Tags

Perempuan merawat kendaraan itu seperti PR besar, apalagi dengan setumpuk aktivitasnya. Namun tidak demikian dengan Mbak Ipoet Kusumonegoro, putri komedian Indro, dia menganggap wajib untuk merawat kendaraan bermotornya. Bahkan, kendaraannya sudah seperti pacar, yang selalu mendapat perhatiannya. Ada tips merawat kendaraan bagi pengemudi perempuan, apa saja?

Tak dapat dipungkiri, kalau setiap perjalanan membutuhkan kenyamanan dan keamanan. Bukan hanya melihat waktu tempuh, tetapi fasilitas yang tersedia dapat menjadi salah satu yang menjadi hal penting dalam sebuah perjalanan. Maka, merawat kendaraan bak memerhatikan pacar menjadi hal yang menarik.

Selasa, 25 April 2017, saya sangat semangat mengikuti talkshow yang diadakan oleh mobil123. Portal otomotif No. 1 ini mengadakan talkshow yang bertema, Merawat Kendaraan. Meskipun saya belum memilikinya, tapi saya setiap hari mengendarai kendaraan sehingga daoat merasakan kendaraan yang terawat dan tidak.

Bukan menutup kemungkinan juga, mudah-mudah suatu saat saya memiliki kendaraan, sehingga ini menjadi bekal pengetahuan di masa yang akan datang. Nah, apalagi yang menjadi pembicara ini para ahli sekaligus praktisinya.

Perempuan mengemudi kendaraan bukan hal asing lagi, apalagi di era infrastruktur transportasi sekarang ini. Namun demikian, dalam perjalanan selalu saja ada kabar miring, malah menjadi joke, kalau pengemudi perempuan, sign kiri, malah belok kanan. Atau hati-hati ada ibu bermotor di depan. Meskipun hanya candaan, tapi ini menjadi sinyal untuk edukasi sendiri bagi para perempuan dalam mengemudi dan merawat kendaraan.

Intania Prionggo selaku Public Relations Pertamina Lubricants memaparkan dalam sambutannya bahwa perempuan diwajibkan untuk mengetahui perihal kendaraan, karena dalam kesehariannya para perempuan menggunakan kendaraan ketika mengantar anak ataupun beraktivitas. Untuk itu, talkshow ini sebagai bagian dari peringatan Hari Kartini, diperingati berupa edukasi dalam merawat kendaraan.

Talkshow yang dimoderatori oleh Pak Indra Prabowo dari mobil123 sangat menarik dan membawa semangat dalam pemeliharaan kendaraan, karena ini sebagai bentuk kesadaran pada para pengguna kendaraan untuk senantiasa merawat kendaraan.

Pembicara Agung Prabowo sebagai Technical Specialist Integrated Management Academy PT Pertamina Lubricants memberikan penjelasan dan tips dalam merawat kendaraan. Adapun Mbak Ipoet banyak memaparkan pengalamannya dalam berkendaraan dan merawatnya. Sangat menarik, karena seringkali saya mendengar bahwa ada beberapa orang menganggap kendaraan sebagai pacar atau istri, ternyata Mbak Ipoet sebagai pecinta otomotif pun berpendapat sama.

Tips Merawat Kendaraan

Dari penjelasan para narasumber tersebut, terangkum tips merawat kendaraan sebagai berikut:

  1. Ada toolkit

Kelengkapan kit bisa disimpan di dalam box khusus, sehingga mudah mendapatkannya ketika membutuhkannya. Biasanya, perempuan akan lebih telaten dalam peralatan, tetapi kalau toolkit otomotif, sepertinya kita harus mengenal masing-maisng fungsinya.

2. Kondisi jok

Kondisi jok ini menjadi hal pertama yang kita rasakan, karena bila jok berdebu, saya sendiri biasanya bersin-bersin. Maka, senantiasa siap vacuum cleaner dan tidak terus-terusan membuka kaca jendela.

3. Body mobil

Body mobil ini memang bisa mudah bila kita membawanya langsung ke tempat cuci mobil, tetapi kita juga harus memerhatikan body mobilnya. Sebagai yang punya kendaraan, biasanya memang sangat memerhatikan setiap detail dari body mobil.

4. Kaca mobil

Kaca mobil ini seringkali satu paket dalam mencuci mobil, tetapi kita juga harus dapat melihatnya secara langsung kondisi kaca mobil.

5. Lampu mobil

Lampu mobil yang harus kita perhatikan juga. Istilah joke di atas, hendaknya menjadi pelajaran dan edukasi bagi kita sebagai perempuan untuk berkesadraan ketika menggunakan mobil.

6. Oli mesin

Mengecek oli mesin menjadi hal wajib juga, karena sebagai power energi dalam berkendaraan. Untuk oli mesin, Pak Syafudin selaku sales region 3 PT Pertamina Lubricants memaparkan bahwa oli Lubricants sebagai oli terbaik yang telah mengekspor ke-25 negara dunia. Ada banyak varian oli yang bsa disesuaikan dengan jenis kendaraan kita.

7. Air radiator

Air radiator juga hendaknya dicek kondisinya, sehingga kita dapat mengetahuinya.

8. Ban serep

Menyediakan ban serep. Ban serep ini menjadi cadangan dalam persiapan bila terjadi sesuatu.

9. Aki

Aki juga jangan sampai terlewatkan untuk diperiksa.

Demikian pemeriksaan ringan yang dapat kita lakukan dalam merawat kendaraan. Untuk menjaga sepeda motor agar tetap prima, maka berikut yang dapat dilakukan, seperti memeriksa ban secara reguler, memeriksa minyak mesin, membersihkan saringan udara, menyesuaikan kopling, memeriksa mesin bisa dengan membersihkan busi secara teratur yang sebaiknya setiap 750 km untuk 2 tak dan 1500 km untuk 4 tak, sistem transmisi, membersihkan permukaan motor, menjaga aki, menjaga rem, check fork oil, check sprockets, dan riding speed try dengan mempertahankan kecepatan 40-60 km.

Demikianlah, tips merawat kendaraan bagi pengemudi perempuan. Tulisan ini sebagai catatan saya yang memang berniat memiliki kendaraan. Doakan yaaa… ๐Ÿ™‚

#mobil123

#pertaminalubricants

 

Advertisements