Rasa, Bolak Balik Selera

Soal rasa, ada banyak variannya. Semua bercerita tentang berbagai emosi yang disarakannya. Seolah jiwa menyertai dan hadir ketika rasa itu muncul ke permukaan.

Jika hidup ini ibarat lautan dan raga ini ibarat bahtera, maka apa yang dirasa ketika diri seperti benda mati yang terpaut silogisme miris dan ringkih.

Sungguh kehidupan yang dirasa tidak abadi bak bolak balik selera tergantung yang hingga di dalam raga. Semua berputar dengan jalinan yang mendera antara satu raga dengan raga lainnya dalam gelombang jiwa yang berbeda-beda.

Seumpama diri ibarat perjalanan bahtera pada luasnya lautan, maka itu ada di antara dua bagian yang seiring dan sejalan.

Bicara rasa, apakah bolak balik selera?

Kadang iya, dan bukan. Semua membahana dalam gelombang-gelombang kehidupan. Derapnya ada di antara dua titian yang berbeda dengan keterwakilan pada jiwa-jiwa yang hadir dengan berbagai cerita.

Kisahnya bermula dari seorang pujangga yang berkelana, mencara rasa di antara jiwa-jiwa yang ditemuinya. Dia menderu dan terdiam menatap setiap orang dengan mengamati dan memaknai rasa yang hadir.

Sungguh sang pujangga terpana dengan setiap gejolak rasa yang hadir. Meski berkali-kali rasa datang, tetapi emosinya selalu pekat dan melekat, bahkan sering terseret dalam gelap yang mendekap.

Emosi hadir bukan hanya dalam kata, bahkan tatapan pun melahirkan berbagai variasi emosi. Sebuah kata bisa sangat mengaduk-aduk jiwa, sehingga tak heran bila sebuah huruf menjadi penentu hidup atau mati seseorang.

Sungguh pujangga ingin tertawa sambil menangis dua keadaan yang berbeda tetapi berada pada satu rasa. Pengejawantahannya tak dapat terlukis kata, namun dalam barisan aksara dapat terbaca tanpa jeda.

Sang pujangga kembali berjalan menelusuri rasa, bolak balik selera yang ternyata itu belum memuaskannya dalam sebuah titik rasa yang berubah tanpa pembalikan yang tertera.

Wallahu’alam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: