Tags

, , ,

Cinta produk lokal bisa diwujudkan dengan berbagai hal, salah satunya dengan mempromosikan atau memasarkan produk tersebut melalui blog. Di era digital sekarang ini, pemasaran melalui internet sudah menjadi hal yang biasa dan dibutuhkan dalam pengembangan usaha. Maka, sebagai blog yang berhaluan digital marketing, motekar cinta produk lokal, untuk Indonesia Bangga dengan komunikasi bisnis yang motekar terapkan.

Motekar Cinta Produk Lokal

Motekar cinta produk lokal, suatu hal yang saya impikan sejak awal dalam pembuatan blog. Motekar yang diambil dari Bahasa Sunda memiliki arti kreatif dan inovatif. Suatu sifat yang menunjukkan jati diri seorang pengusaha yang mengembangkan usahanya dengan sukses.

Spirit motekar ini saya tuangkan dengan membuat blog, yang kedepannya diharapkan dapat membantu dalam mempromosikan dan memasarkan produk lokal Indonesia. Apalagi di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), siapa lagi kalau bukan kita sebagai warga negara Indonesia yang membantu mempromosikan dan memasarkan produk Indonesia.

rps20160917_173626.jpg

Bakpia

Saya sendiri banyak menggunakan produk lokal dan bertransaksi dalam menikmati berbagai produk buatan anak Indonesia. Dari mulai sepatu, tas, pakaian, buku, apalagi makanan. Kalau yang ini mah malah jangan ditanya, makanan Indonesia yang selalu dicari meskipun berada di luar negeri.

Mataharimall dan Produk Lokal

Mataharimall merupakan salah satu ecommerce di Indonesia. Yustianto Tamtama memaparkan Mataharimall sebagai ecommerce dan menjelaskan kerjasama dalam bentuk affiliate pada event cinta produk lokal, 2 September 2016 di Hotel Ashton Bekasi. Ahli SEO dari Mataharimall ini menjelaskan affiliate dan SEO pada toko online, termasuk Mataharimall.

ungu

Ternyata, ecommerce ini menawarkan berbagai produk lokal dari para UKM. Hal tersebut sebagai bukti bahwa Mataharimall cinta produk lokal, tidak hanya memasarkan produk dengan berbagai brand yang sudah populer.

Produk lokal ini tak jarang saya membelinya secara online, karena melihat dari kemudahan dan kepraktisan dalam mendapatkannya. Saya hanya tinggal klik sana sini, bayar deh dengan transfer. Maka, senang rasanya ketika mataharimall menawarkan produk lokal, sebagai konsumen, saya bisa menemukan tambahan hunting belanja.

Selain konsumen produk lokal, saya menerima penawaran affiliate mataharimall sebagai wujud cinta produk lokal dengan membantu mempromosikan dan memasarkannya melalui sistem affilliate. Oleh karena itu, dengan bertahap dan pasti, saya mulai mengelola blog saya dengan sebaik-baiknya.

Motekar Ber-SEO

Ada banyak ecommerce yang hadir di Indonesia, ketika blog menjadi sebuah usaha bisnis, maka siapkah kita secara utuh mengelolanya menjadi tempat usaha? Yups, kesiapan tersebut yang membuat hobi menjadi suksesi. Suatu pola pikir dan kesiapan mental dalam berusaha. Oleh karena itu, insya Allah, Motekar siap ber-SEO.

Dalam usaha itu harus kreatif atau motekar. Motekar sendiri saya ambil dari bahasa Sunda, yang artinya kreatif.  maka dari spirit tersebut, blog ini diberi nama motekar, sebagai bentuk pengejewantahan cinta budaya dan produk lokal. Yups, motekar, cinta produk lokal.

Namun sayang dalam aplikasinya saya merayap seperti keong, malah tak jarang stagnan atau diam di tempat. Sebagai yang sudah lama luntang lantung di dunia media sosial, saya introspeksi dalam aplikasi, karena seberapa banyak ilmu yang diserap, kalau tidak diaplikasikan dalam prakteknya maka akan sia-sia.

Seperti blog ini, sudah lama saya mengelolanya tapi masih seputar mengisi konten dari berbagai liputan event, bukan yang hadir seperti yang saya impikan. Alhasil, ketika yang lain berlari kencang, saya masih seperti keong, merayap dengan pelan dan masih banyak tersendat. Jangan heran bila orang lain sudah berlari mengejar kesuksesan bisnis blog, dan saya masih dalam recehan tanpa lelah terus aja merayap, bukan berlari. 😦

Mengenai ilmu, saya menyerap berbagai ilmu dari mulai para blogger senior, ahli SEO sampai terpukau dengan blogger baru yang terus tancap gas untuk usaha. Nah saya, masih menyerap dan berjalan seperti keong. Pantas kalau ada yang bilang, ilmu tanpa amal akan sia-sia. Namun, saya masih bersyukur karena bisa merayap seperti keong, tidak berhenti dan diam.

Niat dan berangkat menghadiri event yang berisi ilmu media sosial sangat saya syukuri, karena dari sana masih ada langkah kaki untuk mencari ilmu. Hal yang terpenting ada motivasi untuk mengaplikasikannya dari ilmu yang saya dapatkan, seperti halnya beberapa hari lalu, tepatnya pada hari Jumat, 2 September 2016, saya menghadiri event yang diadakan oleh mataharimall.com.

Bertempat di Hotel Ashton Bekasi, yang jaraknya tidak jauh dari tempat tinggal saya, hanya sekali naik kendaraan umum, saya pun hadir sebelum acara dimulai. Sambil menikmati kudapan selamat datang, saya melihat sekeliling ruangan, sekalian mencari kawan, hehehe…:)

Hadir pembicara Nur Anasta Rahmad dari Infinito,Harimurti Resyadanov sebagai Co Founder Iblog Market, Jimmy Ahyari sebagai praktisi blogger & Affiliate Expert, serta Yustianto Tamtama dari Affiliate & SEO Specialist Mataharimall.

Siapa yang tidak ingin blognya dianggap baik dan berkualitas, tentunya setiap blogger menginginkan blognya mudah terdeteksi dengan baik. Ada empat tahapan dalam pemaparan Anas tentang SEO Piramid yang harus dilakukan oleh para blogger, yaitu:

  1. Aksebilitas dan kualitas konten. Dalam penyampaiannya, Anas paparkan bahwa konten yang unik, internal link yang merupakan sebuah link dari satu halaman website menuju halaman lain di dalam website yang sama dan isinya saling berkaitan, bot accesssibility, sitemaps, struktur url, dan response code.
  2. Research keyword dan target. Pada tahapan piramid kedua ini, ada keyword brainstorming yang diperoleh dari hasil penelitian dalam pemilihan keyword, term/phrase selection yang didapatkan dari hasil penelitian, kemudian on page targetting dari mulai judul, meta, url, h1, dan internal anchor teks.
  3. Link building. Tahapan ketiga yang harus dikerjakan oleh blogger profesional adalah manual request dan link creation, scalable, dan content based link strategis.
  4. Sosial. Tahap pamuncak dari piramid seo ini adalah sosial dengan posisi ada di pengguna untuk mengelola atau engagment tulisan di sosial media dan bisa berupa viral marketing.

Tahapan model SEO piramid tersebut bisa menjadi model standar dalam penggunaan SEO blog, sekarang tergantung kita dalam melaksanannya. Saya pun sangat terbantu dan tercerahkan oleh Jimmy Ahyari. Kami sama-sama pengguna WordPress, maka semua pembahasannya saya simak, mulai saya terapkan di blog secara bertahap.

Keuntungan dalam penerapan SEO ini memiliki banyak peluang usaha, seperti yang dikatakan oleh Harimurti Resyadanov, Co Founder iBlog Market yang mengupas tentang Iblogmarket.

Sudah saatnya saya menerapkan sistem SEO pada blog, secara bertahap dan pasti. Saya membuat jadwal dan tahapan-tahapan sesuai dengan model piramid SEO dan research yang selalu ditekankan oleh pemateri di atas.

Demikianlah, yang memotivasi saya dalam melanjutkan sistem SEO pada blog sebagai wujud motekar cinta produk lokal tanpa meninggalkan perkembangan dan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Hal yang saya inginkan, Indonesia Bangga pada Motekar Cinta Produk Lokal.

Advertisements