Tiada yang tak mengenal Bali, destinasi wisata yang selalu menjadi impian. Ada banyak tempat yang ingin saya kunjungi, dari mulai pantai sampai pegunungan. Budaya dan alamnya yang membuat saya ngiler ingin pergi ke sana.

Secara budaya, Bali dikenal dengan memiliki kebudayaan yang secara utuh dijaga dan dipelihara dengan mengedepankan spiritualitas. Kebudayaan tersebut tercermin pada seni dan karya penduduk Bali. Kesenian tari, lukis dan pahat menjadi daya tarik yang membuat siapa pun ingin mengenal dan mengetahuinya. Tradisi yang terjaga utuh, telah menjadi pemikat untuk para wisatawan datang ke Bali. Budaya yang terjaga tersebutlah yang membuat saya tidak heran bila alam Bali tetap eksotis dan romantis.

Seringkali saya merancang perjalanan di sana bukan hanya sehari atau dua hari, tetapi seminggu atau dua minggu. Bila perlu sebulan. Ini mau wisata atau pindah tempat tinggal ya, hehehe… Baiklah, saya akan memilih alternatif, kurang lebih seminggu untuk tinggal di sana dengan penentuan destinasi yang sudah saya rancang dari sekarang.

Menjelajah dan menikmati budaya dan alam Bali membuat saya selalu ingin pergi ke sana. Karena keterbatasan waktu tersebut, saya memilih beberapa tempat yang ingin saya kunjungi.

Ubud, kota ini menjadi destinasi perjalanan untuk mengenal budaya dan tradisi Bali. Sajian desa wisata menjadi hal yang menarik, bahwa potensi desa tampil menjadi tujuan trip bagi penikmat budaya.

Belum lagi dengan penelusuran budaya secara spiritualnya, di sini ada banyak pura yang mengandung banyak catatan budaya. Hal yang menjadi tradisi dan ritual, telah menjadi daya tarik untuk datang ke Bali.

Melihat bagaimana masyarakat Bali begitu taat menjalankan budayanya, sudah terbayang bagaimana sejarah mereka pada masa lalu yang tercermin dari budaya sekarang. Ditemukannya peralatan batu di desa Cekik, menunjukkan peninggalan budaya pra sejarah.

Keindahan alam Bali tak dapat diragukan lagi. Dari laut sampai pegunungan sangat layak untuk dinikmati. Perjalanan ke sana tidak cukup sehari atau dua hari, ingin sekali menjelajah Bali berulang kali.

Di era digital sekarang ini tentunya estimasi perjalanan semakin mudah. Ada banyak website atau aplikasi yang menawarkan tiket perjalanan dan harga tempat menginep. Kita tinggal memilih dan mengukurnya sesuai perencanaan keuangan perjalanan. Salah satu yang pernah saya kunjungi dan melakukan transaksi booking tiket dan hotel adalah traveloka.com. Responnya yang cepat dan informatip, apalagi di saat mepet untuk pesan tiket, Traveloka sangat membantu proses estimasi biaya perjalanan.

 

Advertisements