Sering baca buku sambil tiduran di bawah sinar lampu yang temaram? Hiks, ternyata itu tidak baik. Ada Philips, cahaya nyaman di mata yang sangat penting untuk kesehatan mata.

Dulu, saya sering baca buku sambil tiduran, sekarang kadang-kadang aja, karena baru dua paragraf langsung bobo pules. Kelakuan saya jangan ditiru ya…. Dari kebiasaan jelek tersebut, mata saya pun sudah min sejak dini. Alhasil, pake kacamata sejak remaja. Pegel sih, tapi apa boleh buat daripada nggak bisa jelas baca huruf.

Cahaya lampu sangat memengaruhi kesehatan mata, begitu pula dengan karakter kita ketika membaca, itu bisa merusak mata. Dalam hal ini, Philips Lighting dalam penelitiannya mengungkapkan bahwa salah satu hal yang paling mengkhawatirkan bagi lebih dari separuh orangtua adalah penglihatan anak-anak mereka.

Selama ini perawatan mata sering diabaikan namun memiliki dampak besar dalam kehidupan kita sehari-hari. Philips LED mengadakan penelitian tentang bagaimana orang menjaga mata mereka dan berdampak pada orang-orang yang dicintai.

Kamis, 26 Oktober 2017, Philips Lighting mengungkapkan hasil penelitian tersebut sekaligus mengkampanyekan eye comfort sebagai solusinya.

Berdasarkan penelitian tersebut, ditemukan bahwa secara global orang menghabiskan 6,24 jam setiap hari depan layar. Adapun anak-anak menghabiskan waktunya 3,01 jam di luar ruang setiap hari.

Di era digital sekarang ini, memang tak dapat dipungkiri bahwa kehidupan kita sehari-hari tidak lepas dari gadget. Oleh karena itu, untuk menyeimbangkannya dengan meluangkan waktu aktivitas di luar rumah. Ini sangat membantu perkembangan mata.

Ketika di dalam ruangan, gunakan lampu yang tepat, sehingga cahaya nyaman di mata. Terlebih, 67 % orang di seluruh dunia setuju, bahwa cahaya yang tepat dapat mempengaruhi mood.

Dalam hal ini, tidak berlebihan bila Philips Lighting mengkampanyekan EyeComport. Rami Hajjar, Country Leader Philips Lighting Indonesia menyebutkan bahwa kriteria Eye Comport membuat bohlam LED lebih menonjol. Kenyamanan mata harus dijadikan prioritas dalam mewujudkan kesejahteraan diri, dan kami menyediakan cara termudah untuk mencapainya, yaitu dengan menyediakan bohlam LED berkualitas tinggi bagi masyarakat Indonesia.

Lebih lanjut, Rowena Lee sebagai General Manager and Senior Vice Presidential Businesses LED Lampu, Global Businesses Group LED, Philips Lighting menyebutkan bahwa sangat penting kualitas pencahayaan. Bukan hanya terkait dengan masa pakai yang lama, tapi juga sangat penting untuk memastikan mata kita tidak lelah dan terasa nyaman.

Untuk kesehatan mata, Gitalisa Andayani, Dokter spesialis mata Humas Perdami menyebutkan bahwa Minggu kedua Oktober diperingati sebagai Hari penglihatan sedunia. Untuk tahun ini, 12 Oktober. Pemerintah Indonesia telah menghimbau untuk memerhatikan penglihatan mata. Hal yang urgent pada mata itu katarak dan masalah yang berkaca mata yang tidak atau jarang memeriksa mata.

Berikut tips untuk mata nyaman, yaitu:

  • Kurangi waktu di depan layar, seperti komputer, smartphone, dan televisi karena dapat menyebabkan mata menjadi lelah dan melemahkan penglihatan. Bila tidak bisa menghindarinya, bisa dengan tutup mata selama 20 detik setiap 20 menit agar mata dapat beristirahat.
  • Di bawah sinar matahari dan cuaca cerah, kenakan kacamata hitam dengan perlindungan UV 100%.
  • Hindari merokok karena sifatnya beracun bagi mata.
  • Jaga makan dan terapkan diet seimbang, sehat dengan banyak sayuran dan buah segar, lemak baik serta biji-bijian utuh.
  • Berolahraga secara teratur untuk membantu mempertahankan IMT (BMI) sehat yang menolong melawan penyakit kardiovaskular dan diabetes.
  • Jadwalkan pemeriksaan rutin dengan spesialis mata yang dapat mendeteksi gejala awal dari setiap kondisi atau penyakit mata.
  • Tidur selama 7-9 jam setiap malam.
  • Jagalah kebersihan dan cuci tangan jika ingin menggosok atau menyentuh mata untuk menghindari infeksi.
  • Gunakan lampu berkualitas baik, seperti Philips LED yang menyerupai cahaya alami sehingga mata terasa nyaman.
  • Berlatihlah yoga mata yang sederhana namun sangat efektif selama beberapa menit setiap hari.

Pembicara selanjutnya, Teuku Rinaldi, konsultan & desainer Pencahayaan yang menyebutkan bahwa cahaya sangat penting untuk kenyamanan dalam rumah.

Untuk lebih lanjut, saya pun berkeliling booth yang berisi produk knowledge Philips LED, yang mana Philips ingin memberikan lebih dari sekedar pencahayaan.

Booth 1

  • Cahaya, Philips tidak membuat silau.
  • Warna cahaya, warnanya lebih bagus.
  • Lux, cahaya yang sampai pada bidang tertentu.

Booth 2

Yang mudah ditangkap oleh mata, strobos optik efeck.

Booth 3

Kedipan lampu.

Dalam menjaga dan memelihara mata, baik untuk diri sendiri dan keluarga. Berikut beberapa tips menjaga mata, yaitu:

  1. Gunakan lampu LED berkualitas tinggi.
  2. Batasi waktu di depan layar.
  3. Istirahatkan mata.
  4. Makan makanan yang mendukung kesehatan mata.

Dengan demikian, Philips, cahaya nyaman di mata bisa menjadi solusi dalam penggunaan lampu. Yuk, kita jaga dan pelihara mata kita dan keluarga. 🙂

Advertisements