Temukan Pilihan Hunian Di Indonesia Properti Expo 2019

Kebutuhan tempat tinggal sudah menjadi hal penting bagi saya yang sudah bertahun-tahun tinggal di rumah kontrakan atau kosan. Sebetulnya saya sudah beberapa bulan terakhir mencari rumah sebagai ganti kontrakan. Dari mulai ikut group media sosial yang jual beli property sampai survei lapangan tetapi belum menemukan yang sesuai. Karena keterbatasan waktu untuk survei dan mantengin media sosial, maka ketika ada teman yang mengajak ke JCC untuk melihat pameran properti, serasa teman tersebut mengajak untuk temukan pilihan hunian di Indonesia Properti Expo 2019.

Alhamdulillah, pada hari Ahad, 3 Februari 2019, saya berkesempatan ke Indonesia Properti Expo 2019. Di sini saya mengunjungi booth demi booth, berharap menemukan harga dan tempat yang cocok.

Bukan hanya perumahan, ada tawaran apartemen juga dengan sajian berbagai fasilitas yang ditawarkan. Belum lagi dengan ada banyak hadiah dan kupon keberuntungan yang ditawarkan oleh para developer.

Di sini, rata-rata daerah Jabodetabek, ada juga yang daerah Jawa Barat dan Banten. Ada tawaran perumahan dari daerah Subang, dan daerah lainnya. Bila melihat daerah Bodetabek, sungguh menjadi wilayah hunian penyangga ibukota Jakarta. Tidak heran bila banyak perumahan ditawarkan seputar sana, bahkan sampai ke Karawang dan Subang.

Saya sendiri memilih rumah yang dekat dengan stasiun dan view menghadap gunung. Pilihan saya seputar Bogor, meski udara Bogor panas, setidaknya saya bisa jalan-jalan ke daerah pegunungan dan pedesaannya.

Ketika memilih rumah dan daerah, saya sudah memiliki konsep rumah tersendiri, yaitu rumah kecil, tetapi memiliki halaman belakang dan depan yang luas. Hal ini mungkin terinspirasi dari drama Korea, yang melihat rumah-rumahnya berhalaman luas.

Halaman tersebut sebagai tempat menyium udara bebas bersama berbagai tanaman palawija, sehingga untuk pemenuhan kebutuhan dapur sehari-hari bisa ditemukan di rumah sendiri. Belum lagi dengan tanaman obat serta tanaman langka yang sudah hampir punah.

Untuk halaman tersebut, cukup bale-bale saja tanpa atap, jadi di sana bisa menjadi tempat ngumpul. Saya sendiri sangat menyukai langit, maka ruang terbuka ini sangat penting bagi saya. Dalam terang warna biru langit dan sinar mentari, saya senang berada dalam naungan awan yang berarak. Dalam gelap selimut malam, di antara bintang-bintang yang terhampar, saya senang menatap kerlipnya bintang sambil memandang rembulan.

Begitu pula ketika hujan yang mengguyur dan petir yang menggelegar, ibarat musik dalam dentuman yang menemani tarikan napas ini. Bahkan, dalam bayangan, saya memimpikan rumah yang tidak jauh dari aliran sungai berair jernih, mengalir dari sumber mata air yang tiada pernah mengering.

Rumahku adalah surgaku, istilag yang menjadi wujud kebahagiaan dalam menjalankan kehidupan dan memiliki tempat yang selaras dengan keinginan.

Inspirasi Dekor Rumah Di Indonesia Properti Expo 2019

Seiring dalam bayangan suasana dan keadaan rumah impian, Ahad kemaren saya juga mendapatkan masukan dan tips dekor rumah. Hadir selaku narasumber Adelya dan Irma Alaydrus dengan dipandu oleh Ani Berta sebagai moderator.

Adelya dalam paparannya menawarkan 4 tema dekorasi rumah yang sedang ngetrend saat ini, yaitu minimalis, Japanis, Boho dan industrial. Adelya juga memaparkan keunggulan dari tema tersebut. Adapun rumah Adelya sendiri lebih cenderung ke Boho, tema ini menampilkan dekorasi tanaman dan frame di dalam rumah. Dari semua tema, rata-rata mengedepankan warna putih dan kayu.

Saya pun untuk rumah sudah memiliki konsep sendiri dengan memilih gaya tradisional alias rumah panggung, yang tentunya berbahan kayu. Rumah panggung ini sebagai solusi dari kondisi tanah air yang berada di area cincin api dan megathrus yang berpotensi gempa.

Sesungguhnya para leluhur kita sudah mengajarkan dalam membangun rumah tahan gempa, buktinya dapat dilihat dari rumah-rumah kabuyutan atau rumah adat di berbagai daerah Nusantara.

Adapun Irma Alaydrus memaparkan cara memotret rumah atau properti di dalam rumah. Dengan gamblang Irma paparkan pentingnya cahaya, terutama cahaya ilahi alias cahaya sinar matahari. Ketika memotret properti, maka dianjurkan di dekat jendela, lalu ruangan lampunya dimatikan agar cahaya lampu tidak mantul ke objek sasaran foto. Dalam memotret tentunya dibutuhkan pengelaman, sehingga kita dapat mengetahui dan mengatur kamera kita sendiri sesuai dengan yang kita inginkan. Secanggih apa pun kamera, tetap saja peran yang menggunakannya sangat penting. Maka, jangan putus asa untuk terus mencoba dan mencoba sehingga menemukan yang sesuai dengan rasa dan selera.

Talkshow yang seru dan bermanfaat ini memberi tambahan wawasan bagi saya dalam mendekorasi rumah, baik dari segi cet, bahan dan dekorasi rumah. Sebagai penyuka klasik, maka saya akan mencari sendiri ke toko-toko yang menyajukan furniture dengan apik dari dalam negeri sendiri. Insya Allah, mereka lebih berkualitas dan bagus, buktinya bisa kita lihat sendiri di rumah-rumah adat yang menyajikan minimalis, fungsional dan efesiensi dengan baik. Yuk, temukan pilihan hunian Di Indonesia Properti Expo 2019, yang berlangsung 2 – 10 Februari 2019 di Hall A dan B JCC Senayan, maka dekorasikan rumah sesuai dengan selera.

Advertisements

2 thoughts on “Temukan Pilihan Hunian Di Indonesia Properti Expo 2019

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: