Setiap perjalanan memiliki banyak kejadian, dari berbagai peristiwa tersebut masih ada beberapa yang teringat akan pentingnya sehat, termasuk waspada anyang-anyangan. Ketika dalam perjalanan jangan menahan buang air kecil, karena dengan menahan buang air kecil, saya malah menjadi bolak balik ke kamar mandi. 

Sudah menjadi hal biasa ketika pulang kampung ada banyak hal yang menjadi bagian untuk menunggu beberapa hal ketika ingin buang air kecil, sedangkan bis masih di tol. Tentunya akan berbeda kendaraan umum dengan kendaraan pribadi. Kendaraan umum seperti bis, untuk meminta ijin ketika buang air kecil atau buang air besar agak ribet, dan saya seringkali memilih diam.

Ah, ternyata diam itu bukan pilihan terbaik bila kebelet pipis. Seringkali kalau pulang saya menahan pipis, dan pernah sampai terkena anyang-anyangan ketika sampai rumah atau buang air kecil terus menerus dengan jeda yang sebentar. 

Awalnya saya berpikir, apa yang menyebabkan saya bolak balik masuk kamar mandi untuk buang air kecil? Karena bolak balik dari kamar mandi membuat saya lelah, apalagi habis perjalanan jauh naik bis.

Disela-sela bolak balik kamar mandi, saya mencari informasi tentang gejala yang saya alami. Sakit tersebut masuk dalam istilah anyang-anyangan, yang dalam bahasa latinnya Polakisuria, suatu kondisi tatkala kandung kemih tidak dapat menampung urin lebih dari 500 ml, karena lapisan mukosanya meradang sehingga penderitanya menjadi sering kencing. Air seni yang keluar sedikit-sedikit dan disertai dengan rasa sakit. Dan termasuk gejala infeksi saluran kemih. 

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah kondisi ketika organ yang termasuk ke dalam sistem kemih, yaitu ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra, mengalamj infeksi. Infeksi saluran kemuh daoat terjadi pada siapa saja. Akan tetapi, karena tubuh wanita memiliki saluran uretra yang lebih pendek, maka wanita lebih rentan mengalami infeksi saluran kemih.

Saya pun mulai khawatir, dan mencari tahu obatnya. Dari penelusuran dan baca, banyak minum air putih salah satunya. Orangtua saya sering mengingatkan untuk banyak minum air putih, saya termasuk yang jarang minum. Maka, saat itu saya pun berniat untuk membiasakan banyak minum air putih. Sesuai anjuran, dengan minum air putih yang cukup, maka cairan dalam tubuh dapat membantu mengobati infeksi.

Dalam sehari, diusahakan minum air putih sebanyak 8 gelas. Bagi yang jarang minum mah ini perjuangan berat :(. Maka, dibutuhkan tambahan dalam memenuhi kesehatan infeksi saluran kemih dengan Cranberry.

Cranberry ini buah yang populer di Eropa. Memiliki kandungan banyak nutrisi, seperti Vitamin A, Vitamin B Carotene, Vitamin C, kalori rendah, Lutein, Folate, Potasium, dan Magnesium. Cranberry menjadi salah satu buah yang dapat mengobati infeksi kandung kemih atau anyang-anyangan. 

Cranberry yang masuk pada jenis beri ini bisa diolah menjadi jus dan ekstrak buah. Sebagai buah yang mampu mengobati sekaligus mencegah infeksi saluran kemih dan anyang-anyangan saat ini sudah berbentuk suplemen, seperti Uri Cran.

Uri Cran plus sebagai suplemen makanan yang mengandung ekstrak cranberry yang mampu mengobati infeksi saluran kemih atau anyang-anyangan.

Yeay, alhamdulillah, sakit anyang-anyangan pun sembuh. Tetapi kita harus tetap waspada anyang-anyangan. Sekarang ini, sudah tersedia suplemen Uri Cran, suplemen yang mampu mencegah dan mengobati anyang-anyangan. 

Advertisements