Tags

, ,

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah mendorong pada perkembangan teknologi komunikasi  medis atau telemedis. Pelayanan kesehatan atau medis yang dikirim menggunakan jaringan telekomunikasi ini salah satunya adalah Konsula. Sebuah website kesehatan yang berkembang menjadi aplikasi kesehatan yang mudah digunakan dari smartphone.

screenshot_2016-06-27-16-04-59.png

Aplikasi Konsula

Tak dapat dipungkiri ketika penyakit atau sakit hadir, seringkali tanpa melihat waktu atau usia. Datang tiba-tiba, dengan membuat kita bergemuruh dengan rasa sakit yang mendera. Saya sendiri pernah tiba-tiba merasa sakit ketika sedang pulang kampung. Tempat tinggal saya jauh dari puskesmas ataupun dokter umum, karena berada di perkampungan. Pada saat tersebut, telemedis sangatlah berguna, asalkan jaringan sinyal komunikasi tetap kuat.

Aplikasi Konsula

Karena pernah merasakan sakit yang datang tiba-tiba, dan bingung mesti konsultasi ke siapa, maka saya pun menginstal Konsula, sebagai penjagaan khawatir ketika saya atau orang lain ada yang sakit dan butuh mengonsultasikannya, maka saya merasa perlu untuk menginstal aplikasi Konsula.

screenshot_2016-06-29-12-57-19.png

Konsultasi Kesehatan

 

Saya menginstal aplikasi Konsula dari smarphone yang berbasis Android, maka saya hanya mencarinya pada Playstore, kemudian menginstalnya. Proses penginstalannya pun cepat, tidak lama. Bagi saya, itu menunjukkan bahwa aplikasi tersebut memorinya tidak memberatkan smarphone saya yang memang memorinya masih terbatas.

Saya mendaftar dengan mengisi data pada aplikasi tersebut. Setelah mendaftar, terdapat 4 fitur yang dapat kita manfaatkan penggunaannya, yaitu chat dengan dokter, telephone dengan dokter, cari dokter dan paket health and beauty.

screenshot_2016-06-29-13-06-56.png

Konsultasi Kesehatan

 

Fitur chat dengan dokter pada aplikasi Konsula, memudahkan kita untuk konsultasi kesehatan melalui chat. Ada fitur telepon dengan dokter, fitur yang menyediakan penjadwalan konsultasi lewat telepon antara pasien dengan dokter. Setelah kita menentukan jadwal konsultasi dan ditujukan pada dokter apa, maka dokter tersebut yang akan menelepon kita langsung.

screenshot_2016-06-29-14-41-58.png

Konsultasi Kesehatan

Di sini, pasien dilayani dengan para dokter yang langsung menghubungi pasiennya. Suatu terobosan pelayanan kualitas kepada para pasien. Pada aplikasi Konsula, terdapat banyak spesialis dokter yang dapat kita hubungi, untuk itu kita hanya mengklik fitur cari dokter, maka kita dapat langsung memilih dokternya.

Untuk perawatan dan pengobatan, aplikasi Konsula juga menghadirkan fitur paket health & beauty. Paket ini sebagai e-strore yang menawarkan berbagai produk atau klinik kesehatan. Selain konsultasi, kita juga bisa memilih penawaran dari estore aplikasi Konsula.

screenshot_2016-06-29-13-07-51.png

Aplikasi Konsula

Hadirkan Konsultasi Kesehatan dengan Telemedis

Senin, 27 Juni 2015, saya berkesempatan bertemu dengan para dokter dan jajaran pendiri Konsula. Sungguh inspiratif, mereka sosok-sosok muda yang berkiprah di dunia kesehatan untuk bersama-sama menyehatkan masyarakat Indonesia. Saat ini, penggunaan aplikasi Konsula dapat kita gunakan dengan gratis.

rps20160629_153301.jpg

Aplikasi Konsula

Shinta Nurfauzia, co-Founder & CEO Konsula berinisiasi pembuatan konsultasi kesehatan realtime untuk membantu masyarakat luas Indonesia, yang jauh dari tempat pelayanan kesehatan dan dokter. Apalagi di era dgital sekarang ini, yang mana hampir setiap orang memiliki smartphone, maka sudah menjadi selayaknya setiap warga mendapatkan pelayanan kesehatan secara telemedis.

Telemedis sendiri merupakan pertukaran informasi medis pasien yang mencakup diagnosa, pengobatan, penanganan dan edukasi klinis secara elektronik. Sebetulnya, telemedis sendiri sudah ada pada era radio, televisi dan koran. Namun, seiring perkembangan media teknologi informasi dan komunikasi, maka konsultasi kesehatan telemedis berkembang pada digital aplikasi.

Aplikasi Konsula sendiri diluncurkan pada April 2016, dan terus mengalami perkembangan fitur. Saat ini, Konsula telah menghubungkan pengguna dengan lebih dari 2.371 dokter dan 940 klinik di Indonesia.

Talkshow yang diadakan oleh Konsula dengan menghadirkan para dokter muda, memberikan saya gambaran bahwa telemedis sangat membantu dalam pelayanan konsultasi kesehatan. Kita dapat berkonsultasi langsung dengan dokter, tanpa harus pergi ke tempat pelayanan kesehatan. Bukan hanya komunikasi pengobatan dan perawatan, kita dapat berkomunikasi mengenai isu kesehatan yang sedang terjadi.

Adapun kekurangan telemedis, biaya operasional medis dialihkan pada biaya telekomunikasi dan fee paket konsultasi aplikasi. Namun demikian, hal yang terpenting dengan adanya aplikasi Konsula, hadirkan konsultasi kesehatan dengan telemedis ini menjadi efisiensi waktu dan biaya operasional, apalagi untuk saat ini Aplikasi Konsula masih membebaskan biaya konsultasi.

Advertisements