Tags

,

Langit cerah. Matahari bersinar terang di suasana pagi yang ceria di kawasan Kota, Jakarta Pusat. Kota tua, suatu wilayah yang penuh dengan peninggalan budaya kota masa lalu. Di sini berdiri berbagai gedung yang menyimpan kisah dan cerita dari masa lalu. Gedung-gedung tua yang dibuat oleh Kolonial Belanda, kini menjadi gedung-gedung heritage yang dijaga dan dipelihara oleh negara sebagai sebuah bukti perjalanan sebuah kota.

rps20160808_115253.jpg

Sabtu, 6 Agustus 2016, saya menuju Museum Seni Rupa, di sana bakal ada pameran foto ASEAN Community 2015 and Beyond, sekalian ingin melihat-lihat Museum Seni Rupa. Pukul 09.00 WIB memasuki kawasan Museum Seni Rupa, suasana sudah mulai terasa meriah, dengan terlihat tenda biru, eh putih, yang terlihat di halaman museum. Ada beberapa booth yang menghiasi  samping halaman masuk dan keluar museum.

Suasana semakin ramai. Ternyata, hari ini pembukaan pameran foto Asean Community 2015 and Beyond untuk peringati Hari Ulang Tahun ASEAN ke-49 di Museum Seni Rupa dan Keramik, Kota Tua, Jakarta dari tanggal 6-13 Agustus 2016.

Pembukaan pameran foto Asean Community 2015 and Beyond akan dibuka oleh Ibu Retno LP Marsudi, Mentri Luar Negeri Republik Indonesia. Alhamdulillah, saya berkesempatan menyaksikan seremoni pembukaan foto Asean Community 2015 and Beyond.

Sekitar pukul 10.00 WIB, acara pembukaan pameran foto Asean Community 2015 and Beyond mulai dibuka, dengan sambutan dari Direktur Jenderal Kerjasama ASEAN, Jose Antonio Morato Tavares. Acara berlanjut dengan tampilan musik lagu-lagu wilayah ASEAN oleh dua penyanyi Philipina serta sajian tarian Betawi dan Melayu.

Dalam pembukaannya, Ibu Retno mengungkapkan bahwa pameran foto-foto ini menampilkan 60 foto yang menggambarkan perjalanan sejarah ASEAN; kerja sama ASEAN dalam ruang lingkup pilar politik dan keamanan, pilar ekonomi, pilar sosial budaya, serta keindahan alam dan keragaman budaya negara-negara anggota ASEAN.

Pameran foto Asean Community 2015 and Beyond sebagai salah satu upaya menumbuhkan dan meningkatkan rasa esatuan ASEAN di kalangan masyarakat Indonesa, seraya mendoorong semangat berdaya saing dalam memasuki era Komunitas ASEAN.

Setelah pembukaan, kami pun langsung melihat-lihat foto yang dipamerkan. Ada banyak kegiatan pada ASEAN Community 2015. Saya pun melihat satu per satu foto dan mengagumi hasil foto yang ciamik dan menarik. Sebagai yang suka motret, melihat pameran foto menjadi pembelajaran dan melihat berbagai sudut menarik dalam foto.

Kegiatan pameran foto Asean Community 2015 and Beyond dilaksanakan dalam rangka memperringati HUT ke-49 ASEAN atas kerjasama Pemerintah Indonesia dengan Sekretariat ASEAN dan perwakilan beberapa negara anggota ASEAN di Jakarta, yaitu Filipina, Laos, Myanmar, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Setelah asik melihat-lihat foto yang dipamerkan, saya pun menikmati festival kuliner khas Indonesia dan negara-negara anggota ASEAN, seperti Vietnam, Laos, Thailand dan Singapura. Senang rasanya bisa menikmati beberapa makanan khas negara lain, tetapi tetap saja diterik siang mentari, saya mojok di es cendol yang dingin dan manis menggoda untuk menikmati rasanya.

Advertisements