Tags

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri atas banyak pulau dengab kondisi geografis dan iklim yang berbeda. Partisipasi masyarakat sangat penting dalam pembangunan mengingat masyarakat lebih mengetahui berbagai permasalahan dan potensi sumber daya yang ada sehingga memudahkan dalam proses perencanaan dan pelaksanaan pembangunan. Dengan Forum PUSPA; bersinergi dan berinovasi, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bidang Partisipasi Masyarakat mengaplikasikannya secara berkala dan rutin.

Dalam rangkaian Rakornas Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang berlangsung dari hari Selasa sampai Jumat, 23 – 26 April 2019, Forum PUSPA (Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak) hadir dari berbagai daerah di Indonesia.

Pembangunan merupakan suatu orientasi dalam kegiatan usaha memajukan bangsa tanpa akhir, selain itu pembangunan merupakan proses pewujudan cita-cita negara untuk mewujudkan masyarakat yang makmur dan sejahtera secara merata di seluruh wilayah Indonesia.

Pembangunan tersebut membutuhkan pertisipasi masyarakat, sehingga hasil dari pembangunan yang dilakukan nantinya diharapkan dapat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dari masyarakat. Maka, membangun sinergisitas partisipasi masyarakat sangatlah penting dalam Forum PUSPA untuk bersinergi dan berinovasi.

Forum PUSPA yang dihadiri oleh berbagai perwakilan lembaga masyarakat dari berbagai daerah sharing atau berbagi kegiatannya. Perwakilan Forum PUSPA Provinsi Sumatera Selatan, Ibu Nelly Rusdiana tuturkan programnya tentang diskusi dan pelatihan keseteraan gender pada laki-laki.

Ibu Sunateri Mambaya selaku Perwakilan Forum PUSPA Provinsi Sulawesi Selatan juga ungkap kegiatan PUSPA di daerahnya dengan training dan pelatihan keahlian bagi para perempuan. Ada juga Ibu Badriyah, selaku Perwakilan dari Forum PUSPA Provinsi Sumatera Utara yang berbagi Pesisir Ramah Anak.

Sharing dari berbagai perwakilan Forum PUSPA daerah menunjukkan bahwa sesungguhnya dibutuhkan sinergi dan inovasi dalam pelaksanaannya. Dalam hal ini, KPPPA Bidang Partisipasi Masyarakat menyajikan talkshow inovasi dan peluang dana dalam berbagi di Forum PUSPA.

Talkshow tersebut menyajikan tentang ADD (Anggaran Dana Desa) dan CSR (Corporate Sosial Responsibility) yang dapat menjadi peluang dalam pendanaan untuk kegiatan partisipasi publik. Untuk ADD, peraturannya sudah tertuang pada Undang-Undang No. 23/2014, sedangkan CSR pun sudah tertuang dalam UU No. 40 Tahun 2007.

Untuk inovasi, pemerintah sejak tahun 2014 menggelar inovasi bagi pelayanan publik. Inovasi ini memang pesertanya dari para pelayan publik, namun inspirasinya dapat dikembangkan oleh siapa pun.

Kegiatan Forum PUSPA ini ada banyak ilmu dan wawasan yang menginspirasi dalam berpartisipasi masyarakat. Forum PUSPA; bersinergi dan berinovasi suatu langkah dalam melanjutkan saling membahu dalam bermasyarakat.

Advertisements