Tags

,

Kebersihan menjadi bagian dari keimanan, suatu falsafah yang menunjukkan pentingnya dalam menjaga kebersihan. Namun kadang, kesadaran tersebut masih berkurang dan membutuhkan kerja bersama dalam membangun lingkungan yang bersih, sehat dan rapi. Maka, dalam program CSR, Pegadaian hadir dengan bank sampah pegadaian, memilah sampah menabung emas.

Kamis, 2 Agustus 2018, saya berkesempatan bermain ke Setia Asih, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi. Cuaca yang terik dengan hembusan angin yang sejuk, berasa kontras tetapi membawa suasana ngantuk yang nyaman untuk tidur lelap.

Bicara Taruma, maka saya teringat Kerajaan Tarumanagara yang memang berkedudukan di Bekasi. Dalam prasasti yang saya baca, ibukota Tarumanagara berada di antara sungai Gumati dan sungai Chandrabagha yang digali pada masa Raja Purnawarman sebagai upaya mencegah banjir. Penjelasan penggalian kedua sungai tersebut tertulis di Prasati Tugu.

Ketika melihat aliran sungai atau kali, saya pun teringat dengan sungai-sungai tersebut, terutama sungai Chandrabagha, karena asal kata Bekasi sendiri dari Chandrabagha, kemudian menjadi Sashi Bhaga, kemudian Bhagasasih, lalu Bekasi.

Sungai yang mengalir di Setia Asih telah bersih dan terdapat taman yang dibangun oleh Pegadaian. Taman The Gade ini memiliki luas sekitar 3,1 hektar dengan aliran sungai yang membentang dan untuk pengelolaan sampahnya ada bank sampah. Kesadaran warga dalam membuang dan pengelolaan sampah sangat penting bagi kebersihan lingkungan.

Bapak Sunarso, Direktur Utama Pegadaian dalam sambutannya ketika peresmian bank sampah dan taman desa Setia Asih mengatakan bahwa kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dapat meningkat, sehingga program sampah menjadi emas yang Pegadaian dan pemerintah canangkan bisa mencapai hasil maksimal.

Adanya bank sampah di desa Setia Asih, Bekasi, diharapkan dapat memberikan kontrubusi yang bermanfaat bagi masyarakat setempat. Masyarakat bisa menjual sampah dan hasil penjualannya bisa disimpan dalam bentuk tabungan emas Pegadaian.

Acara peresmian bank sampah dan taman Setia Asih pada tanggal 2 Agustus 2018 memberi harapan dan optimis bagi masyarakat untuk lebih sejahtera dan meningkatkan perekonomiannya. Pegadaian juga melakukan berbagai pelatihan untuk meningkatkan keahlian warga, seperti pelatihan batik, membuat dodol dan yang lainnya.

Berikut program yang telah dilaksanakan, yaitu:

  1. BL pembangunan kandang bebek, 23 Nopember 2016.
  2. Bantuan Musholla, Januari 2017.
  3. Pelatihan dodol, Juni 2017.
  4. Pelatihan batuk, 2018.
  5. Pelatihan Aqua ponik. 2018.
  6. Pelatihan pengelolaan sampah, 2018.
  7. Bank sampah, Juli 2018.
  8. Case for work, 29 Juli 2018.

Peresmian bank sampah juga dihadiri oleh Wakil Bupati Bekasi, Bapak Eka Supria Atmaja. Dengan diresmikannya Bank Sampah ini yang merupakan salah satu perwujudan dari program CSR (Corporate Social Responsibility) Pegadaian yang bertajuk Pegadaian Bersih-bersih, yang terdiri dari Program Bersih Administrasi, Bersih Hati, dan Bersih Lingkungan, sebagai bentuk kepedulian sosial Pegadaian kepada masyarakat.

“The Gade kini menjadi nickname untuk Pegadaian dan sudah menjadi brand yang dikenal kalangan milenial. Apalagi The Gade Coffee & Gold kini tersebar di banyak kota di Indonesia menjadi gerai Pegadaian sekaligus cafe yang instagramable,” jelas Sunarso.

Kami pun menikmati senja di taman desa Setia Asih The Gade sambil minun secangkir kopi. Sampah-sampah yang berserakan langsung dipilah, untuk sampah basah organik seperti sayuran, daun dan buah, bisa diendapkan menjadi kompos pupuk tanaman.

Adapun untuk sampah plastinya didaur ulang, yang prosesnya bisa ditukan di bank sampah. Pak Harri, penggiat bank sampah sudah setahun menjalaninya. Melalui pelatihan dari Pegadaian, dia dan warga lainnya tahu cara mengelola sampah sehingga bermanfaat dan bernilai emas.

Hal yang terpentung dalam sebuah masyarakat maju, selain infrastrukturnya, kesadaran masyarakat untuk lebih menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya. Bank sampah Pegadaian, memilah sampah menabung emas. Semoga masyarakat semakin bersih dan sejahtera. Amin

Advertisements