Bulan Ramadan seyogyanya menjadi moment terapi diri menjadi manusiabyang lebih baik. Puasa bukan hanya menahan makan dan minum, tetapi mengenal akan lapar, haus, emosi dan hasrat. Tak dapat dipungkiri, ketika melihat makanan, maka hasrat atau keinginan untuk mengumpulkan makanan dan minuman yang terbayang segarnya. Pada buka puasa bersama Danonen, penuhi nutrisi dan hidrasi menjadi referensi untuk membiasakan hidup sehat selama bulan Ramadhan.

Saya sendiri termasuk yang jarang minum, ini juga yang menjadi latihan atau terapi untuk membiasakan minum banyak. Selasa, 6 Juni 2017, saya berkesempatan untuk ikut buka puasa bersama Danone. Buka puasa bersama ini disertai dengan talkshow seputar pemenuhan nutrisi dan hidrasi pada bulan puasa.


Danone mengadakan puasa bersama disertai sebelumnya dengan pijat refleksi dan talkshow. Saya sendiri sempat pijat refleksi kaki, lumayan pegel-pegel saya menghilang. Selanjutnya, performance Marawis yang dibawakan oleh anak-anak Unwanul Huda. Meski puasa, suara mereka lantang dan keras. Anak-anak memang selalu semangat. 🙂

Ibu dr. Dian hadir utk paparkan nutrisi dan dehidrasi saat bulan puasa.
Cara sehat selama berpuasa, kita dapat memenuhi kalori  sehari terpenuhi.
Cara kita makan dengan pedoman gizi seimbang. Terdiri dari lauk pauk, buah2an, makanan pokok dan sayuran.

Karbohidrat akan terpecah menjadi glukosa. Karbohidrat, jenisnya ada yg kompleks dan sederhana. Untuk sahur, memikih karbohidrat komplek. 
Adapun utk berbuka dg karbohidrat sederhana. Lemak itu ada lemak baik, yaitu lemaj tdk jenuh tunggal/ganda, seperti almond dan alpukat.

Indeks glikemik sebagai kurva pada kadar gula darah. Ketika membeli makanan kemasan, jangan lupa lihat komposisi, ada lemak trans, gula dan garam, maka itu harus berhati-hati. Minum sangat penting, karena sebagai tanda dehidrasi. Bagi yang kurang minum, itu bisa dilihat dari warna urin di pagi hari. Adapun jadwal minum air putih itu bisa 2 saat berbuka, malam menjelang tidur 4, sahur 2 gelas. Pada saat sahur kalau bisa mengonsumsi makanan berkuah. Jangan lupa minum air putih pada saat sahur. Jadwal dan contoh menu makanan pada bulan puasa.

Lebih lanjut, Karyanto, dari Danone yang paparkan inisiatif sosial Danone. Danone melakukan komitmen terhadap perlindungan lingkungan.
Danone akan komit pada ekonomi dan sosial. Danone juga berkomitmen pd makanan yang mengandung kesehatan.

Mineral itu ada makromineral dan mikromineral. Manfaat mineral bagi tubuh itu untuk memperkokoh jaringan, kalium sebagai sistem saraf dan otot. Adapun fluorida adalah mikro mineral yang diperlukan tubuh sedikit 4 mg,untuk laki-laki dan 3 mg per hari untuk perempuan

Bahan makanan yang mengandung fluorida pada susu hanya 0.002-0.082, sedangkan fungsi fluorida adalah untuk mempertahankan struktur gigi dan tulang.
Fluorida di dalam air minum, ada penambahannya 1,5 mg/L sesuai dengan aturan di Indonesia tentang mineral yang terdapat pada air minum kemasan sesuai dengan rekomendasi WHO.

Demikian talkshow buka puasa bersama Danone, yang memaparkan tentang penuhi nutrisi dan dehidrasi pada bulan puasa.

Advertisements