Kredit Modal Usaha Kota Jakarta

Di era industri 4.0 sekarang ini, pengembangan bisnis berbasis digital menjadi salah satu alat dalam kemajuan usaha. Pengembangan usaha ini tentunya membutuhkan modal yang cukup besar. Ketika saya memutuskan masuk ke dunia bisnis, saya sempat kebingungan karena baru memasuki duni digital dan usaha mandiri. Tidak mudah bagi yang biasa kerja sebagai karyawan fulltime, memilih freelance dengan mengolah dan mengelola menjadi sebuah bisnis digital. Awal yang membuat saya untuk terus belajar dan mencari informasi seputar memulai bisnis dan cara pemodalannya. Untung ada kredit modal usaha kota Jakarta yang turut membantu dalam mengawali bisnis.

Saat memutuskan ingin membangun usaha, saya sangat galau. Yups, karena biasa mendapatkan uang bulanan, kini harus bisa mengolah keuangan sendiri dengan modal yang minimalis. Saya memulainya dengan freelance yang bergerak di bidang digital, kemudian berkembang menjadi bisnis marketing digital. Saya juga merintis bisnis buku, yang mana dalam bisnis perbukuan membutuhkan modal yang cukup besar. Apalagi bisnis buku ini ingin dikembangkan pada buku digital.

UKMCekAja

Berdasarkan pengalaman menjadi freelance kerja di dunia digital, maka untuk memenuhi keinginan saya dalam mengembangkan bisnis buku, maka rintisan tersebut ternyata membutuhkan modal yang banyak. Ketika peluncuran buku secara pre order yang menggunakan dana pribadi dan bantuan teman, ternyata masih kurang. Oleh karena itu, dibutuhkan tambahan dana untuk pengembangan buku, apalagi untuk buku digital. selain jenis usaha yang akan dilakukan, pasti kebutuhan yang terpikir dan tak kalah penting adalah modal. Di masa-masa awal membuka usaha, saya dibantu oleh teman dalam bimbingan setiap tahapnya, termasuk modal awalnya.

Sebelumnya terjun ke dunia kerja freelance,  saya bekerja di dunia perbukuan meskipun sebagai tim redaksi dari penerbit buku, alhamdulillah saya mengetahui alur buku dari hulu ke hilir. Hanya saja, ketika prakteknya, memang berasa berat, apalagi dengan modal yang sudah dibantu teman belum mencukupi untuk tahap selanjutnya dalam berbisnis. Maka, dibutuhkan modal untuk melanjutkan usaha dan mengembangkannya.

Ketika berdiskusi dengan teman mengenai pengembangan bisnis, ada beberapa hal yang kita kupas, dari model pemodalan usaha, dari mulai melihat-lihat pinjaman bunga murah, memilih tempat yang memberikan penawaran terbaik, jenis produk pinjaman dan menghitung pinjaman yang akan digunakan.

book-1771073_1280

Ketika menetapkan dalam bisnis buku, saya sadar bahwa dunia buku sekarang tidak sepopuler seperti dulu, maka membutuhkan kreasi dan inovasi. Maka, kami pun memilih perpaduan cetak dan online.

Adapun untuk pemodalan, maka diskusi pun membutuhkan kajian beberapa hal, seperti mencari pemodal individu, investor atau perbankan. Dalam hal ini memang membutuhkan survei alias mengkaji semua jenis pemodalan. Saya pun mulai mendata beberapa hal alternatif pemodalan, seperti:

  1. Kredit Usaha Rakyat

Kredit usaha rakyat ini merupakan program prioritas pemerintah dalam mendukung UMKM, berupa kebijakan pemberian kredit/pembiayaan modal kerja dan/atau investasi kepada debitur individu/perseorangan, badan usaha, dan/atau kelompok usaha yang produktif dan layak, namun belum memiliki agunan tambahan yang cukup.

Pada dasarnya program KUR ini memiliki untuk meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan kepada usaha produktif, meningkatkan kapasitas daya saing usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

  1. Kredit Tanpa Agunan

Kredit Tanpa Agunan (KTA) ini salah satu produk pinjaman yang memberikan fasilitas kredit tanpa membebankan calon nasabah untuk mempersiapkan suatu aset untuk dijadikan jaminan atas pinjaman tersebut.

Saya pun mencari syarat dan perbankan mana saja yang dapat menyalurkan KUR dan KTA. Berada di Jakarta sendiri menjadi suatu kemudahan dalam berbisnis. Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa Jakarta merupakan ibukota Indonesia yangsekaligus sebagai kota metropolitan dan kota bisnis.

Melihat jenis kredit di atas, agak berat dan bingung memilihnya, maka itu tergantung pada diri kita sendiri dalam pemilihan kredit yang terbaik dan kesanggupan kita dalam menjalankannya. Dalam hal ini, kredit modal usaha kota Jakarta menjadi kemudahan tersendiri, karena sebagai kota bisnis, maka Jakarta pun menjadi kota perbankan. Setiap jalur permodalan tentunya disesuaikan dengan kemampuan dan kesanggupan kita sendiri. Setelah menelusuri jenis kredit usaha modal Kota Jakarta, maka saya pun mempersiapkan syarat dan ketentuannya dengan harapan mendapatkan tambahan modal.

student-849825_1280

Saya pun bertanya dan menelusuri syarat dan ketentuan untuk mendapatkan kredit modal usaha Kota Jakarta, maka beberapa hal berikut dalam proses kredit modal usaha Kota Jakarta, yaitu:

  1. Identitas Diri

Identitas diri ini untuk menunjukkan bahwa diri kita memang benar adanya mendaftar untuk pemodalan. Identitas diri ini seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), NPWP, surat nikah (bagi yang berumah tangga). Identitas tersebut biasanya yang pertama ditanyakan atau diajukan, bukan hanya pada pemodalan kredit atau investor.

  1. Surat Ijin Usaha

Surat ijin usaha ini sebagai syarat dalam pengajuan pemodalan usaha. Tentu saja ini sangat penting karena sebagai bentuk bahwa kita memang benar-benar memiliki usaha. Ini bagi yang ingin mengajukan kredit modal usaha sebagai upaya dalam mengembangkan bisnis.

Saya sendiri menyadari bahwa dalam membangun bisnis memang membutuhkan modal yang tidak sedikit, apalagi memasuki era industri 4,0. Saatnya mengembangkan bisnis menjadi lebih maju dan meluas ke mancanegara. Kredit modal usaha kota Jakarta menjadi salah alternative dalam penambahan pemodalan. Maka untuk lebih lengkapnya bisa cek di  https://www.cekaja.com/small-business-banking. Kuy, kita berbisnis bareng-bareng, yuk… 🙂

 

 

 

 

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Kredit Modal Usaha Kota Jakarta

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: