Tags

,

Tak terasa sebentar lagi memasuki bulan Ramadan, waktu yang sebulan penuh kita sebagai umat muslim menjalankan ibadah puasa. Puasa merupakan menahan makan dan minum dari terbit fajar hingga tenggelam matahari. Dalam berpuasanya tentunya kita juga harus bisa menahan diri dari emosi dan hawa nafsu. Untungnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ada Ramadan ekstra. Di sini saya coba sajikan tips belanja online hemat selama bulan Ramadan.

Sebelumnya saya akan berbagi tentang Ramadan sebagai bulan penuh berkah dan hikmah. Karena dalam bulan ini bak latihan untuk membentuk kebiasaan pada bulan-bulan selanjutnya. Kalau dipadankan dengan kekinian ibarat detoks tubuh yang dalam berpuasa sendiri memang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Maka, ketika berbuka tidak mesti mencoba senua makanan ibarat yang kalap mata.

Waktu kecil sih iya, saya suka ngumpulin makanan buat buka, sampe ke janggel (olahan makanan sebelum menjadi kue opak, seperti uli) sering saya sisihkan. Ketika puasa sih lihat uli bak bakpao yang menari-nari minta untuk dimakan. Setiap Mamah bikin olahan kue buat lebaran, pasti saya simpan buat buka. Apakah termakan? Nggak, karena keburu kenyang duluan. Jadi, memang seperti yang lapar mata aja, hehehe…

Ramadan Ekstra

Sesungguhnya bagi saya, Ramadan itu bulan ekstra, karena pada bulan tersebut dalam menjalankan ibadah menjadi mudah karena berjamaah. Setiap diri menyadari bahwa pada bulan ini semua kebaikan berlipat ganda, penuh berkah.

Langit yang membentang selalu menjadi perhatian, akan setiap perubahan keadaan. Bulan dan bintang beriringan dalam menjalankan setiap perjalanan dari hari ke hari. Yups, betapa dalam rentang waktu pada bulan Ramadan selalu disadari, di sana ada momen dan masa untuk menjalankan kehidupan lebih berarti dan bermanfaat.

Maka, saya pun melihat Ramadan ekstra dalam menyadari diri, mengenal jiwa dan raga, karena orang yang mengenal dirinya, maka dia mengenal Tuhannya. Wallahu’alam.

Tips Belanja Online Hemat Selama Bulan Ramadan di Tokopedia

Untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya pada bulan Ramadan, maka belanja online di Tokopedia bisa menjadi alternatif dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, berikut tips belanja online hemat kebutuhan bulan Ramadan Ekstra di Tokopedia:

1. Bandingkan harga setiap toko online di Tokopedia.

Sudah menjadi kebiasaan saya ketika berbelanja, maka membandingkan toko satu dengan lainnya. Dengan keyword produk yang saya inginlan, maka saya selalu membandingkannya, baik dari harga, spesifikasi produk, dan kurirnya. Bahkan layanan tokonya pun menjadi perbandingan dalam berbelanja online.

Tokopedia memiliki banyak toko online berkualitas, Tokopedia memungkinkan kita untuk membandingkan harga berbagai produk kebutuhan dengan lebih mudah. Cukup cari produk yang dibutuhkan, ribuan produk dengan berbagai harga siap untuk dibeli. Untuk menghemat pengeluaran belanja online saat Ramadan, cukup pilih produk dengan harga tepat dan spesifikasi yang pas.

2. Pilih produk berkualitas dari kreator lokal.

Ketika memilih produk, maka saya akan mencari spesifikasi barang yang saya mau. Membandingkan satu produk dengan lainnya, satu brand dengan brand lainnya, termasuk harganya. Saya tidak akan sungkan membeli yang kualitasnya bagus meski tanpa brand sekalipun, yang penting spesifikasinya prima.

Untuk membuat Ramadan Ekstra, bukan berarti harus selalu gunakan barang branded dengan harga selangit. Tokopedia, e-commerce dengan produk terlengkap memiliki koleksi berbagai produk hasil kreasi kreator lokal maupun brand terkenal dunia. Hemat pengeluaran belanja kita di bulan Ramadan dengan memilih produk kreasi dari kreator lokal yang hadir dengan kualitas bersaing namun dengan harga yang lebih miring.

3. Cari toko online terdekat.

Ketika sudah menemukan barangnya, saya akan melihat wilayah tokonya. Saya pasti mencari toko terdekat dengan tempat tinggal saya. Selain produk, saya akan memilih daerah yang terdekat karena lebih memudahkan dalam pengiriman dan biaya kirim.

Saat berbelanja online, komponen biaya yang tak boleh terlupakan adalah biaya ongkos kirim (ongkir). Pilihlah toko online yang lokasinya paling dekat dengan lokasi kita untuk mengurangi ongkir berlebihan. Di Tokopedia, kita dapat mengetahui lokasi toko online secara detail sehingga kita dapat memilih toko online dengan lokasi terbaik.

4. Pilih cara pembayaran yang tepat.

Setelah menemukan barang dan tokonya, saya lalu melihat jenis cara pembayarannya. Saya akan menggunakan cara pembayaran yang bisa saya lakukan dan mudah, alias tidak ribet, hehehe…

Salah satu kemudahan berbelanja online di Tokopedia adalah dalam hal cara pembayaran. Berbagai metode pembayaran dapat kita gunakan mulai dari Saldo Tokopedia, transfer bank, kartu kredit, cicilan, hingga pembayaran melalui minimarket. Memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kondisi keuangan tentu dapat menghemat pengeluaran saat berbelanja online.

Saya sendiri memilih dengan virtual accaount, malah pernah dengan saldo tokopedia. Jadi nggak perlu ke ATM kalau kita sudah punya saldo di Tokopedia, tinggal klik saja. Maklum, saya nggak punya transaksi mobile online, jadi saldo Tokopedia sangat memudahkan. Apalagi kalau lagi males ke ATM.

5. Pilih metode pengiriman paling efisien.

Pengiriman yang cepat, itu yang menjadi pilihan. Saya seringnya dengan pengiriman sehari kirim, seperti kurir transportasi online. Selain cepat, kita bisa memprediksi waktu kedatangan barang.

Dalam melakukan pengiriman barang yang kita beli, Tokopedia memberikan beberapa alternatif pengiriman, mulai dari pengiriman secara konvensional hingga kurir instan melalui jasa transportasi online. Dalam memilih metode pengiriman ini, kita dapat membandingkan biaya ongkos kirim terbaik diantara metode pengiriman yang ada untuk menghemat belanja online kita.

6. Manfaatkan promo dan diskon.

Siapa yang tak mau belanja dengan harga promo? Saya pun akan memilih barang promo, apalagi kalau barangnya incaran sudah lama. Tapi kalau ada promo, barang yang nggak niat dibeli, malah borong…

Promo atau diskon memberikan pengaruh yang signifikan untuk menghemat pengeluaran kita dalam berbelanja online. Di bulan Ramadan kali ini, Tokopedia memberikan kesempatan baru bagi pembeli dalam menikmati bulan Ramadan. Dengan rangkaian promo sepanjang bulan Ramadan yang bisa kita gunakan untuk buat Ramadan kali ini makin Ekstra.

Makin Ekstra lagi, masih ada rahasia kejutan pada 25 Mei dari Tokopedia yang akan membuat Ramadan Ekstra menjadi lebih Ekstra! Layaknya festival belanja online “Black Friday”, kejutan seperti apa yang bakal buat pengalaman belanja online di bulan Ramadan Ekstra ini jadi lebih special?

Penasaran kaaaan… Demikian tadi Ramadan Ekstra: Tips Belanja Online Hemat Selama Bulan Ramadan. Untuk tanggal 25 Mei 2018, dari sekarang bisa kita catat barang yang akan kita beli, biar pas Ramadan nggak khilaf malah main di dunia maya. Jadi, dari sekarang bisa di list barangnya, pas waktunya tinggal cush buka Tokopedia.

Selamat menjalankan ibadah puasa, mohon maaf lahir dan batin… 🙏🙏🙏

Bisa juga baca:

https://www.tokopedia.com/ramadan

Advertisements