Tags

, ,

Film 3 Dara 2, film keluarga yang seru dan lucu. Film ini menyajikan kehidupan 3 keluarga yang saling membantu dan bergotong royong. Dalam suka duka mereka selalu bersama. Bagaimana ketiga keluarga ini menjalin persahabatan dan menjaga keutuhan rumah tangga masing-masin mereka? Bagaimana keluarga mereka dibangun dengan model Bapak Rumah Tangga? Tonton ya filmnya, seru lho…

Didukung oleh artis senior Cut Mini, film ini menghadirkan deretan para artis yang sudah tidak asing lagi seperti Tora Sudiro, Adipati Delkon, dan Tata Ginting. Menonton film ini membuat saya tidak lepas dari cekikikan ketawa karena lucu. Pasti penasaran kan kok bisa lucu… Makanya, nonton ya… 🙂

Judul Film : 3 Dara 2

Sutradara : Monty Tiwa

Pemain: Tora Sudiro, Adipati Delkon, Tata Ginting , Fanny Fabriana, Rania Putrisari, Cut Mini dan Ovi Dian.

Penulis Skenario: Nataya Subagya

Produser Eksekutif: Toha Essa

Produser Kreatif: Lukman Sardi

Penata Musik: Bemby Gusti

Perusahaan Produksi: MNC Pictures

Point of View Film 3 Dara 2

Secara garis besar dalam tataran ide cerita, saya sangat salut dengan pengambilan tema kesetaraan gender. Saya berpendapat, dengan mengusung film bapak rumah tangga, film ini mencoba menyampaikan konsep kesetaraan gender. Tema yang cukup berat, tetapi dapat disajikan dengan renyah dan lucu. Kenapa kesetaraan gender berat? Entahlah, mungkin dari istilahnya sendiri yang belum familier terasa berat. Padahal, kesetaraan gender merupakan pandangan bahwa semua orang harus menerima perlakuan yang setara dan tidak diskrimiasi berdasarkan identitas gender. Tidak heran bila kesetaraan gender dikenal juga dengan keadilan gender.

Film 3 Dara 2 ini menyajikan Affandi (Tora Sudiro), Jay (Adipati Dolken) dan Richard (Tanta Ginting) dalam berumah tangga yang berpasangan dengan Aniek (Fanny Fabriana), Kasih (Rania Putrisari) dan Grace (Ovi Dian).

Aniek (Fanny Fabriana) selaku istri Affandi terlihat melayani suaminya. Terlihat adanya ketimpangan dalam pembagian kerja domestik antara suami dan istri. Eyang Putri (Cut Mini) selaku ibu Aniek melihat anaknya diperlakukan demikian sangat tidak menyukai hal tersebut.

Pekerjaan rumah tangga sama-sama dilakukan oleh suami dan istri. Namun kenyataannya, pekerjaan domestik ini tidak selalu bisa dibagi rata. Lalu, bagaimana Affandi (Tora Sudiro), Jay (Adipati Dolken) dan Richard (Tanta Ginting) dapat memahami dan menjalankan kesetaraan gender dalam rumah tangga?

Bukan hanya menyajikan pembagian kerja domestik, Film 3 Dara 2 ini juga menghadirkan pemahaman bahwa kesetaraan dalam rumah tangga tidak bisa secara simplistis hanya dilihat dengan kaca mata finansial dan ruang publik, tetapi melihat pada kualitas hubungan antara suami dan istri, terlepas dari sang istri bekerja atau tidak. Kualitas hubungan ini antara lain bisa dilihat dari bagaimana suami dan istri membina hubungan dan komunikasi antara kedua belah pihak, misalnya terpenuhinya aspek keterbukaan, saling menghargai, saling menghormati dan saling memberi kesempatan satu sama lain.

Dalam suatu perjalanan, tentunya akan menemukan jalan yang kelok dan berlubang, lalu bagaimana suami istri dapat memecahkannya? Film 3 Dara 2 ini juga menggambarkan pentingnya ruang diskusi dan negosiasi yang setara antara suami dan istri dalam pengambilan keputusan juga penting dalam mewujudkan rumah tangga yang setara.

Sajian tema kesetaraan gender dalam Film 3 Dara 2, film keluarga yang seru dan lucu ini hadir dengan berbagi inspirasi dengan segar, renyah dan mudah dicerna. Yuk, kita tonton filmnya di bioskop-bioskop langganan Anda…

Advertisements