Menjelang Bulan Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi. Rumah zakat luncurkan InfakId dan LelangBintang. Platform ini hadir sebagai salah satu bentuk kemudahan bagi para muzzaki (para pemberi zakat) dalam menyalurkan zakat, infak dan sedekahnya.

Selasa, 2 April 2019, Rumah Zakat sebagai salah satu lembaga zakat, infak dan sedekah meluncurkan platform infakid dan lelangbintangdotcom. Kedua platform ini diharapkan dapat memudahkan dalam berbagi.

Nur Efendy, CEO Rumah Zakat dalam sambutannya memaparkan bahwa InfakId dan LelangBintang lahir untuk memudahkan dalam berbagi. Rumah zakat hadir sebagai lembaga yang komitmen dengan pilantropi, sehingga menjelang bulan Ramadhan tahun 2019 ini, Rumah Zakat kembali menguatkan campaign Ramadhan Berdaya untuk Indonesia dan Dunia.

Dalam target pencapaiannya Ramadhan tahun ini, Rumah Zakat menargetkan untuk memberikan layanan program kepada 319700 penerima manfaat di 1.440 Desa Berdaya di seluruh Indonesia dan di 3 negara atau naik 53% dari tahun 2018.

Lebih detail lagi dari Program Ramadhan Berdaya 2019 dengan berbuka puasa bersama 145.000 penerima manfaat, kado lebaran yatim dengan 17.000 penerima manfaat, bingkisan keluarga pra sejahtera pada 8.7000 penerima manfaat, syiar quran dengan 14.000 penerima manfaat. Lalu ada janda berdaya dengan 3000 penerima manfaat dan lebaran bebas hutang.

Dari paparan tersebut di atas menunjukkan bahwa capaian yang ingin dijalankan adalah kesejahteraan umat dan kenikmatan dalam berpuasa. Dalam hal ini, bulan Ramadhan menjadi bulan yang penuh berkah dan karamah bagi setiap insan yang menjalankan laku kehidupan.

Ramadhan Berdaya menjadi suatu hal yang ingin dijalankan ketika dalam menjalankan kehidupan sehari-hari tidak lepas dari laku dan niat ibadah. Laku puasa bukan lagi sebagai menahan makan dan minum, tetapi menjadi latihan dalam menahan hawa nafsu atau mengelola emosi.

Kesadaran berpuasa ini memberi spirit untuk berbagi, baik materi atau lainnya. Kesadaran bahwa pada kehidupan ini hanya sementara, dan materi yang kita nikmati tidak lepas dari peran orang-orang di sekitar kita. Oleh karena itu, puasa menjadi laku ibadah yang memberi kesadaran bahwa sesungguhnya jiwa dan raga berada dalam kehendak Tuhan, Allah SWT.

Di era digital sekarang ini, smartphone sudah menjadi gaya hidup yang tidak lepas dari keseharian kita. Oleh karena itu, Rumah Zakat memudahkan para donatur dalam menjalankan aktivitas zakat, infak dan sedekahnya lewat platform InfakId dan LelangBintang.

Irfan Nugraha dari InfakID dan LelangBintang memaparkan bahwa inspirasi dua platform ini hanya untuk memudahkan dalam menjalankan ibadah. Kedua platform ini bermitra dengan fintech atau mitra payment seperti LinkAja, OVO, Gopay, Kaspro, dan Doku. Hal ini untuk memudahkan berbagi di channel dan mitra marchen di seluruh Indonesia.

Para mitra marchen memaparkan inovasi dari infakID bahwa dengan platform ini akan memudahkan masyarakat dalam bersedekah. Bukan hanya para orangtua, remaja atau anak-anak pun bisa berbagi dan bersedekah.

Adapun Lelangbintang.com adalah platform penggalangan dana (fundraising) online premium yang mendorong keberadaan fans menjadi semakin bermakna bagi influencers dan bagi kebaikan dunia. Ada banyak para bintang yang melelang barang-barang kesayangannya. Bukan hanya barang, mereka juga ada yang melelang puisi.

Para bintang ini seperti Tengku Wishnu, Oki Setiana Dewi, Pasha Ungu, dan Topi Tompi. Hasil lelang ini didonasikan untuk pemberdayaan masyarakat dan kemanusiaan serta bencana.

Dalam testimoninya, Oki memaparkan bahwa dengan adanya LelangBintang ini sesungguhnya sangat membantu dirinya dalam mengurangi barang-barang yang sudah tidak digunakan. Daripada menumpuk dengan kemubaziran, maka melelangnya menjadi suatu solusi dalam mengurangi barang-barang yang sudah tidak digunakannya.

Untuk ke depennya, Irfan menuturkan bahwa bukan hanya para bintang, tetapi siapa saja yang ingin melelang barang kesayangannya bisa melalui lelangbintang. Saya sendiri melihatnya sebagai sebuah solusi bagi barang-barang kesayangan yang menumpul, lebih baik didonasikan untuk berbagi daripada menumpuk berdebu dan usang.

Menghadapi Bulan Ramadhan yang penuh berkah dan ampunan, Rumah Zakat luncurkan InfakId dan LelangBintang sebagai solusi dalam berbagi dan berinfak sukarela dengan mudah dan ringan. Semudah bermain media sosial dan seringan smartphone yang digunakan. Yuk, Ramadhan Berdaya dengan berbuat kebaikan sebanyak-banyaknya. Fastabiqul khairat…

Advertisements