Kesuksesan tidaklah berdiri sendiri, tetapi bagai kain indah yang saling bertautan dalam pintalan benang. Film Bunda Kisah Cinta 2 Kodi, ketika muslimah berbisnis menjadi gambaran keteguhan atau keukeuhan perempuan dalam menjalankan niat atau keinginannya dalam pemberdayaan perempuan atau womenempowerment.

Awalnya saya ragu melihat filmnya, sudah membayangkan tidur di bioskop. Ternyata tidak, saya melek sepanjang alur cerita dan mengikutinya tanpa jeda pergi ke toilet.

Film yang berhasil membuat saya duduk menonton alur kisahnya ini ternyata diambil dari novel karya Asma Nadia yang terinpirasi dari kisah nyata seorang Bunda, perempuan binangkit yang berbisnis dengan niat untuk memberdayakan perempuan lainnya di seputar rumahnya. Sosok pembisnis muslimah yang saya kaji dan idolakan adalah Khadijah. Beliaulah, pebisnis muslimah tangguh yang penuh cinta dan kasih sayang.

Dalam suatu perjalanan tentunya ada jalan yang berkelok, berjurang, mendatar dan menurun. Demikian juga dalam perjalanan Bunda Tika, dia menelusuri langkah dengan segala alur jalan dan dalam berbagai keadaan.

Judul Film: BUNDA; KISAH CINTA 2 KODI

Artis/Aktor: Acha Septriasa, Ario Bayu, wulan Guritno, Sheila Dara, Arina Mindhisa, Shaquilla Nugraha, Mumu Gomez, Tri Yudiman, Inggrid Widjanarko, Budi Dalton dan lainnya

Produksi: Inspira
Pictures

Sutradara & Skenario: Ali Eunoia dan
Bobby Prasetyo

Film yang sudah melalui proses syuting sejak 15 Maret 2017 lalu dan mengambil lokasi syuting di Jakarta, Bogor dan Bandung ini menyajikan sosok Tika Kartika. Tika (Acha Septriasa), perempuan yang bukan hanya sukses sebagai pengusaha muslimah, tetapi sosok perempuan inspirasi yang hadir demi keluarga, tetangga dan lingkungan masyarakat di sekitarnya.

Lebih jelasnya, Rendy Saputra, selaku Produser dari Inspira Pictures, mengungkapkan bahwa film ini mengisahkan perempuan tangguh yang sangat menginspirasi, sehingga layak untuk diangkat ke layar lebar sehingga dapat diteladani semangatnya, spiritnya, ketekunannya, cara kerjanya serta ketegasannya. Bagaimana dia menyikapi berbagai masalah dan memberdayakan orang-orang di sekitar itu luar biasa sekali.

Hal yang diungkapkan oleh Rendy memang sesuai dengan gambaran yang saya tonton pada sosok Tika. Film keluarga ini hadir dengan penuh inspirasi bagi kami, para perempuan. Bukan hanya ketangguhan atau kekehannya yang kemudian menjadi inspirasi brand fashion dengan nama Keke, tetapi hal ini menghadirkan penyadaran akan memaafkan dan meminta maaf. Setiap orang tentunya tidak lepas dari kesalahan, namun kebahagian hadir dalam rajutan saling maaf dan memaafkan.

Sebelum menjadi film layar lebar, kisah ini pernah dibuat film dokumenter yang dibuat oleh Ali dan Bobby. Jadi selama proses produksi film, Ali sudah memiliki riset, data, dan sudut pandang dari berbagai yang cukup kuat untuk cerita. Sementara dari Bobby kekuatan untuk mengangkat kaidah rasa sehingga kolaborasi duo sutradara muda ini menjadi sangat menarik. Dan untuk mengimbanginya menghadirkan beberapa sineas senior, seperti Avesina Soebli selaku supervisi produksi serta Yadi Sugandi sebagai director of photography.

“Banyak hal menarik dari cerita dalam film ini. Tokoh utama kita adalah seorang pejuang mimpi sekaligus ibu dan seorang istri. Saya percaya semua orang akan merasa related dengan para tokoh dan permasalahan di sini. Film ini bercerita tentang problematika keluarga kita. Tentang Ibu dan Ayah kita,” ujar Bobby Prasetyo.

Kisah yang menarik, Film Bunda Kisah Cinta 2 Kodi, ketika muslimah berbisnis ini selain memberikan hiburan, tetapi juga memberikan asupan pesan tentang bagaimana mengatur komunikasi dengan keluarga. Ingin tahu lengkap ceritanya, yuk tonton aja filmnya yang bakal tayang perdana 8 Februari 2018. Yuk ah, kita nonton….

Advertisements