Garut, merupakan salah satu kota yang dikenal dengan Swiss Van Java. Julukan yang menunjukkan keindahan alam Garut seperti Swiss, kota di Eropa yang terkenal dengan keindahan alamnya. Bagi yang ingin menelusuri keindahan Garut, untuk penginapannya bisa dengan booking hotel di Garut lebih mudah dengan Traveloka lebih mudah. Salah satu aplikasi yang dapat membantu perjalanan Anda.

Garut, daerah yang berada di wilayah Provinsi Jawa Barat ini memiliki keindahan alam dan sejarah yang menarik. Julukan Swiss Van Java diberikan oleh Belanda karena keindahan alam. Bukan hanya itu, Garut terknal juga dengan wisata, seni, budaya, ekonomi kreatif dan kearifan lokalnya.

Sudah lama saya menginginkan berkunjung ke Garut, ada banyak tempat yang ingin saya kunjungi. Tempat-tempat wisata dan sejarah yang dapat ditelusuri dan dinikmati, baik sendiri, bersama keluarga maupun bersama teman untuk menjelajah Garut, di antaranya:

  1. Talaga Bodas. Tempat wisata alam ini menyajikan keindahan alam kawah gunung Talaga Bodas. Talaga memiliki arti danau, sedangkan bodas berarti putih. Secara harfiah dapat diartikan sebagai danau putih. Berkunjung ke tempat ini sudah lama saya inginkan, karena di sana suasana alamnya sangat indah dan masih alami. Saya pun coba telusuri rute atau jalur menuju ke sana, yang ternyata lumayan dekat dengan pusat kota dan penginapan, sehingga bisa booking hotel di Garut dengan Traveloka.
  2. Gunung Papandayan. Gunung ini sudah tidak asing lagi bagi para pendaki gunung, tetapi bagi para traveler atau wisatawan juga sangat mudah didaki. Ada banyak pesona alam yang terdapat sejak berada di kaki gunung hingga ke puncak gunung. Pesona Gunung Papandayan tersebut di antaranya kawah belerang, padang edelweis, dan hutan mati.
  3. Pantai Sancang dan Sontolo. Pantai Sancang berada di kawasan hutan lindung Sancang. Hutan yang mistis dan penuh cerita legenda tentang Prabu Siliwangi. Di sini terdapat petilasan Prabu Siliwangi dan sebagai tempat ngahyang atau menghilangnya dia menyatu dengan alam. Adapun Pantai Sentolo, pantai sebagai salah satu pantai yang juga memiliki eksotika pantai yang indah. Pantai Sontolo menjadi salah satu yang dapat dikunjungi dengan keindahan pantainya. Di sini juga dapat menikmati kuliner makanan laut dengan murah karena langsung dari para nelayan.
  4. Air terjun atau Curug Sanghyang Taraje. Air terjun atau curug Sanghyang Taraje ini terletak di Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan, kurang lebih 50 kilometer dari kota Garut. Curug yang indah dengan mitos tentang legenda Sangkuring ketika mengambil bintang untuk Dayang Sumbi. Konon, di sini tempat penyimpanan harta karun Sangkuriang.
  5. Kabuyutan Ciburuy. Kabuyutan Ciburuy merupakan kampung adat yang masyarakatnya masih memegang teguh adat istiadat kesundaan. Sudah lama saya menginginkan datang ke daerah sini, karena di kampung inilah ditemukan manuskrip tua yang dikenal dengan Amanat Galunggung. Bagi para pecinta manuskrip dan budaya, naskah Amanat Galunggung melegenda dan menjadi referensi kutipan ketika berbicara tentang sunda dan kesejatian makna hidup serta kesundaan.

Meskipun semuanya berada di Garut, tetapi tempat-tempat tersebut memang tidak satu garis rute perjalanan. Hal yang terpenting, untuk menikmatinya membutuhkan waktu beberapa hari, setidaknya seminggu atau dua minggu untuk menikmati keindahan dan cerita Garut. Waktu yang cukup lama, bukan? Namun tidak perlu khawatir karena ternyata bisa juga waktunya diberi jeda, meski nanti bolak balik ke Garut tetapi kan tempatnya berbeda-beda.

Dengan perkembangan digital, sekarang bisa booking hotel lebih mudah dengan aplikasi Traveloka. Termasuk dengan tiket kereta atau sewa kendaraannya. Maka, berwisata atau jalan-jalan ke Garut pun lebih asik dan menarik. Gimana cara bookingnya?

  • Buka aplikasi Traveloka
  • Klik menu hotel
  • Ketik tempat tujuan wisata, contoh, pantai sentolo. Maka, ketik pantai sentolo Garut di kolom hotel near your location.
  • Chec-in, klik waktu untuk menginap di sana.
  • Stay Duration, maka ketika berapa lama untuk menginap.
  • Total guest, isi jumlah orang yang menginap.
  • Rooms, dan isi jumlah kamar yang dibutuhkan.

Setelah menemukan tempat penginapan yang cocok sesuai dana keuangan dan kebutuhan, maka klik booking. Cepat kan? Maka, booking hotel di Garut lebih mudah dengan Traveloka.

Advertisements