Tags

,

Sebentar lagi lebaran. Ketika semua masyarakat urban pulang kampung atau kita mengenalnya dengan mudik pada waktu bersamaan menjelang liburan lebaran, maka prediksi macet akan terjadi. Hal tersebut kadang membuat trauma bagi para pemudik, karena selain cape secara fisik, batin pun turut terkuras emosi. Oleh karena itu, ketika pulang kampung harus memiliki kesiapan di perjalanan dan strategi berkendaraan ketika jalanan macet total. Bisa dikatakan dengan mudik cerdas, sehingga tidak terlarut dalam kemacetan jalanan.

Saya sendiri pulang kampung sering bareng keluarga, biasanya Kaka yang menyetir mobil. Sehari sebelum perjalanan, Kaka saya akan membawa mobil ke bengkel langganan untuk pengecekan kondisi mobil, kemudian malamnya mengisi bensin. Saya sendiri dan anggota keluarga lainnya mempersiapkan hal-hal yang akan dibawa pulang kampung dan bekal selama perjalanan. 

Selain peralatan mekanik dan kesehatan, kami biasanya sibuk dengan membawa bekal makanan atau minuman. Membuat bekal sendiri dari rumah lebih hemat dan bisa sesuai dengan apa yang kita inginkan untuk bekal di perjalanan. Tahun ini, kami juga mungkin akan mempersiapkan hal yang sama sebelum melakukan perjalanan.

undangan

mobil123, mudik cerdas

Mudik Cerdas

Mudik cerdas, tema yang sangat menarik ketika saya membaca selebaran undangan talkshow. Tanpa ragu saya pun mendaftar untuk lebih mengetahui hal-hal yang penting dalam berkendaraan, meskipun saya posisinya sebagai penumpang, tetapi mengetahui akan tersebut sangatlah penting. Setidaknya saya dapat mengabarkannya pada saudara.

Jumat, 24 Juni 2016, area talkshow di Pasaraya Grande sudah ramai oleh para peserta. Acara yang diselenggarakan oleh mobil123.com, suatu aplikasi yang mempermudah dalam mendapatkan kendaraan secara praktis dan efisien.Website yang bukan hanya menawarkan kendaraan baru ataupun bekas, tetapi terdapat perbandingan harga dan sajian tips otomotif. Bagi yang akan pulang kampung dengan mobil pribadi, berkunjung ke mobil123.com bisa menjadi alternatif menemukan kendaraan yang diinginkan.

mudik cerdas

mudik cerdas

Talkshow tentang mudik cerdas ini dipandu oleh Indra Prabowo, Managing Editor mobil123.com dan menghadirkan pembicara Sony Susmana Sanjaya, dari Safety Defensive Consultants Indonesia. Menurut beliau, bahwa hal yang utama dalam mudik cerdas adalah aman, nyaman dan efisien.

Kalau direnungkan memang hal tersebut menjadi pilihan yang menyenangkan ketika di perjalanan. Tapi tak terbayangkan ketika mudik dengan banyak kendaraan akan mendapatkan hal tersebut. Kebetulan kampung saya berada di jalur selatan mudik Jakarta ke Jawa. Untuk sekedar bersilaturahmi ketika lebaran pun bila ke jalan provinsi, langsung akan berhadapan dengan macet.

Tiga Keutamaan Mudik Cerdas

Aman

Untuk mencapai keamanan dalam berkendaraaan, hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah kondisi pengemudi, kondisi ban, dan percetakan barang.

Bagi yang akan menjadi pengemudi, harus mempersiapkan diri dengan istirahat yang cukup dan menjaga kesehatan. Ketika kita sudah siap, termasuk pengemudi, maka sebelumnya kita juga harus mempersiapkan kondisi kendaraan, terutama area ban. Pemeriksaan ke bengkel menjadi lebih baik, tetapi untuk jaga-jaga bisa membawa alternatif ban cadangan.

Dalam penyusunan barang di mobil, kita juga harus memperhatikan urutan berat barang. Tentunya, barang yang berat disimpan di tumpukan paling bawah. Untuk bisa memasukkan semua barang, dibutuhkan kecerdikan dalam mengemas barang, sehingga mobil tetap aman.

mudik cerdas

mudik cerdas

Nyaman

Ketika mengemudi, ada peran navigator bagi yang duduk di sebelah supir. Di sini pentingnya peran istri untuk menjadi navigator suami ketika berkendaraan.

Istri yang mengenal suami dengan lebih baik, akan mengetahui tatkala suami kelelahan atau mengantuk, maka dia akan mengarahkan tempat istirahat terdekat.

Bagi yang perjalanan jauh, istirahat sangatlah penting. Maka, ketika pemerintah mewacanakan istirahat di rest area maksimal 30 menit, menit berikutnya mendapat denda Rp.500.000, hal tersebut bukannya akan membahayakan bagi pengendara. Bagi saya, hal tersebut bukan solusi, tetapi akan mempertajam rawannya kecelakaan.

Lalu, bagaimana pemerintah mengatasi kemacetan, terutama di jalan tol? Pemerintah bisa menahan sementara kendaraan yang masuk tol, kemudian mengalihkan para pengendara ke jalan alternatif. Cerdas dalam melihat keadaan dan mengambil keputusan, maka akan membentuk masyarakat yang cerdas juga.

Ada  berbagi tanggung jawab antar keluarga, kemudian meyakinkan keputusan. Bila dalam suasana nyaman, maka suasana dalam kendaraan akan terasa hidup.

Efisien

Mudik cerdas adalah efisien waktu. Tidak terjebak dalam kemacetan atauu lolos dari area tersebut, menjadi keberhasilan ketika mudik.  Ada banyak jalan alternatif yang bisa kita lalui. Apalagi di era teknologi sekarang ini, ada banyak kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi. Salah satunya dalam penggunaan peta, sehingga kita tahu rute perjalanan dan alternatif jalan lainnya yang dapat kita lalui.

Perpaduan manusia dan teknologi dapat menjadi solusi dalam efisensi waktu perjalanan. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hal tersebut harus memiliki persiapan dan kesiapan yang matang dalam perjalanan. Akhir kata, selamat pulang kampung dan bersilaturahim dengan saudara dan handai tolan. 🙂

Advertisements