Tags

,

Memiliki tempat yang bersih dan rapih menjadi impian saya, tetapi ternyata untuk memiliki hunian bersih dan rapih dibutuhkan karakter dari penghuni, sehinggal kebersihan dan kerapihan selalu terjaga dan menjadi Eco & Compact Living; Hunian Bersih dan Rapi.

Sabtu, 19 November 2016 saya berkesempatan mengikuti talkshow yang bertema eco & compact living di Prajawangsa City, Cijantung, Jakarta. Hadir sebagai pembicara Rabani Kusuma Putra (Nimara Architects) dan Bayu Fristanty (RapiRapi Profesional Organizer).

rps20161130_010746_649.jpg

Eco & Compact Living

Rabani Kusuma Putra (Nimara Architects) memaparkan tentang eco and compact living yang sangat penting bagi yang tinggal di wilayah perkotaan. Hal ini karena lahan yang terbatas, maka fungsi ruang bangunan pun dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin.

Di daerah perkotaan, terutama Jakarta, lahan bangunan yang semakin terbatas, maka pemanfaatannya bisa dengan pendirian bangunan 3 lantai. Ini berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang rumah tinggal 3 lantai di Jakarta.

Dalam pemanfaatan tanah ini salah satunya dengan pembangunan aparteman, yang bisa eco dan compact living. Sebagai yaang sudah lama tinggal di Jakarta dengan kos dan kontrak, hidup dalam ruang terbatas menjadi hal yang biasa bagi saya. Tentunya, saya pun tak ingin selamanya hidup mengontrak, dan ingin memiliki tanah dan bangunan sendiri, maka mengenal model bangunan dan arsitekturnya sangatlah penting.

Saya pun menelusuri makna dari eco dan compact living. Istilah eco, yang saya pahami sebagai hidup ekonomis. Adapun istilah compact, secara bahasa berasal dari bahasa Inggris yang artinya ‘closely and neatly packed together, dense, dengan artinya rumah yang dekat satu sama lain, dikemas bersama-sama dengan rapi meski cukup rapat. Dengan kata lain, rumah compact adalah cara untuk mengemas hunian dengan penataan padat dalam desain yang terintegrasi.

Compact living ini tidak lepas dari furnitur yang diterapkan selalu mengutamakan efisiensi dalam ukuran, namun maksimal dalam fungsi. Lemari yang sekaligus difungsikan sebagai partisi ruang untuk mengurangi dinding massif, adalah salah satu contohnya.  Furnitur lebih dari satu fungsi memang nyaris tak terpisahkan dari hunian berdesain compact.

Pada tuturannya, Rabani Kusuma Putra sebagai Nimara Architects mengembangkan desaign dengan sistem eco and compact living bagi lahan yang terbatas. Termasuk dalam mendesaign ruang apartemen, maka Rabani pun mengungkapkan bahwa setiap ruang memiliki banyak fungsi dan saling terintegrasi dengan ruang dan furnitur lainnya.

Salah satu video yang ditampilkan leh Rabani adalah fungsi dari furnitur yang memiliki banyak manfaat dalam penggunannya. Sangat menarik, karena dalam lahan yang terbatas, kecanggihan furnitur sangat penting sehingga dapat menjadi multifungsi.

Bergaya hidup Bersih dan Rapi

Berlanjut dalam pemanfaatan ruang dengan bersih dan rapih, Bayu Fristanty  sebagai RapiRapi Profesional Organizer menawarkan profesional organizer untuk hidup bersih dan rapih.

rps20161130_005908_468.jpg

Pada dasarnya, fungsi profesional organizer bekerja bersama dengan klien, sehingga penghuni rumah tahu cara membersihkan dan merapikannya.

Bayu mengungkapkan bahwa telah diitemukan beberapa fakta menarik akan penting adanya profesional organizer, yaitu:

  1. Harga rumah yang tinggi.
  2. Kebutuhan untuk mobile.
  3. Efektif dan efisien.
  4. Memiliki hobi koleksi.

Melihat temuan Bayu tersebut, saya menemukan bahwa untuk mengetahui ruang yang bersih dan rapih, pada dasarnya kita harus mengenal diri kita sendiri, maka kemudian kita mengenal ruangan kita sendiri sehingga tahu apa yang akan didesain pada rumah kita.

Bayu memberi tips membersihkan dan merapikan ruangan, dengan urutan pada 4 tahapan profesional organize berikut:

  • Review and asses. Ini untuk tahu cara hidup klien dan fungsi ruangan yang dirapikan.
  • Act now. Nah, langsung eksekusi dengan menyortir barang-barang yang dibutuhkan ataupun tidak.
  • Place it. Penempatan ini setelah tahu jumlah barangnya dulu.
  • Maintaince. Maintaince ini untuk menjadikan pola hidup bersih dan rapi dan sehat agar menjadi kebiasaan atau gaya hidup.

Untuk simulasi, Bayu mengajak kita dengan membuat empat kota yang ditandai, “masih dipakai, dijual, didonasikan dan dibuang.” Adapun di antara tips organizing sebagai berikut:

  • Setiap barang ada tempatnya.
  • Di atas meja selalu bersih.
  • Jangan beli organize dulu.

Demikianlah, bagaimana properti di perkotaan saat ini sangat memerhatikan fungsi space sebaik-baiknya. Lebih lanjut, Edy sebagai perwakilan Prajawangsa City menjelaskan apartemen dan propertinya.

rps20161130_010000_753.jpg

Hunian Apartemen Prajawangsa City

Kali ini, Prajawangsa City hadir di daerah Cijantung, Jakarta Timur. Daerah yang menurut saya masih asri dan segar dengan masih banyaknya pepohonan besar dan pekarangan luas dengan ditanami oleh berbagai pohon. Namun, perkembangan Jakarta yang tumbuh dengan ekonomi global, maka kebutuhan pengembangan properti pun terus semakin meningkat.

Apartemen Parjawangsa City Cijantung hadir dengan model superblok, yang terdiri dari 8 tower dengan miliki 4000 unit. Prajawangsa City ini mengusung tema srategis, seru dan semarak.

rps20161130_010051_793.jpg

Secara lalu lintas, saya yang sering nyasar kalau jalan, Prajawangsa City ini mudah ditemukan. Dari arah lampu merah Pasar Rebo, hanya beberapa meter menuju Prajawangsa City. Bagi pengguna angkutan umum seperti saya, bisa naik 112, dengan jurusan Kampung Rambutan-Depok.

Prajawangsa City Cijantung juga sangat mudah aksesnya bila menuju kawasan perkantoran di TB Simatupang dan kawasan industri di sepanjang Tol Cijago, dengan rute 1.8 km dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) – TB Simatupang, 3.5 km dari rencana pembangunan Stasiun Light Rail Transit (LRT) Kampung Rambutan, 3.8 km, dari Gerbang Tol Jagorawi, dan akses langsung ke Bandara Halim Perdana Kusuma.

Rancangan apartemen Prajawangsa City yang memiliki luas area 7 hektar ini akan dibangun dengan 50% area hijau sebagai taman dan tempat bermain anak-anak sangat melegakan, karena saya mengenal daerah ini sebagai daerah hijau dan asri.

Secara fasilitas, apartemen ini memiliki fasilitas yang lengkap dengan  konsep, Unique Thematic Park dan Unique Amenities. Unique Thematic Park terdiri dari area spice garden, herbal garden, tropical garden, area barbeque, 1 km jogging track, kids pool, thematic pool, fountain plaza. Adapun Unique Amenities melingkupi restoran, coffee shop, fitness center, sauna, access control, ATM Center, sistem keamanan 24 jam, juga lengkap dengan pusat perbelanjaan terbesar dan modern.

Sangat menarik, terutama bagi saya yang kos untuk terpacu memiliki lahan dan bangunan sendiri. Apartemen Prajawangsa City menjadi harapan untuk dapat memiliki dan menempatinya. Yups, dengan memiliki Prajawangsa City sebagai eco & compact living; hunian bersih dan rapi.

 

Advertisements