Frances Caitlin Tirtaguna; Merawat Budaya Betawi di Dunia Maya dengan Website Setubabakanbetawi

Frances Caitlin Tirtaguna; merawat budaya Betawi di dunia maya dengan website Setubabakanbetawi menjadi hal inspiratif yang lahir dari generasi millenial. Sungguh sebuah bibit kesadaran yang memberi harapan, bahwa sesungguhnya para generasi millenial memiliki kesaadaran tinggi dalam menjaga budaya bangsa dan peradaban Nusantara.

Nusantara merupakan bangsa yang besar dengan ragam budaya dan adat istiadat. Di antara ribuan suku yang berada di Indonesia, Betawi salah satu suku yang memiliki peran penting dalam pengembangan peradaban Nusantara.

Betawi dipilih menjadi pribumi yang daerahnya menjadi ibukota negara. Yups, Kota Jakarta sebagai daerah Betawi menjadi ibukota Jakarta sekaligus pusat bisnis Indonesia.Jakarta telah tumbuh menjadi pusat pemerintahan dan bisnis Indonesia.

Kota ini terus tumbuh dan berkembang menjadi kota metropolitan. Namun, masyarakat Betawi selaku penduduk asli Jakarta, dalam perkembangan zaman, tak ingin lepas dari budaya dan adat istiadat para leluhur, mereka pun bersinergi dalam membuat perkambungan budaya Betawi Setu Babakan.

Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sudah lama saya tahu, hanya saja baru sekarang dapat berkunjung ke tempat yang menghadirkan budaya Betawi, baik dari seni arsitektur bangunan rumah dan interiornya, kesenian, kuliner dan kerajinannya.

Berada di kawasan Setu Babakan, suatu setu buatan dengan luas sekitar 30 hektar. Kampung Budaya Betawi ini diresmikan tahun 2000 berdasarkan SK Gubernur DKI Jakarta, nomor 92 tahun 2000. Dibentuknya Kampung Budaya Betawi memang dilihat dari penduduknya sendiri yang masih memegang teguh tradisi Betawi, dalam berkehidupan sehari-hari.

Di sini, kita akan mengenal lebih dalam adat dan kesenian Betawi. Pemerintah pun membuat miniatur komplek perumahan ala Betawi dengan hall pertunjukan terbuka yang megah untuk acara atau tampilan kesenian Betawi.

Frances Caitlin Tirtaguna dan Website Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan

Frances Caitlin Tirtaguna

Remaja putri inspiratif ini menuturkan awal mula pembuatan website dan pengembangannya. Bermula dari tugas penelitian dua tahun lalu, Frances tertarik untuk turut andil dalam melestarikan budaya lewat media online.

Frances merupakan sosok energik dan penuh semangat, dan salut dengan keinginannya untuk terus belajar. Hal ini terlihat dari ketekunannya dalam mempelajari budaya Betawi selama dua tahun lebih. Dalam masa pembelajarannya di Setu Babakan tersebut, Frances telah menghasilkan satu buku yang berjudul, Ondel-ondel Bingung. Buku yang menyajikan budaya Betawi ala generasi millenial. Tentu sangat menarik untuk dibaca bukunya.

Frances Caitlin yang berusia 16 tahun dan fasih berbahasa Inggris ini menginisiasi pembuatan website perkampungan budaya Betawi Setu Babakan. Website yang dibuat dengan survei dan penelitian panjang mengenai budaya Betawi.

Website Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan

Website Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan dengan alamat setubabakanbetawi.com menyajikan berbagai tradisi dan seni Betawi. Di sini tersajikan dengan Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Dunia maya sebagai area global sehingga informasi dengan menggunakan Bahasa Inggris sangatlah penting untuk mengenalkan budaya Betawi.

Website yang dibuat oleh France dan tim ini, pada hari Rabu, 15 Mei 2019, bertempat di Setu Babakan, website setubabakanbetawi.com diserahkan kepada PBB PUK Setu Babakan selaku pengelola perkampungan budaya Betawi Setu Babakan.

Website ini terdiri dari menu Beranda, Tentang Kami, Ragam Budaya, Wisata, Acara, Editorial, dan Mitra Pedagang. Pada setiap menu tersebut terbagi lagi menjadi beberapa kategori. Untuk lengkapnya bisa dilihat dan cari informasi Betawi di website tersebut.

Website menjadi bagian penting dalam promosi wisata sekaligus mengenalkan budaya. Setu Babakan yang letaknya tidak jauh dari Stasiun Lenteng Agung ini mudah dijangkau, dan area yang dikelola oleh PBB PUK Setu Babakan, saya melihatnya sudah termasuk standar MICE (Meeting, Insentive, Confrensi dan Exhibation) , jadi bagi yang ingin mengadakan MICE bisa menghubungi pengelola.

Dalam hal ini, hadirnya website menambah jangkauan penyebaran budaya Betawi lebih luas. Frances Caitlin Tirtaguna; merawat budaya Betawi di dunia maya dengan website setubabakanbetawidotkom.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: