Bermula dari keinginan dan harapan menjadi manusia yang lebih baik dan bermanfaat, maka saya memilih nama motekar. Kata yang sering saya dengar untuk sifat pada sosok yang memiliki pribadi yang aktif, kreatif dan inovatif. Nama motekar saya sematkan sebagai doa, doa seorang manusia yang hadir sebagai makhluk yang menjalankan kehidupan berdasarkan landasan Tuhan dengan motekar; aktif, kreatif dan inovatif.

Sungguh pengharapan yang tidak membumbung, tetapi melihat pada diri yang menjalankan kehidupan ini dari satu langkah pada langkah berikutnya untuk lebih baik, dan lebih baik di hadapan Tuhan dan manusia.

Jaya jati kusuma, melati yang menghirup udara setiap hari ibarat harapan dalam menemukan nama yang indah dan menggambarkan harapan jiwa. Tentunya untuk menjadi motekar tidaklah mudah, karena membutuhkan pembelajaran dan pengajaran yang terus menerus.

Tiada menyangka kalau motekar yang saya jadi nama blog akan membahana dan hadir di dunia maya. Saya membuat buat blog langsung dengan nama tersebut. Dengan masih berbasis wordpress, saya langsung menamai motekar, meski banyak yang menganjurkan nama sendiri. Namun, berbasis harapan dan keinginan, saya tetap memilih motekar ketika membuat domain.

Lalu, apa sebetulnya motekar?

Motekar

Motekar berasal dari bahasa Sunda yang memiliki arti aktif, kreatif dan inovatif. Istilah yang sering saya dengar di lingkungan rumah sehingga membekas dan menjadi pilihan untuk blog.

“Hirup teh sing motekar, ulah cicingeun kedul,” pesan para orangtua kepada anaknya. Sesuai dengan pesan menjadi pribadi yang motekar, maka saya pun memberi nama blog saya motekar. Motekar; aktif, kreatif dan inovatif.

Sesungguhnya apa itu motekar, karena saya tahu istilah ini sebagai kata yang ada dalam keseharian kami ketika menggambarkan sosok yang aktif, kreatif dan inovatif.

1. Aktif. Seseorang yang aktif, tidak bisa diam. Dia akan terus bergerak dan berjalan pada setiap hal yang menjadi jejak perjalanannya. Orang yang aktif akan mudah untuk bekerja, dan berlawanan dengan malas.

2. Kreatif. Seseorang yang kreatif, tudak terpaku pada satu jalan atau cara, dia memiliki banyak cara untuk mencapai tujuan. Orang-orang kreatif ini memiliki daya imajinasi yang tinggi, sehingga hasil yang dicapai menjadi lebih bagus dan indah.

3. Inivatif. Seorang yang inovatif tidak terpaku pada satu karya atau satu keadaan, dia akan terus bergerak dan mencari aktivitas baru yang lebih beragam dan menarik.

Demikianlah, motekar; aktif, kreatif dan inovatif yang saya tuangkan dalam sebuah nama blog. Nama tersebut menjadi doa dan harapan menjadi seorang yang baik dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Wallahu’alam

Advertisements