PERMIAS Philadelphia; Menjadikan Jamu sebagai Gaya Hidup Baru Generasi Muda

Bicara jamu, maka akan identik dengan budaya Indonesia. Jamu adalah obat tradisional berbahan alami warisan budaya yang telah diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi untuk kesehatan masyarakat Indonesia. Tidak ketinggalan dengan para mahasiswa dari Perhimpunan Mahasiswa Indonesia-Amerika Serikat (PERMIAS) Philadelphia yang menjadikan jamu sebagai gaya hidup baru generasi muda.

Senang rasanya ketika seorang kawan dari Philadelphia mengabarkan bahwa para mahasiswa yang tergabung dalam PERMIAS (Perhimpunan Mahasiswa Indonesia-Amerika Serikat) menyelenggarakan workshop yang bertema, “Suwe Ora Jamu: Celebrating “Jamu” as a New Lifestyle for the Young Generation. Bekerja sama dengan brand Suwe Ora Jamu, workshop ini sebagai salah satu bentuk kecintaan kepada budaya Indonesia dalam perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-74.

Bertempat di Cafe Square One, Philadelphia, pada hari Ahad, 8 September 2019, PERMIAS bersama Suwe Ora Jamu yang dipimpin oleh Ibu Nova Dewi selaku pendiri Suwe Ora Jamu memperkenalkan dan menyajikan jamu sebagai tradisi budaya Indonesia. Meskipun brand Suwe Ora Jamu sudah mengemas jamu dengan kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemana-mana, tetapi isi kandungan jamu sangat terjaga dan masih alami.

Pengemasan jamu dalam bentuk kemasan menjadi salah satu daya tarik bagi generasi muda dalam menikmati jamu. Audrey Tirtaguna selaku Public Realtion PERMIAS Philadelphia sekaligus inisiator acara ini menuturkan bahwa pengemasan jamu ini yang membawanya tertarik dengan brand Suwe Ora Jamu, kebetulan Ibu Nova Dewi sedang alam kunjungan ke Ameriak Serikat.

Bukan hanya mahasiswa Philadelphia, tetapi beberapa mahasiswa dan komunitas Indonesia yang ada di seputaran Newyork, New Jersey dan Washington DC. Bukan hanya tester jamu, tetapi presentasi dan diskusi seputar pembuatan jamu oleh Ibu Nova. Bahkan, ada praktek pembuatan jamu yang mudah dan dapat diikuti oleh para peserta.

Mendengar antusiasme para mahasiswa di Philadelphia mengingatkan betapa pentingnya dalam menjaga budaya dalam kehidupan sehari-hari. Jamu merupakan aset bangsa yang harus terus dikembangkan karena jamu tidak hanya sebagai obat tradisional, tetapi juga sebagai warisan budaya yang menyentuh aspek ekonomi dan sosial.

Meminum jamu dapat menjaga kesehatan dengan sedikit efek samping. Kebanyakan orang mengonsumsi jamu untuk menjaga kesehatannya, memelihar kecantikan tubuh, suplemen penambah tenaga dan gairah hidup.

Jamu terdiri dari tanaman obat memberikan dampak yang terlihat lambat tetapi bersifat memperbaiki. Oleh karena itu, jamu sering digunakan sebagai kombinasi pengobatan untuk mengobati penyakit kronis, Pengobatan dengan menggunakan tanaman obat memiliki beberapa keuntungan, yaitu relatif aman untuk dikonsumsi, memiliki toksisitas yang rendah serta tidak meninggalkan residu.

Audrey berharap bahwa jamu dapat diperkenalkan kembali secara komprehensif. Konsep Suwe Ora Jamu sebagai jamu kaum milenial dapat merebut hati dan selera generasi muda sekaligus melestarikan jamu Indonesia. Sebagai generasi muda yang cinta budaya Indonesia dan aktif berorganisasi, PERMIAS Philadelphia menjadi salah satu wadah dalam bersilaturahim dan mengenalkan seni, budaya dan tradisi masyarakat Indonesia. Lebih detailnya sebagai wadah kreatiftas mahasiswa Indonesia di Philadelphia yang juga mampu memperesentasikan generasi muda Indonesia yang maju di era digital milenial sekaligus bisa mengangkat dan memperkanalkan budaya Indonesia yang kaya kepada masyarakat internasional, terutama Ameria Serikat.

PERMIAS Philadephia sendiri memiliki empat orang pengurus utama, yaitu Gracelynn Soesantu selaku ketua, Bianca Goenawan selaku wakil ketua, Rahelita Haryono selaku project manager dan Audrey Tirtaguna selaku public relations.

Dalam sambutannya, Gracelynn memaparkan bahwa sebagai generasi muda yang tinggal jauh dari tanah air, sudah sepatutnya kita bangga membawakan budaya Indonesia yang kaya dan luar biasa. Mampu menghargai budaya bangsa, berarti kita mampu menghargai diri kita sendiri. Lebih lanjut dengan tegas Gracelynn menyebutkan bahwa dia berdama para pengurus PERMIAS Philadelphia berharap untuk terus bisa melestarikan aspek budaya Indonesia yang lainnya di Kota Philadelphia. Untuk kami, mempromosikan budaya Indonesia itu penting, baik untuk masyarakat Indonesia sendiri di Ameria maupun kepada masyarakat internasional.

Demikianlah, jamu yang merupakan salah satu warisan budaya Indoensai yang sudah seharusnya dilestarikan adalah akar budaya penting dalam kebudayaan Indonesia. Jamu sudah rutin dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia sejak dulu sebagai minuman kesehatam maupun penyegar tubuh. Terdapat tiga aspek manfaat jamu, yaitu kesehatan, ekonomi dan sosial budaya. Maka, senang rasanya mendapat kabar PERMIAS Philadelphia; menjadikan jamu sebagai gaya hidup baru generasi muda.

Advertisements

One thought on “PERMIAS Philadelphia; Menjadikan Jamu sebagai Gaya Hidup Baru Generasi Muda

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: