Aktivitas Lancar dengan Laptop Ngebut Tenaga AMD Ryzen

Aktivitas lancar dengan laptop ngebut tenaga AMD Ryzen, itu yang saya rasakan saat ini. Sudah lama saya mengenal AMD, tepatnya sejak tahun 2011 ketika mengganti laptop dengan mencari kemampuan grafis. Ketika memilih laptop, saya mencari notebook yang 11 inch dengan performa grafis yang bagus. Dengan kata kunci grafis, yang saya temukan notebook HP dengan performa prosesor AMD, saat itu menggunakan AMD Athlon.

Dalam pencarian laptop terbaik di google, saya mencari spesifikasi dan perbandingan yang menurut saya bagus dan murah selama dua minggu lebih. Ketika membeli laptop tersebut, saya bermaksud untuk belajar desain grafis. Kebetulan pekerjaan saya bergelut pada bidang penerbitan, menjadi editor dan penulisan, layout buku menjadi skill atau kemampuan yang ingin saya kuasai. Maka, dengan kata kunci desain grafis, saya melakukan pencarian laptop bagus dan murah.

Alhamdulillah, saya mendapatkannya. Saya pun langsung menuju ke toko yang telah direferensikan dengan harga termurah dari jenis laptop tersebut. Ketika menggunakannya, saya sangat senang karena AMD beneran cepat dan tidak mengecewakan. Loadingnya yang cepat dan multimedianya bagus.

Cukup lama saya menggunakan laptop tersebut. Tahun 2018 kemaren saya baru menggantinya dengan laptop baru. Kali ini yang saya cari memori laptop yang tinggi, karena pengalaman sebelumnya dengan memori yang penuh aktivitas kecepatan menggunakan laptop berkurang. Bisa juga karena usia laptop yang sudah lama, maka performa menurun. Tetapi, saya melihatnya karena memori laptop yang penuh, banyak file yang bertahun-tahun menumpuk dan buang sayang, akhirnya menjadi beban dari kecepatan aktivitasnya.

Saya pun mencari memori tinggi dan tipis karena untuk meringankan kalau dibawa mobile atau jalan-jalan. Saya menemukan laptop ultrabook. Namun, karena saya merasakan perbedaan pada multimedia dan grafis meskipun tipis dan memori tinggi, maka dalam jarak 3 bulan, saya memilih menggantinya dan mencari yang sesuai dirasakan sebelumnya.

Saya kembali ke pencarian laptop dengan grafis dan memori yang tinggi atau lumayan tinggi, serta harga murah. Akhirnya saya menemukan laptop HP kembali dengan prosesor AMD Ryzen 5.

Setelah beberapa bulan menggunakan AMD Ryzen 5 dengan Radeon Vega Graphics, saya merasa lancar dalam aktivitas bekerja pada laptop tersebut. Ketika membuka laptop dan nyalain power, langsung nyala dan bisa aktivitas, tidak mesti nunggu beberapa menit untuk membuka setiap aplikasi.

Jumat, 30 Agustus 2019, saya mendapat pencerahan mengenai AMD dan jawaban kenapa ketika memilih laptop lebih memilih AMD. Dengan narasumber Armawati Chen selaku Brand Development Manager dan Donnie Brahmandhika selaku Produk and Retail Enablemen Manager, mereka menjelaskan product knowledge AMD.

Apa itu AMD?

Tahukah apa itu AMD? Saya sendiri memilih AMD karena adan grafisnya, kalau arti AMD sendiri saya belum tahu. Armawati Chen selaku Brand Development Manager memaparkan sejarah perkembangan AMD. AMD adalah Advanced Micro Device, suatu perusahaan semikonduktor multinasional yang berbasis di California dengan mengembangkan prosesor komputer dan teknologi yang terkait untuk pasar konsumen dan komersial.
Produk yang diproduksi AMD di antaranya mikroprosesor, chipset motherboard, embedded prosesor kartu grafis (GPU) dan prosesor untuk server, workstation dan komputer pribadi (PC), dan teknologi prosesor untuk perangkat genggam, televisi digital, mobil, konsol game, data center, medical imaging, avionics cockpit display system pada pesawat, digital casinong gaming dan aplikasi lainnya yang terdapat pada sistem.

AMD berdiri tahun 1969, sekarang telah menjadi pemasok global mikroprosesor kedua dunia dan pemasok pengolahan grafis ketiga dunia. Kini, AMD sudah berumur 50 tahun dengan selalu berinovasi untuk memberikan performa komputasi terbaik dengan inovasi terbaru AMD Ryzen prosesor Mobile Generasi Kedua dan AMD Athlon prosesor mobile dengan teknologi kartu grafis Radeon Vega yang bekerja secara optimal untuk berbagai form faktor laptop di Indonesia.

Untuk spesifikasi dari AMD Ryzen Mobile Prosesor merupakan prosesor tercepat untuk laptop tipis dengan menggunakan arsitektur Zen yang handal dan efisien, serta fabrikasi 12nm FinFET terbaru, menghadirkan kinerja CPU dan daya yang lebih efisien dimana AMD Ryzen Mobile Presessor 2 Generatioan 3000 Series ini juga dirancang untuk memberikan pengalaman komputasi mobile terbaik, performa komputasi bertenaga, dan ketahanan baterai serta performa kartu grafis Radeon Vega yang bertenaga untuk bermain game serta kegiatan olah grafis lainnya.

Laptop saya masih generasi 2000 series, performanya terasa sekali dengan kecepatan dan aktivitasnya yang lancar, apalagi yang generasi 3000 series. Sebetulnya saya mengincar laptop yang ringan dengan performa prosesor yang bagus, sayang baru beli laptopnya sebulan yang lalu. Dengan paparan ini saya jadi tahu memilih laptop yang bagus, karena selama ini beli laptop mengikuti feeling dan berpatokan pada kata kunci grafis. Penjelasan Mbak Armawati dan Mas Dedi menjadi wawasan dan pengetahuan dalam memilih laptop, kebetulan saya sering diminta tolong kantor untuk mencari jenis laptop yang bagus. Malah beberapa teman juga suka minta tolong dicarikan laptop untuk anak yang bagus buat games.

Untuk kebutuhan gaming, Donnie Brahmandhika selaku Produk and Retail Enablemen Manager menjelaaskan bahwa AMD Ryzen Mobile Prosesor 2 Generasi 3000 H Series memiliki performa yang lebih bertenaga dan lebih tangguh. Kita dapat merasakan pengalaman gaming dan membuat kreasi konten yang profesional dengan lebih baik dan maksimal. AMD Athlon pun kembali hadir dengan perangkat yang lebih bagus dari generasi sebelumnya.

Prosesor ini sudah ada di berbagai merek laptop, seperti HP, ASUS, ACER, dan Lenovo. Saya sendiri sebetulnya tanpa melihat merek, yang saya cari hanya kata kunci grafis yang bagus. Ketika pilihan jatuh me AMD Gen Ryzen, sesuai dengan slogannya, prosesor cerdas, maka saya dapat bekerja multitasking di laptop dengan bisa membuka banyak aplikasi, simpan aplikasi lebih responsif dan efisensi, daya lebih mutakhir dengan penyimpanan bateri yang lama bisa digunakan cukup lama tanpa mesti ada colokan. Sebagai seorang freelancer dengan aktivitas nmenulis dan meneliti, penyimpanan bateri yang awet ini penting, karena tidak selamanya menemukan tempat yang enak nulis ada colokan listriknya.

Bukan hanya itu, ngeblog dan aktif di netizen menjadikan edit foto dan video sebagai kegiatan sehari-hari dilakukan. Saya pun merasa tertolong ketika mengerjakan deadline video dengan hanya menggunakan bawaan windows saya dapat mengedit video dengan lancar dan cukup baik, apalagi bila menggunakan aplikasi khusus edit video.

Paparan Mbak Arma dan Mas Deddy ini mengukuhkan bahwa feeling pemilihan laptop saya tepat. Sejak awal AMD menjadi pilihan ketika memilih laptop, sempat beralih, tetapi hanya kuat beberapa bulan saja, saya pun memilih kembali AMD. Aktivitas Lancar dengan Laptop Ngebut Tenaga AMD Ryzen. Kali ini AMD Ryzen 5 beneran cepat, sangat membantu kemudahan bekerja dan membuat asik beraktivitas di laptop.

Advertisements

4 thoughts on “Aktivitas Lancar dengan Laptop Ngebut Tenaga AMD Ryzen

Add yours

  1. Kebeneran yul aku juga lagi spanneng aja nih sm lappy, belet bangettt. Butuh yg cepet sih nih kaya AMD. Thanks yul infonya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: