Dimana bumi dipijak, di sana langit dijunjung. Pribahasa yang menggambarkan kebiasaan saya dalam mendapatkan makanan. Hal ini saya rasakan ketika harus berpindah-pindah tempat tinggal mengikuti tempat kerja. Sudah beberapa kali saya pindah tempat, tidak semua memiliki tempat makan favorit yang ingin kembali lagi ke sana. Ada 5 tempat makan favorit di Jakarta, yang bila sudah pindah pun sesekali, bahkan bisa berkali-kali datang ke tempat makan tersebut.

Suatu hal yang akan membuat enggan pindah adalah makanannya. Itu yang saya rasakan ketika harus pindah tempat tinggal karena pindah pekerjaan atau sekolah. Karena bagi yang rewel atau pemilih makanan, makanan yang cocok itu berasa langka. Saya menemukan makanan yang pas dan cocok di lidah biasanya setelah beberapa bulan tinggal dengan resiko pernah mencoba makanan yang tidak cocok.

Lima Tempat Makan Favorit di Jakarta

Setelah saya merenung dan menghitung seberapa sering saya berkunjung ke tempat makan tersebut, maka saya menemukan tempat makan favorit tersebut:

1. Soto Mie

Soto mie ini letaknya dekat perumahan dosen UIN Jakarta. Tepatnya arah ke Sekolah Pembangunan UIN. Soto mie yang biasa saya dagangi ketika mahasiswa, hingga setelah keluar pun masih saja singgah meski hanya lewat untuk bermain ke rumah teman. Mohon maaf, nama tempat makan soto mie-nya kelupaan, karena sudah lama belum makan di sana lagi. Di sini soto mie agak beda dengan soto mie Bogor, soto mie bening seperti kuah bakso. Bahkan, saya sering belinya soto mie bakso.

2. Soto Kwali

Soto ini saya temukan pertama kali ketika pindah kosan ke daerah Jakarta Timur, tepatnya seputar daerah Bambu Apus. Di sini saya mencoba makan soto kwali, soto bening yang bikin nagih. Irisan daging dengan sayur toge kesukaan saya.

3. K-Q5

Kali ini saya ingat nama tempat makannya. Namanya K-Q5, letaknua di Pangkalan Jati II, pinggir jalan arah Jatiwarna. Saya serong makan di sini ketika tinggal di Pangkalan Jati. Di sini saya menemukan banyak tempat makan yang cocok, terutama ketika malam hari.

Menu yang khas di sini ayam penyet, itu langganan saya. Ada juga tumis kangkung yang tidak pernah terlupa kalau makan. Kadang berganti terong balado, pokoknya di sini berasa makanan rumahan. Harganya pun terjangkau bagi anak kosan yang freelancer. πŸ™‚

4. Sop Kambing Tiga Saudara

Sop kambing ini makanan andalan saya kalau malam. Rasanya yang enak dan bikin saya nagih. Tempatnya berbentuk warung tenda, berada di Pangkalan Jati, bukanya waktu sore ke arah malam. Di sini saya sering memilih sop kali kambing. Pernah nyobain campur otak karena penasaran, rasanya mantap. Karena harganya lumayan bagi anak kos, maka sang otak saya belinya kadang-kadang aja kalau ada uang berlebih. Sop kambing ini kuahnya menggunakan susu krim dan campuran margarin, pokoknya mah maknyus… (ngetik sambil ngiler).

5. Ayam Kampung Pasar Klender

Kali ini saya lupa lagi nama tempat makannya. Letaknya di ujung jembatan flyover, ayam kampung muda ini sangat enak. Tempatnya dekat dengan Stasiun Klender, jadi kalau pulang lewat Stasiun Klender, saya biasa singgah.

Demikianlah 5 tempat makan favorit di Jakarta yamg sering saya kunjungi. Sebetulnya ada banyak tempat makan enak di Jakarta.

Advertisements