Tak jarang kita ingin mengganti barang yang dimiliki dengan barang yang baru sesuai dengan keinginan kita. Melepas suatu berang bukan hanya karena kerusakan, tetapi bisa saja karena berubah selera. Begitu pula dengan kendaraan, seperti mobil. Seringkali orang yang menjual mobilnya karena ingin ganti dengan mobil baru dan sesuai kebutuhan. Bagi yang ingin mendapatkan kendaraan, mobil bekas bisa menjadi jawabannya. Apalagi jelang mudik lebaran, berburu mobil bekas di Mobil123.com bisa menjadi  solusi kebutuhan berkendaraan mudik lebaran.  Lalu, bagaimana cara mendapatkan mobil bekas berkualitas?

rps20170401_194124_734.jpg

Jumat, 31 Maret 2017, saya berkesempatan mengikuti talkshow otomotif yang diadakan oleh Mobil123.com, dengan tema, Mobil Bekas, Solusi Kebutuhan Anda. Tema yang sangat menarik sebagai solusi bagi yang ingin memiliki mobil tetapi keuangan belum mampu membeli yang baru.

Saya selalu mengikuti talkshow yang diadakan oleh mobil123.com. Sebagai portal otomotif no.1, hadir dengan tema-tema yang memang sedang dibutuhkan saat ini, atau istilahnya kekinian. Dalam portalnya sendiri, mobil123.com menerima transaksi mobil bekas.

Pengalaman di keluarga saya sendiri, menjual mobil bukan karena rusak, tetapi hanya karena ingin mengganti model mobil dengan yang terbaru. Maka, adanya mobil123.com menjadi solusi dalam membantu penjualan mobil bekas dan mendapatkan mobil baru. Begitu pula sebaliknya, bagi yang ingin mendapatkan mobil bekas, maka mobil123.com menyediakannya.

rps20170401_194229_909.jpg

Kali ini, hadir Hammish Stone selaku Chief Executive Officer dari PT iCar Asia dan Joe Dische selaku Chief Finance Office dari PT iCar Asia. Dipandu oleh MC cantik dan ceria, Pak Hammish memberi sambutan atas acara talkshow ini.

Talkshow yang dimoderatori oleh Indra Prabowo dari mobil123.com sangat seru dan menarik. Dengan narasumber Bapak Halomoan Fischer Lumbantoruan selaku Chief Operational Officer Mobil88 dan Bapak Hendrik Wirdjaja selaku Deputi Marketing Director PT Hyundai Mobil Indonesia.

rps20170401_194315_666.jpg

Bapak Halomoan memaparkan bahwa Mobil88 lahir pada tahun 1988 sebagai bagian dari Astra Group. Tidak heran kalau namanya Mobil88, karena memang lahir tahun 1988. Lebih lanjut, Pak Halomoan paparkan bahwa ada banyak motivasi pemilihan mobil bekas daripada mobil baru. Di antaranya bisa lebih murah dari mobil baru, mendapatkannya lebih cepat dan aksesoris sudah lengkap.

Setiap orang tentunya memiliki motivasi tersendiri kenapa memilih mobil bekas. Termasuk buat pulang kampung di saat lebaran. Menjelang lebaran, transaksi mobil bekas sangat meningkat. Namun demikian, kita tetap harus berhati-hati dalam pemilihan mobil bekas. Pastinya tidak dapat dipungkiri, ada kekurangan dan kelebihannya. Oleh karena itu, dalam memilih mobil bekas harus lebih hati-hati dan detail dalam pemeriksanaannya.

rps20170401_194411_661.jpg

Pada sessi tanya jawab, Pak Halomoan mengatakan bahwa tips membeli mobil bekas bisa dengan cek surat-suratnya ke Samsat dan masuk ke dalam mobil melihat kondisi mobilnya. Kalau rapi, berarti apik si pemiliknya. Untuk mobil bekas di Mobil88, pemeriksaan mobil bekas sangat ketat. Degan pengecekan kondisi mobil ke bengkel resmi dan pemeriksaan surat ke Samsat.

Begitu pula dengan Autosafe, salah satu yang memfasilitas mobil bekas di bawah naungan PT Hyundai. Hendrik Wirdjaja selaku Deputi Marketing Director PT Hyundai Mobil Indonesia menjelaskan bahwa hadir dengan visi memberikan kepercayaan dan rasa aman pada pelanggan akan resale value used car Hyundai (Trusted & Safe).

Misinya pun sangat jelas, yaitu meningkatkan resale value used car Hyundai, mendukung penjualan kendaraan baru (Trade In Program), sebagai price setter untuk harga pasar used car Hyundai, memberikan pilihan alternatif yang baik bagi konsumen yang menginginkan used car Hyundai.

Dengan hal tersebut, Autosafe memberi manfaat untuk konsumen dengan dapat langsung menghitung perkiraan harga kendaraan Hyundai (resale value) hingga 3 tahun ke depan, termasuk perbandingan dengan mobil competitor. Maka, Autosafe bisa dikatakan sebagai standarisasi harga mobil bekas. Terserah pembelinya mau beli dimana dengan harga bisa lebih rendah dari Autosafe. Demikian tutur Pak Hendrik.

Mobil88 dan Autosafe memberikan garansi pembelian mobil bekas. Dapat dilihat dari berbagai kebijakannya. Kalau Autosafe, jaminan beli kembali kendaraan Hyundai selama 3 tahun sejak pembelian atau 65.000 KM, mana yang tercapai lebih dahulu. Namun hal yang pasti, Autosafe tidak menerima mobil yang terkena banjir.

Mobil bekas

Demikianlah, ada banyak keuntungan sekaligus kekurangan ketika membeli mobil bekas. Kalau kita kenal sama penjualnya, itu lebih baik karena kita tahu karakternya dalam menggunakan mobil. Namun demikian, kita bisa memilih mobil bekas dengan melihat dari garansi, jaminan surat dan kualitas mobilnya. Jelang lebaran, berburu mobil bekas di Mobil123.com bisa sebagai salah satu solusi kendaraan mudik lebaran.

 

Advertisements