Tags

,

Al Quran adalah tuntunan bagi umat muslim dan menentukan karakter bangsa. Wakaf Al-Quran menjadi salah satu kegiatan Corporate Social Responsibility yang dilakukan oleh Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, perusahaan swasta nasional yang bergerak dalam bisnis kertas.

Wakaf Al Quran APP

Indonesia merupakan negara dengan jumlah umat muslim terbesar di Dunia. Berdasarkan data BPS yang dipublish oleh Republika.co.id memaparkan 54% dari populasi Muslim di Indonesia buta huruf Al Quran. Kebutuhan Al Quran di Indonesia berjumlah 2 juta mushaf, pemenuhan oleh pemerintah satu juta Al Quran. Hal tersebut menjadi latar belakang APP mewakafkan Al Quran untuk membantu pemerintah dalam pemenuhan Al Quran bagi umat Muslim di Indonesia.

Wakaf Al Quran

Senin, 6 Juni 2016, bertempat di ruang Golden Coin, Sinar Mas Land Plaza Thamrin Tower, saya berkesempatan menyimak penjelasan wakaf Al Quran oleh Suhendra Wiriadinata, Direktur APP Sinar Mas, Yuki Wardhana, GM Corporate Affair APP Sinar Mas Land dan Citra Yulia, Brand Manager QPP.

Kegiatan wakaf Al Quran ini mewakafkan mushaf Al Quran beserta cara membaca Quran bagi anak-anak, Al Quran Juz Amma serta Al Quran Braille bagi tuna netra. Demikian kata Suhendra Wiriadinata, Direktur APP Sinar Mas.

Sudah delapan tahun, APP Sinar Mas Land mewakafkan mushaf Al Quran. Kegiatan wakaf Quran sendiri telah terlaksana sejak tahun 2008, dimana sampai dengan tahun 2015 APP Sinar Mas telah mewakafkan sekitar 400 ribu mushaf Al Quran, jelas Yuki Wardhana, GM Corporate Affair APP Sinar Mas Land.

Kertas Al Quran yang diwakafkan sendiri merupakan produk APP melalui pabrik Indah Kiat Pulp & Paper Tangerang. Citra Yulia, Brand Manager QPP, menjelaskan lebih detail tentang QPP.

PT Indah Kiat Pulp and Paper-Tangerang Mill memproduksi QPP sejak tahun 2004. Dalam mencetak dan distribusi, APP mengklaim untuk senantiasa menggunakan prinsip kehati-hatian dan penggunaan kertas terbaik untuk Wakaf Al Quran. Program Wakaf Al Quran dari masyarakat ini bekerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang akan melaksanakan aplikasi Wakaf Al Quran.

Tahun ini, 2016, APP mendonasikan 100.000 Al Quran, 50.000 CBM dan 200 Al Quran Braille. Kegiatan CSR ini dilakukan secara rutin, dari mulai tahun 2008. Tahun 2008-2012, Sinarmas APP mewakafkan 100.000 Al Quran, tahun 2013, mewakafkan 100.000 Al Quran, tahun 2014, mewakafkan 100.000 Al Quran dan Al Quran Braille, tahun 2015, 100.000 Al Quran, 20.000 CBM dan juz amma beserta Al Quran Braille.

Al Quran Braille

Produk Indonesia yang mayoritas diekspor dan memiliki pangsa pasar luas di negara Timur Tengah ini mampu bertahan hingga 100 tahun dengan penggunaan normal, serta bersertifikasi Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Selama bulan Ramadhan ini, APP Sinar Mas juga melaksanakan berbagai kegiatan, diantaranya berbagi takjil di masjid dan jalanan sekaligus mengenalkan kemasan pangan yang aman dan halal, serta edukasi tentang lingkungan ke sekolah – sekolah saat menjelang buka puasa di Jabodetabek.

Dalam kegiatan CSR, APP mempunyai beragam aktivitas sosial, selain melaksanakan kegiatan sosial di bidang pendidikan, pemberdayaan masyarakat, serta lingkungan, APP Sinar Mas juga berupaya memenuhi kebutuhan spiritual yakni secara konsisten menyelenggarakan wakaf Al Quran.

Advertisements