan atau kesepakatan, kita sebaiknya mempelajari dan mengetahui mengenai Fidusia ini, dan bila bermasalah bisa menghubungi atau meminta bantuan layanan lewat AHU.

  1. Pelayanan Notaris

Untuk aktivitas hukum memang tidak lepas dari notaris. Nah, para notaris ini pun harus mendaftarkan dirinya melalui AHU, mulai dari pendaftaran notaris dan pendaftaran ujian pengangkatan notaris.

OF3A6804

Dari sini kita juga dapat mengetahui dan mengenal terhadap layanan dari AHU. Secara total ada 93 jenis layanan hukum yang dilayani oleh Ditjen AHU. Sebanyak 47 di antaranya sudah bisa dilayani melalui aplikasi AHU Online atau bisa diakses melalui ahu.go.id, dengan layanan berbasis online. Semantara 43 layanan sisanya masih manual.

Demikianlah, lima layanan AHU yang penting kita ketahui. Pada dasarnya layanan tersebut untuk membantu kita agar tertib berorganisasi dan bermasyarakat, sehingga negara kita menjadi negara yang aman, tertib dan sejahtera.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: