Media sosial, membangun jaringan di dunia maya ini yang saya rasakan ketika menggunakan media sosial. Saya sendiri hanya menggunakan media sosial seperti blog, facebook, twitter, Linkedn, youtube dan instagram.

Menurut Marshal Mcluhan dalam bukunya yang berjudul Understanding Media; Extension of Man yang memaparkan tentang desa global, bahwa tidak ada batas waktu dan tempat. Menyimak hal tersebut menjadikan prediksi Mcluhan tentang informasi sesuai dengan kondisi sekarang. Saya sendiri menggunakan internet berasa tanpa batas. Perkembangan teknologi informasi membawa sebuah perubahan dalam masyarakat. Lahirnya media
sosial menjadikan pola perilak masyarakat mengalami pergeseran
baik budaya, etika dan norma yang
ada.

Sekarang ini hampir semua masyarakat Indonesia memiliki dan
menggunakan media sosial sebagai salah satu sarana guna memperoleh
dan menyampaikan informasi ke publik.

Media sosial adalah sebuah
media online, dengan para
penggunanya bisa dengan mudah
berpartisipasi, berbagi, dan
menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, dan sebagainya.

Berselancar di Media Sosial

Ada banyak media sosial yang dapat kita gunakan, saya sendiri tidak menggunakan semua media sosial. Saya hanya menggunakan beberapa media sosial berikut ini:

1. Facebook

Di facebook, saya memiliki akun http://www.facebook.com/yulia.rahmawati.54. Di sini saya mendapatkan banyak teman baru, dan teman lama dari dunia nyata. Facebook yang kehadirannya telah menggebrak dunia maya sebagai aplikasi yang banyak diminati oleh tua dan muda. Saya sendiri menggunakan facebook sudah sejak lama. Selain mendapat teman dan pengetahuan, di sini juga ada informasi pekerjaan.

2. Twitter

Twitter awalnya tidak saya hiraukan. Teman lainnya sudah berkiprah sejak awal adanya, saya baru mengikutinya beberapa tahun kemudian. Dengan akun twitter, http://www.twitter.com/yulmasi, saya pun mulai aktif di twitter. Dengan pengaturan menulis yang dibatasi 140 hiruf, Twitter tetap eksis dan berkibar. Untungnya sekarang posting di Twitter tidak hanya 140.

3. Instagram.

Aplikasi ini berkibar dengan foto dan mini video. Sungguh hal yang membuat aplikasi ini terus berkibar dengan foto dan insta tsory yang menarik. Di sini bisa melihat akun saya di http://www.instagram.com/yulmasi.

4. Linkedn

Aplikasi ini sebagai membangun jejaring dalam berbisnis. Di sini banyak menampilkan profil bisnis afau pekerjaan.

5. Blog

Untuk blog sebagai media sosial yang multimedia, kita dapat mengeksplorasi semuanya.

Dampak Media Sosial

Dampak media sosial bisa buruk sekaligus bagus. Buruk bila kita tidak hati-hati dalam menjalankannya, sehingga semua menjadi tidak terduga, terutama dengan banyaknya cyber crime, maka sebagai netizen kita harus tetap waspada dan hati-hati.

Adapun dampak positif atau baiknya media sosial adalah kita memudahkan kita untuk berinteraksi dengan banyak orang, memperluas pergaulan, jarak dan waktu bukan lagi masalah, lebih mudah dalam mengekspresikan diri, penyebaran
informasi dapat berlangsung secara cepat, biaya lebih murah.

Demikianlah, media sosial adalah alat dalam berinteraksi sekaligus berbagi informasi. Media sosial, membangun jaringan di dunia maya sehingga kita dapat menjalani kehidupan dunia fana dengan aman dan waspada. Bagaimana dengan Anda?

Advertisements