Resolusi Bisnis di Tahun 2019 dengan Ralali

Memasuki tahun 2019, penuh harap dan semangat membangun bisnis dan cita-cita yang lebih baik. Resolusi bisnis di tahun 2019 dengan Ralali, sebagai suatu ekspetasi untuk memulai bisnis online. Setelah bergelut di dunia internet bertahun-tahun, saya selama ini berada pada bidang blogging karena hobi nulis, sisanya banyak bermain-main di media sosial.

Dalam perkembangan bisnis online yang terus meningkat, terlihat potensi luas dalam dunia internet, seperti memilili toko online. Ketika awal mengenal internet, saya pernah memberi saran kepada teman yang senang menggunakan kosmetik tertentu dan menjual produknya untuk berjualan di internet.

Beberapa bulan kemudian, teman tersebut menelepon saya dan mengabarkan bahwa jualan kosmetiknya meningkat dengan bisnis online. Waktu itu belum banyak marketplace atau ecommerce, baru menggunakan media sosial.

Hal tersebut menginspirasi saya untuk jualan online, saya memilih jualan buku dengan media sosial. Alhamdulillah belum ada yang laku. Saya pun waktu itu masih asik dengan bermain-main saja di media sosial.

Sejak awal tak terbayangkan masuk ke dunia bisnis, karena selama ini selalu ada di balik layar. Ternyata, meski berada di balik layar, kita juga masih bisa berbisnis lho… Bisnis tidak mesti tampil di depan, tetapi di balik layar handphone atau laptop, kita bisa berbisnis dengan cermat dan mumpuni.

Beberapa tahun kemudian saya mulai ngeblog dan asyik di dunia tersebut sampai sekarang. Namun, tahun kemaren saya tersentak kembali ketika teman mengingatkan untuk berada di dunia bisnis online dengan menjual produk. Apalagi ada banyak ecommerce atau marketplace yang hadir turut membantu para pengusaha pemula.

Di antara beberapa ecommerce dan marketplace, ada ralali yang menawarkan model bisnis to bisnis. Saya mengenal ralali dari teman blogger yang memeperkenalkan ralali dan dia sendiri hadir sebagai pelaku UKM yang menjadi mitranya. Kenapa memilih Ralali.com? Ralali merupakan suatu platform belanja kebutuhan bisnis. Ralali hadir untuk menghubungkan jutaan vendor dan UMKM agar dapat memulai dan mengembangkan bisnis digital.

Dalam websitenya disebutkan, bahwa ralali berasal dari ungkapan bahasa Jawa, “Ora Lali,” yang berarti “tidak lupa”, “Tidak Terlupakan”. Adapun visinya untuk menjadi platform bisnis terbaik yang menghubungkan dan memberikan solusi bagi para pebisnis melalui teknologi digital. Misinya sendiri hadir untuk menjembatani pebisnis sukses melalui teknologi digital, mengembangkan teknologi digital yang handal dan user-friendly yang dapat dijadikan platform bisnis unggulan berkelas dunia, mengembangkan SDM yang handal di bidang teknologi digital & bisnis, dan membangun ekosistem pebisnis ke dalam Ralali.com.

Untuk bermitra dengan Ralali sangat mudah, tinggal buka websitenya lalu daftar deh. Secara jelas dan gamblang, Ralali memberikan petunjuk kepada pendaftar baru atau yang ingin melihat-lihat websitenya. Di halaman depan langsung terlihat kontak, seperti nomor telepon ataupun email yang dapat digunakan untuk komunikasi dengan pihak ralali.

Saya sendiri akan menjual buku, sebagai salah satu bisnis yang selama ini saya geluti sebagai penulis atau editor. Meski dulu pernah gagal jualan buku, itu bukan hambatan untuk melanjutkan bisnis buku tersebut. Saya sendiri menganggap bahwa kegagalan sebelumnya karena sebagai pembelajaran dalam menjalankan bisnis lebih baik. Pengalaman adalah pembelajaran terbaik dalam bisnis.

Seiring dengan visi dan misi Ralali, saya berharap dapat menjadi salah satu pebisnis yang sukses. Ralali menjadi bagian perjalanan dalam mencapai kesuksesan dalam bisnis online. Maka, tidak berlebihan bila resolusi bisnis di tahun 2019 dengan Ralali, karena ralali menawarkan kredibilitas, realibilitas dan relationship.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: