Tags

,

Think fresh! Sebuah konsep yang mengajak kita untuk berpikiran segar. Hal yang mudah dilakukan oleh siapa saja, termasuk saya dan Anda, kita. Think fresh lahir dari berpikiran positif dan melihat keadaan dengan peluang, maka itu menjadi modal kesuksesan. Bagi saya, think fresh, pendorong keyakinan diri.

Think Fresh, Pendorong Keyakinan Diri

“Tak ada seorang pun di dunia yang bisa menghentikan kita untuk meraih mimpi, kecuali diri kita sendiri.” Demikian kata Danny Oei Wirianto.

Penggalan quote yang menjadi pembuka buku Danny Oei Wirianto. Buku yang saya baca dalam beberapa jam, dan saya ulang kembali untuk menandai setiap tulisannya sebagai pendorong keyakinan diri.

rps20161003_120102_468.jpg

Quote di atas mengingatkan saya akan mimpi keliling Nusantara dan mengetahui ibu pertiwi. Haish, lebay banget ya… Sebetulnya saya pernah bermimpi kuliah di Belanda, ngambil kajian naskah untuk lebih mengetahui cerita dan sejarah Nusantara yang naskah-naskahnya banyak berada di sana. Detik-detik pengiriman formulir beasiswa, saya membatalkannya karena tidak percaya diri, terutama dalam bahasa Inggris meski sudah kursus dan belajar. Waktu itu, saya mengurungkan niat dan bermaksud mengambil beasiswa semester atau tahun depannya. Namun apa yang terjadi, beasiswa untuk jurusan tersebut tidak ada. Meski peristiwa itu sudah bertahun lalu, mimpi itu masih ada, keliling Nusantara dan memahaminya.

Sentilan berikutnya pada quote Danny (hal. 16), “Nasib manusia ada di tangannya sendiri. Takdir kitalah yang ada di tangan Tuhan. Soal kita akan menjadi kaya atau miskin, bahagia atau tidak-berada di tangan kita sendiri.”

Quote ini mengingatkan bahwa pada dasarnya diri kita yang menjadi pondasi dalam perjalanan hidup. Sebagaimana yang sudah diajarkan dalam hadis Rasulullah, “Segala amal perbuatan tergantung dari niat kita.” Niat yang ditetapkan sebagai kesungguhan dengan tujuan yang sudah ditetapkan dalam hati.Β  Namun apa daya, niat yang tidak kuat, seringkali menghambat keberhasilan.

Setelah membaca buku ini, saya merenungkan bahwa permasalahan kesuksesan adalah tentang keyakinan diri untuk mempercayai diri sendiri. Hal tersebut disebabkan oleh belum mengenalnya terhadap diri sendiri, padahal Rasulullah saw telah mengajarkan dalam sabdanya, “Barangsiapa yang mengenal dirinya, maka mengenal Tuhannya.”

Oleh karena itu, lahirnya keyakinan diri karena telah mengenal diri sendiri. Dalam perjalanan hidup, memang terdapat berbagai rintangan, tetapi hal tersebut menjadi babak cerita dalam perjalanan. Di sini ada beberapa hal yang menjadi konsentrasi dan ketersentuhan saya dalam membaca buku karya Danny Oei Wirianto, bahwa aplikasi atau penerapan dalam sebuah niat menjadi hal terpenting dalam meraih kesuksesan niat.

rps20161003_115958_942.jpg

Think Fresh, Buku Danny yang Menginspirasi

Judul Buku: Think Fres!

Penulis: Danny Oei Wirianto

Ukuran: 12×18 cm

Tebal: 176 halaman

Terbit: September 2016, Gramedia Pustaka Utama.

Ketika mendapat info ada acara bedah buku, saya langsung tertarik. Apalagi ketika melihat judul bukunya, Think Fresh, maka saya semakin penasaran. Pemahaman think fresh sangat mudah diucapkan, tetapi dalam perjalanannya butuh konsistensi dan fokus.

rps20161003_120325_814.jpg

Kamis, 29 September 2016, saya mengikuti peluncuran bedah buku, Think Fresh, di Toko Buku Kinokuniya, Plaza Senayan, Jakarta. Hadir Danny Oei Wirianto sebagai penulis yang menjadi narasumber, ada Giring personil Nidji Band dan Rene Suhardono sebagai moderator.

Talkshow yang menarik dan inspiratif ini membuat saya semakin penasaran ingin membaca bukunya. Apalagi ketika Giring berbicara pengalamannya dalam pengejewantahan Think Fresh dengan passion dan disiplin.

Yups, sebagaimana yang saya sebutkan di atas, buku ini telah menjewer saya sekaligus memotivasi kembali akan mimpi dan cita-cita saya. Terutama pada poin percaya diri, maka buku ini sebagai pondorong keyakinan diri. Intinya, spirit semangat untuk percaya diri semakin besar.

Buku yang mudah dalam genggaman seperti buku saku ini seru dengan warna warni kertas dan gambar, lampiran-lampiran quote yang menginspirasi. Terdapat 45 poin yang menginspirasi, sehingga dapat kita aplikasi dalam kehidupan kita sehari-hari.

Dari ke-45 hal tersebut, ada tiga quote yang paling menginspirasi bagi saya, pertama, Passion is the sourcce of energy. Danny menggambarkan bahwa orang yang memiliki passion terhadap pekerjaannya, dia akan merasa senang ketika bekerja. Dengan sukarela akan mendalaminya dan bekerja secara total sehingga menciptakan masterpiece, maka ini menunjukkan bahwa passion sebagai sumber energi dan live with passion.

rps20161003_120434_249.jpg

Kedua, Boxless. Danny menyebutkan bahwa pendapat think outside of the box, hanyalah istilah yang menyatakan dan mendorong kita untuk berpikir di luar apa yang selama ini dan setiap hari kita pikirkan. Maka, Danny mengatakan berimajinasilah! Dan pribahasa yang tepat adalah think outside of our environment.

Ini sesungguhnya mengingatkan saya pada ayat pada surah Al Qur’an (13:11), yang artinya, “Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum, kecuali kaum itu mengubah keadaan diri mereka sendiri.”

Pribadi yang berpikir kreatif dan berinovasi ini akan turut membantu mengubah lingkungan.

rps20161003_120517.jpg

Ketiga, You are who you are. Hal ketiga yang saya simpan pada tulisan Danny, diaΒ  menyebutkan bahwa terkadang kita berusaha menjadi orang lain hanya demi menyenangkan orang lain. Kita menggunakan topeng agar orang-orang melihat kita sebagai sosok yang kita ingin mereka lihat.Β  Danny menekankan bahwa daripada berusaha menjadi orang lain, lebih baik kita memerhatikan diri kita sendiri. Siapakah kita? Apa kelemahan dan kekuatan kita?

rps20161003_120546_411.jpg

Ketiga hal tersebut yang saya bookmark, karena sangat sesuai dengan pribadi saya, maka saya catat dan membukanya kembali untuk memotivasi diri. Bukan berarti poin lainnya tidak penting, sesungguhnya sangat penting karena poin satu dengan lainnya saling berkaitan.

Buku Danny

Buku Danny ini sebagai buku motivasi yang menjadi salah satu referensi buku bacaan saya. Buku yang ringan dan mudah dicerna ini bisa dinikmati oleh pelajar atau anak-anak. Kertas yang warna warni dengan gambar-gambar yang menarik, serta tulisan-tulisan doodle yang asik, pastinya akan membuat betah dan senang membacanya.

Buku Danny ini sangat disambut baik oleh masyarakat Indonesia. Buktinya, buku ini telah berhasil pre-order dengan pemesanan best seller pada tiga e-commerce, yaitu Blibli, Kaskus dan Carausell. Lani Rahayu sebagai Senior Marketing Manager Blibli menyebutkan bahwa Think Fresh! merupakan transaksi pre-order pertama yang dilakukan oleh Blibli dan berhasil sold out hanya dalam 3 hari.

rps20161003_120210_672.jpg

Best seller pada tiga e-commerce tersebut seakan membantah bahwa masyarakat Indonesia memiliki minat baca terendah di dunia. Dengan ini membuka harapan akan masyarakat Indonesia yang cinta baca buku.

Tidak heran Buku Danny sangat unik dan menarik, karena Danny sendiri berkarir di bidang branding, marketing dan teknologi. Setelah lulus dari Kendall Collage of Art and Desaign, AS, tahun 1997, Danny berkenalan dengan internet, lalu e-business. Dia berhasil menjadi pengusaha digital dan mengembangkan belasan perusahaan digital.

Pernah mendapat penghargaan Citra Pariwara (2007) dalam bidang advertaising, penghargaan The CMO (Chief Marketing Officer) di bidang marketing dan sebagai Top 3 Best Mentors of Founder Institute in Asia (2013) di bidang bisnis dan investasi.

Demikianlah, sosok Danny dan bukunya telah menginspirasi. Semoga tips dan quotenya dapat saya aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Maka bagi saya, buku Think fresh, pendorong keyakinan diri. Bagaimana dengan Anda?

Advertisements