Gerakan Gelombang Wakaf oleh Rumah Zakat

Ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh seseorang untuk menolong sesama, baik secara infrastruktur maupun langsung. Salah satunya adalah wakaf. Amalan wakaf sangat besar artinya bagi kehidupan sosial ekonomi, kebudayaan dan keagamaan. Islam meletakkan amalan wakaf sebagai salah satu macam ibadah yang amat digembirakan. Oleh karena itu, gerakan gelombang wakaf oleh Rumah Zakat memberi pengaruh penting bagi umat.

Wakaf merupakan ibadah untuk mendekatkan diri pada Allah Swt yang berkaitan dengan harta benda. Wakaf sebagai salah satu instrumen dalam Islam untuk mencapai tujuan ekonomi Islam, yaitu mewujudkan kehidupan yang sejahtera.

Ada banyak kisah yang menunjukkan bahwa dengan berwakaf, masyarakat menjadi lebih sejahtera dan meningkat ekonominya. Oleh karena itu, dalam Islam amalan wakaf memiliki kedudukan yang sangat penting seperti halnya zakat dan sedekah.

Selasa, 12 Februari 2019, Rumah zakat meluncurkan gerakan baru untuk terus menebar kebaikan bagi Indonesia dan dunia. Saat ini, Rumah Zakat mulai dengan Gerakan Gelombang Wakaf. Peresmian gerakan ini menandakan langkah besar Rumah Zakat telah dimulai untuk dapat mewujudkan visi menjadi filantropi kemanusiaan dan pemberdayaan. Visi kemanusiaan ini akan diwujudkan salah satunya dalam bentuk satu rumah sakit, delapan klinik, dan 18 sekolah.


Wakaf sendiri memiliki peluang besar untuk dapat dijadikan sebuah sumber yang menghasilkan produktivitas bagi masyarakat. Rumah zakat telah membuktikan ini dalam kiprahnya selama 20 tahun dan mampu memberdayakan 30 juta penerima layanan manfaat, membuat 18 sekolah dan 8 klinik. Rumah Zakat akan diwujudkan dalam 5323 desa berdaya dan 200 hektar kebun produktif, serta 50000 UMKM di seluruh Indonesia.

Gerakan ini merupakan sebuah respon dari data yang dikeluarkan oleh BWI (Badan Wakaf Indonesia), yang menyebutkan bahwa potensi wakaf uang di Indonesia mencapai Rp.1800 Triliun, sedangkan wakaf uang yang baru dimanfaatkan baru mencapai Rp.400 milyar di tahun 2018.

Hal tersebut dilatarbelakangi oleh minimnya edukasi wakaf di Indonesia terutama bagi generasi milenial. Ditambah saat ini sebagian masyarakat hanya mengenal wakaf dalam bentuk harta tidak bergerak saja yang identik dengan wakaf tanah dan bangunan. Dalam aturannya, wakaf bisa berbentuk uang, emas, mobil, dan baranng lainnya yang bisa digunakan untuk kepentingan sosial, bahkan apabila wakaf dikelola dengan baik oleh lembaga wakaf atau nazhir, hasil dari wakaf produktif tersebut bisa mensejahterakan masyarakat Indonesia.
Dalam sambutannya, Nur Efendi selaku CEO Rumah Zakat memaparkan bahwa dengan adanya campaign Gelombang Wakaf, maka memberikan edukasi dan keterlibatan masyarakat terutama generasi milenial terhadap program wakaf. Rumah zakat akan mengedukasi masyarakat melalui seminar di seluruh Indonesia dan aktivasi melalui media sosial. Selain itu, komunitas wakaf juga bertujuan untuk melibatkan generasi milenial yang jumlahnya kurang lebih 40% dari total penduduk Indonesia secara langsung dalam proses pelaksanaan wakaf.

Dengan adanya gelombang wakaf, masyarakat menjadi sadar sekaligus mengajak siapapun untuk bisa berkontribusi membangun Indonesia melalui wakaf. Hadir juga Alissa Geovany, pemilik Batik Trusmi dari Cirebon, yang mengungkapkan kisahnya bahwa perjalanan hidupnya dari mulai dari pasar ke pasar, tidur di mushola untuk menjual batik. Akhirnya, harta yang berlimpah dengan memiliki 4 toko, tetapi Alissa merasa ada kekurangan, maka memutuskan untuk berwakaf. Hal yang menarik dengan adanya bis wakaf.

Peluncuran gerakan Gelombang Wakaf oleh Rumah Zakat ini seakan memberi harapan bahwa sesungguhnya dengan wakaf, kita bisa membangun bangsa dan negara, serta masyarakat bisa menjadi sejahtera dan meningkat ekonominya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: